Gaji Cepat Habis? Ikuti 5 Cara Hemat Sehabis Gajian Berikut Ini! | Prudential Indonesia

Gaji Cepat Habis? Ikuti 5 Cara Hemat Sehabis Gajian Berikut Ini!

Apapun sektor atau industri tempat Anda bekerja, gajian selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu setiap bulannya. Ketika dana sudah ada di tangan, Anda akan dapat melakukan berbagai rencana yang sudah dibuat di tanggal tua.

Namun, bagi sebagian orang, momen gajian bagaikan angin yang berlalu dan cepat habis. Wajar saja, dibutuhkan pengelolaan yang tepat agar uang Anda tidak cepat habis, walaupun tanggal muda.

Ingin tahu cara hemat sehabis gajian? Simak berbagai tips mengelola gaji bulanan berikut ini!

Melakukan Budgeting

Terdapat berbagai sistem budgeting atau perencanaan keuangan yang bisa diikuti. Salah satunya adalah aturan “50/30/20.” Aturan ini membagi anggaran gaji Anda menjadi 50% untuk kebutuhan hidup dan tagihan (needs), 30% untuk gaya hidup (wants), dan 20% untuk ditabung dan membayar hutang.

Anda sebenarnya tak perlu mengikuti aturan ini secara persis. Yang terpenting adalah pembagian anggaran sudah sesuai dengan kondisi keuangan serta juga mudah untuk diterapkan.

Merencanakan Pembelanjaan

Pernahkah Anda berbelanja dan justru menghabiskan uang di luar dugaan? Cara hemat yang kedua adalah dengan menyiapkan daftar belanja setiap belanja bulanan. Pastikan Anda mengikuti daftar tersebut dan menghindari pembelian barang lainnya yang dirasa tidak perlu.

Baca Juga: Panduan Perencanaan Keuangan Keluarga agar Kebutuhan Tercukupi

Mengurangi Gaya Hidup Mewah

Sebelum gajian adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi gaya hidup Anda. Bisa jadi kebiasaan-kebiasaan yang Anda miliki tidak baik untuk keuangan. Sebagai contoh, Anda dapat membatasi makan di restoran serta nonton di bioskop dan melakukannya di rumah agar lebih hemat.

Menghindari Cicilan atau Pinjaman Baru

Kebutuhan tak terduga bisa datang kapan saja dan cenderung mengancam budgeting Anda. Usahakan memenuhi kebutuhan tersebut dengan menggunakan uang tabungan dan bukan menambah cicilan. Anda tentu tidak ingin gaji langsung habis karena bayar cicilan, bukan?

Mengejar Diskon Secara Bijak

Promo dan diskon memang ditujukan agar menarik pembeli. Namun, jangan jadikan diskon sebagai alasan utama Anda membeli suatu produk. Anda dapat merencanakan kebutuhan apa saja yang mungkin diperoleh dengan adanya diskon dari jauh hari, seperti sembako dan juga kebutuhan bayi.

Nah, itulah tadi beberapa cara hemat sehabis gajian yang bisa Anda ikuti. Pada dasarnya, memastikan gaji tidak cepat habis sangatlah mungkin dilakukan dengan kombinasi antara perencanaan keuangan yang tepat serta penerapan yang konsisten. Tujuannya adalah agar Anda senantiasa dapat menjadi bijak dan juga aman secara finansial.

Anda juga dapat meningkatkan upaya ini dengan membeli produk Asuransi Jiwa terkait Dana Investasi seperti PRULink Assurance Account dari Prudential Indonesia. Selain memberikan perlindungan jiwa terbaik, produk ini mengelola Premi yang Anda bayarkan pada instrumen investasi. Sehingga, selain mendapatkan perlindungan jiwa, Anda juga akan merasa lebih aman secara finansial.

Baca Juga: Ketahui Jenis-Jenis Investasi Sebagai Cara Mendapatkan Uang

Back to Top