Cara Melakukan Investasi Reksa Dana untuk Para Pemula yang Perlu Diperhatikan | Prudential Indonesia

Cara Melakukan Investasi Reksa Dana untuk Para Pemula yang Perlu Diperhatikan

Reksa dana kini menjadi pilihan populer bagi para pemula di dunia investasi. Hal tersebut karena risikonya yang tergolong rendah dibandingkan instrumen investasi lain dan juga maraknya platform investasi reksa dana online yang menjadikan prosesnya kini jauh lebih mudah.

Namun, sebelum Anda memulai investasi reksa dana, perhatikan beberapa langkah untuk para pemula berikut ini!

Tentukan Tujuan Berinvestasi

Dalam berinvestasi, menentukan tujuan merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat perencanaan ke depannya. Kemudian, Anda baru dapat mengetahui jangka waktu untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya investasi reksa dana jangka menengah untuk biaya pendidikan anak dalam 2 tahun dan jangka panjang untuk dana pensiun.

Kenali Jenis Reksa Dana

Terdapat 4 jenis reksa dana yang memiliki return dan risiko yang berbeda. Ketika memulai, pilihlah reksa dana pasar uang jangka waktu yang pendek dan risiko yang rendah. Ketika Anda sudah lebih berani, Anda dapat mencoba jenis reksa dana jangka pendek hingga menengah lainnya, seperti reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran.

Kemudian, untuk investasi jangka panjang, Anda dapat memilih reksa dana saham dengan return dan risiko yang lebih tinggi. Walaupun return lebih tinggi, perlu diingat risiko yang ada juga semakin meningkat.

Tentukan Tempat Membeli Reksa Dana

Terdapat banyak pilihan untuk membeli reksa dana, Anda dapat membelinya secara langsung melalui manajer investasi, melalui institusi resmi seperti bank, atau secara online. Bagi pemula, cobalah membeli reksa dana secara online karena proses yang mudah dan juga investasi yang rendah, bahkan mulai dari Rp10.000 saja.

Antisipasi Risiko yang Dapat Terjadi

Jika Anda memiliki dana untuk investasi yang cukup besar, lakukan investasi secara berkala atau bagikan ke beberapa instrumen terpisah. Hal ini untuk melindungi arus kas Anda ketika terjadi yang tidak diinginkan. Pasalnya, sekecil apapun risiko dalam investasi reksa dana tetaplah perlu diantisipasi.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan saat memulai investasi reksa dana. Lindungi juga diri Anda dari risiko kesehatan dan jiwa ketika berinvestasi dengan membeli produk Unit Link seperti PRULink Investor Account dan PRULink Assurance Account dari Prudential Indonesia, di mana para Nasabah juga dapat berinvestasi dengan Dana Investasi yang bisa menjadi instrumen tambahan.

Back to Top