Berencana untuk Mengambil Polis Asuransi Jiwa? Ketahui 5 Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu | Prudential Indonesia

Berencana untuk Mengambil Polis Asuransi Jiwa? Ketahui 5 Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Polis Asuransi Jiwa merupakan satu perjanjian yang mana Perusahaan Asuransi akan memberikan perlindungan finansial jika Nasabah meninggal dunia. Asuransi yang satu ini memang paling banyak diminati oleh para tulang punggung keluarga, karena dapat menjadi proteksi jangka panjang kepada tanggungannya.

Asuransi Jiwa memang bermanfaat, namun perlu disadari bahwa Polis sebenarnya merupakan kontrak yang melibatkan dua pihak yaitu, Nasabah dan Perusahaan Asuransi. Oleh karena itu, untuk memastikan kepuasan Anda terhadap suatu Polis, ada baiknya Anda mempelajari beberapa hal terlebih dahulu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Perlindungan Asuransi

Sebelum membeli Polis Asuransi Jiwa, pastikan bahwa Anda sudah memahami betul manfaat apa saja yang nantinya akan diberikan. Manfaat dalam hal ini berarti jaminan finansial yang akan diberikan kepada keluarga, apabila Anda sebagai Tertanggung meninggal dunia.

Tentunya Anda ingin perlindungan terbaik yang dapat dirasakan oleh keluarga Anda. Karena itu, pastikan jumlah Manfaat Asuransi, periode Polis, dan Premi sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan Anda. Selain itu, pahami juga prosedur  klaim untuk mempermudah pada proses di kemudian hari.

Ketepatan dan Kebenaran Data

Pastikan data-data yang melibatkan Pemegang Polis (yang mengajukan asuransi) dan Tertanggung (yang perlindungannya terjamin) sudah sesuai dan tidak ada kesalahan.

Ketepatan data sangat penting karena akan dicantumkan pada dokumen legal. Apabila data tidak akurat, Anda akan dalam kesulitan ketika mengurus asuransi kedepannya. Dalam Asuransi Jiwa, bisa saja keluarga yang ditinggal oleh Tertanggung tidak dapat melakukan klaim manfaat asuransi.

Ketentuan Premi

Adapun yang perlu Anda perhatikan di antaranya metode pembayaran, jangka waktu, serta jumlah yang harus dibayarkan. Selain itu, penting untuk Anda mengetahui ketentuan pemulihan Polis yang telah tidak aktif karena tunggakan pembayaran.

Berbagai Perusahaan Asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Dengan mengetahui bagaimana Premi bulanan asuransi Anda bekerja, Anda dapat memastikan Polis berjalan dengan lancar dan semestinya.

Ketentuan Pengecualian

Umumnya, ketentuan Polis juga melibatkan beberapa pengecualian yang mengatur prosedur klaim Asuransi Jiwa. Misalnya, kematian yang diakibatkan oleh bunuh diri dan eksekusi mati karena kasus kejahatan/terorisme, serta kematian karena penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Dengan mengetahui ketentuan tersebut, Anda dipercaya mampu menghindari atau menerima konsekuensinya.

Periode Mempelajari Polis (Cooling-off Period)

Rasa aman Nasabah merupakan prioritas Perusahaan Asuransi. Maka dari itu, sebelum melampaui waktu 14 hari sejak penerbitan Polis, Anda sebenarnya diberikan hak untuk mempelajari isi Polis lagi.

Dalam masa yang disebut cooling-off period ini, Anda dapat membandingkan Premi dan manfaat yang didapatkan, lalu memutuskan apakah Polis yang telah Anda beli cocok sesuai rencana Anda. Apabila dalam waktu tersebut Anda memutuskan untuk tidak jadi membeli Polis, Anda akan dibebaskan dari potongan dan Premi Anda akan dikembalikan sepenuhnya.

Demikian 5 hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli Polis Asuransi Jiwa. Kini, Anda dapat mulai memilih jenis-jenis Polis Asuransi Jiwa dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu contoh Asuransi Jiwa yang memiliki berbagai manfaat adalah PRUSafe Guard dari Prudential.

Tidak hanya memberikan perlindungan jika meninggal dunia sebelum akhir jangka perlindungan, PRUSafe Guard juga melindungi Anda dari risiko finansial akibat penyakit khusus, kecelakaan di tempat kerja, atau kematian di transportasi umum.

Back to Top