6 Tips Mengelola Keuangan yang Terhambat saat Pandemi Virus Corona | Prudential Indonesia

6 Tips Mengelola Keuangan yang Terhambat saat Pandemi Virus Corona

Pandemi virus corona atau COVID-19 mengharuskan semua orang melakukan physical distancing dan karantina mandiri untuk mengurangi jumlah penyebarannya. Di saat yang bersamaan, hal ini memengaruhi sistem ekonomi negara serta kondisi finansial jutaan keluarga di Indonesia karena aktivitas ekonomi yang terhambat, pemasukan Anda mungkin juga akan terancam.

Untungnya, ada beberapa tips mengelola keuangan selama pandemi virus corona menyerang yang bisa Anda terapkan. Simak penjelasannya berikut ini!

Memastikan Kebutuhan Pokok Sudah Terpenuhi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan tidak cemas dan mengambil waktu sejenak untuk menghitung kembali biaya kebutuhan pokok setiap bulannya. Hal ini termasuk biaya untuk makan, pakaian, serta tempat tinggal yang layak.

Menghindari Panic Buying

Di masa awal pandemi virus corona, banyak orang yang melakukan panic buying dan memborong tisu dan juga antiseptik. Hindari melakukan hal ini karena dapat menaikkan pengeluaran Anda secara drastis. Lagi pula, stok yang telah habis akan selalu diisi kembali. Jadi, belilah sesuai keperluan Anda.

Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Setelah kebutuhan-kebutuhan penting sudah terpenuhi, Anda dapat mengurangi pengeluaran biaya yang tidak perlu. Beberapa contoh nyata yang bisa dilakukan antara lain mengurangi penggunaan listrik dan air jika tak diperlukan, serta kegiatan online shopping.

Mencari Hiburan yang Hemat

Pandemi virus corona membuat Anda cemas atau stres? Hindarilah melakukan cara-cara yang boros untuk menghibur diri dan pilih sumber hiburan yang lebih hemat. Contohnya adalah dengan bermain monopoli bersama keluarga dibandingkan beli video game atau membeli buku bekas dibandingkan yang baru.

Baca Juga: Apa Itu Sebenarnya Pandemi COVID-19? Ketahui Juga Dampaknya di Indonesia

Menghindari Membeli Makanan dari Luar

Tips mengelola keuangan saat pandemi virus corona berikutnya adalah dengan menghindari memesan makanan dari luar dan cobalah membuat menunya sendiri di rumah. Bahkan, jika memungkinkan Anda dapat menanam sayur di rumah agar biaya makan jauh lebih hemat.

Menyiapkan Emergency Fund

Ketika alur pengeluaran Anda sudah diatur, siapkan juga emergency fund agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tak diinginkan di kemudian hari, seperti uang habis karena PHK atau kerusakan properti dan perabotan rumah tangga. Pastikan emergency fund Anda sama jumlahnya dengan biaya kehidupan selama 6 bulan hingga 1 tahun.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengelola keuangan saat pandemi virus corona mengancam ekonomi seperti saat ini. Walaupun semua orang hendak kembali seperti sedia kala, ketahui bahwa semakin patuh semua orang mengikuti physical distancing dan menjaga kebersihan, semakin cepat juga pandemi ini berakhir.

Selanjutnya, untuk melindungi keuangan keluarga, pastikan Anda memiliki Asuransi Jiwa. Dengan begitu, keberlangsungan hidup pasangan dan buah hati akan terlindungi saat Anda meninggal.

Salah satu contoh yang bisa Anda pilih adalah PRULink Generasi Baru dari Prudential Indonesia. Tidak hanya mampu memberikan santunan sejak pertama kali pembayaran Premi, produk ini juga menawarkan manfaat tambahan lainnya, seperti perlindungan kesehatan.

Baca Juga: Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif Selama Pandemi COVID-19

Back to Top