Bebaskan Diri dari Masalah Finansial dengan Terapkan Tips Menghindari Hutang Berikut Ini | Prudential Indonesia

Bebaskan Diri dari Masalah Finansial dengan Terapkan Tips Menghindari Hutang Berikut Ini

Terdapat berbagai alasan bagi seseorang untuk berhutang. Ada yang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, ada juga yang secara terpaksa karena kejadian-kejadian yang tidak terduga. Apapun alasannya, perlu diketahui bahwa berbagai cara membebaskan diri dari berhutang sangatlah mungkin untuk dilakukan.

Ingin tahu caranya? Simak tips menghindari hutang yang bisa Anda terapkan sendiri berikut ini!

Melakukan Budgeting

Saat mendapatkan gaji bulanan, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan anggaran bulanan (monthly budget). Adapun anggaran yang perlu disiapkan yaitu biaya hidup, tagihan, tabungan, serta pengeluaran yang berhubungan dengan hiburan dan hobi. Kemudian, latih diri Anda untuk tidak melebihi anggaran tersebut guna menjalankan tips menghindari hutang ini.

Baca Juga: Tips Perencanaan Keuangan Keluarga agar Kebutuhan Tercukupi

Mengurangi Belanja yang Tidak Perlu

Apakah Anda berbelanja hanya demi menyenangkan perasaan saja? Jika iya, Anda perlu menelaah kembali kegiatan berbelanja biasanya. Bisa jadi, Anda berbelanja bukan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi karena perilaku impulsif. Hal ini bisa berujung pada pembengkakan tagihan kartu kredit, lho!

Anda bukan berarti harus menghentikan belanja sepenuhnya, jelilah mengatur anggaran untuk segala keinginan atau impian agar tidak berhutang.

Melakukan Transaksi dengan Uang Tunai

Kini segalanya jadi lebih mudah, tapi bagi Anda yang sulit mengatur keuangan, tidak ada salahnya jika beralih kembali ke cara yang konvensional dan hanya menggunakan uang tunai saat berbelanja. Hal ini sangat membantu karena Anda akan lebih mengetahui pengeluaran tiap bulan dan enggan untuk boros.

Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Nominal harta cenderung lebih tersembunyi dan Anda pun bisa lengah serta menghabiskan uang di luar anggaran yang telah disiapkan sebelumnya.

Mempersiapkan Emergency Fund

Saat tahap budgeting, pastikan Anda juga menyiapkan anggaran emergency fund. Emergency fund adalah sejumlah dana yang disediakan untuk digunakan pada keadaan darurat, misalnya pada suatu musibah, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), serta kerusakan kendaraan. Emergency fund penting disiapkan agar Anda tidak harus berhutang saat peristiwa tak diinginkan terjadi.

Demikian beberapa tips menghindari hutang yang perlu diketahui. Pada dasarnya, cara membebaskan diri dari hutang membutuhkan kedisiplinan dan perencanaan keuangan yang tepat. Hal ini karena hutang tidak hanya berasal dari kebiasaan belanja impulsif, melainkan karena musibah tak terduga, seperti ketika risiko jiwa menyerang.

Lindungi keluarga Anda dari kerugian akibat dari risiko jiwa dengan produk perlindungan berkualitas, seperti PRUSafe Guard dari Prudential Indonesia. Asuransi Jiwa ini dirancang untuk memberikan perlindungan apabila Anda meninggal sebelum akhir masa perlindungan karena penyakit khusus, kecelakaan kerja, ataupun meninggal di transportasi umum.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa Prudential yang Wajib Diketahui

Back to Top