Berikan Contoh Menyimpan Uang pada Si Kecil dengan Lakukan 3 Cara Menabung di Rumah | Prudential Indonesia

Berikan Contoh Menyimpan Uang pada Si Kecil dengan Lakukan 3 Cara Menabung di Rumah

Tentu saja, Anda harus mengajarkan anak untuk menabung sejak dini, agar bisa membiasakan mereka untuk mengatur keuangan dengan bijak saat besar nanti. Bila anak sudah dibiasakan untuk menabung, ia akan semakin mudah menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk keperluannya. Lantas, bagaimana cara menabung di rumah yang bisa Anda ajarkan pada si Kecil?  Simak rangkumannya!

Menabung Melalui Celengan

Cara menabung di rumah bagi anak yang pertama, mulailah dengan membelikan celengan. Mintalah anak untuk menyimpan sisa uang jajan atau uang yang Anda berikan baik dalam bentuk kertas atau logam setiap hari di celengan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyemangati anak adalah dengan memberikan celengan berbentuk karakter favorit anak atau hewan kesukaannya.

Cara menabung di celengan agar tidak diambil setelah memasukkan uang ke dalamnya, letakkan celengan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak. Sebaiknya, berikan celengan yang sulit untuk dibuka, Anda bisa memilih celengan kaleng atau dari tanah liat.

Berikan Tugas di Rumah

Anda juga bisa menunjukkan cara menabung di rumah dengan meminta anak untuk membantu tugas Anda membersihkan hunian. Misalnya membereskan kamar, mengelap kaca, menyapu lantai, atau membantu menyiapkan makanan. Jika sudah selesai, Anda bisa menghadiahkan hasil kerja mereka dengan memberikan uang untuk bisa dimasukkan ke dalam celengan.

Baca juga: Cari Tahu Kelebihan Pembayaran Auto Debit Berikut Ini

Berikan Contoh dalam Keseharian

Anda juga perlu memberikan contoh pada si Kecil cara menabung di rumah dalam keseharian. Anda bisa berikan penjelasan pada anak tentang cara Anda menabung. Selain itu, bisa juga memberikan contoh dengan membeli dua celengan untuk Anda dan untuk si Kecil, agar bisa menabung bersama. Ajak anak untuk berlomba mengisi celengan tersebut, dan yang cepat penuh dialah juaranya.  Jika si Kecil lebih dulu memenuhi isi celengannya, sesekali Anda bisa memberikannya hadiah atau membuat makanan kesukaannya. Hal ini tentu akan memberikan motivasi pada si Kecil untuk giat menabung.

Selain memastikan anak paham pentingnya menabung dan cara melakukannya, jangan sampai lupa untuk melindungi mereka dan keluarga dengan asuransi. Anda bisa memilih berbagai asuransi dari Prudential Indonesia.

Ada beragam jenis asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Selain itu, Prudential juga memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran Premi Asuransi Kesehatan dan Jiwa melalui PruPay Link setiap bulannya. Dengan PRUPay Link Anda bisa melakukan pembayaran Premi/Kontribusi pertama, lanjutan, biaya perubahan Polis, biaya cetak ulang kartu Rider Kesehatan (PRUHospital and Surgical/PRUPrime Healthcare), dan biaya cetak ulang Polis secara autodebit.

Baca juga: Tips Efektif untuk Mengatur Pembayaran Tagihan Bulanan

Back to Top