Jangan Menunggu Lebih Lama! Berikut Tips Mempersiapkan Dana Darurat Sejak Dini | Prudential Indonesia

Jangan Menunggu Lebih Lama! Berikut Tips Mempersiapkan Dana Darurat Sejak Dini

Kita tidak bisa memprediksi masa yang akan datang. Meskipun Anda telah berencana atau membuat prediksi jalan hidup, terkadang kejadian yang tak diinginkan menghampiri dan mengganggu kestabilan kondisi finansial. Sebagai contoh adalah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), perbaikan rumah dan kendaraan, serta musibah lainnya, seperti pandemi COVID-19 yang menghambat pemasukan sebagian orang.

Untuk berjaga-jaga menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya Anda mengumpulkan sejumlah dana darurat (emergency fund) dari jauh hari. Dana darurat adalah anggaran yang nantinya akan digunakan untuk menutupi pengeluaran tak terduga atau menunjang keberlangsungan hidup agar Anda tidak perlu menghabiskan tabungan atau sampai menjual aset lainnya.

Berikut adalah penjelasan seputar tips mempersiapkan dana darurat yang perlu Anda ketahui!

Tentukan Jumlahnya

Jumlah dana darurat yang harus disiapkan akan berbeda bagi setiap orang dan dipengaruhi banyak faktor. Namun, usahakan menyiapkan dana yang sama besarnya dengan biaya hidup selama 6–12 bulan. Hal ini berguna terutama jika Anda terkena PHK, karena dengan begitu Anda akan dapat tetap membiayai hidup selama jangka waktu tersebut selagi mencari sumber pemasukan lainnya.

Kemudian, pastikan untuk terus menyesuaikan gaya hidup Anda jika terjadi perubahan. Tentunya dana yang dibutuhkan akan berbeda ketika Anda masih lajang dengan memiliki tanggungan.

Pisahkan dari Anggaran Lainnya

Ketika menyiapkan dana darurat, pastikan untuk tidak menggunakannya untuk keperluan hidup atau membeli barang lainnya. Anda bisa menghindari hal ini dengan cara meletakkan dana untuk keperluan darurat pada rekening yang terpisah.

Kumpulkan dengan Cara Mencicil

Dana darurat Anda mungkin tidak dapat langsung terkumpul dalam sekejap. Maka dari itu, Anda dapat mengumpulkan dana tersebut dari gaji bulanan Anda yang telah terpotong biaya hidup, tagihan, tabungan, serta anggaran lainnya. Namun, ingatlah untuk mencicilnya secara disiplin dan rutin.

Baca Juga: Pilihan Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Memberikan Untung Besar, Apa Saja?

Usahakan agar Tetap Utuh

Setelah kebutuhan darurat dipenuhi, bukan berarti Anda dapat tenang. Anda harus tetap melindungi kondisi ekonomi dari kejadian serupa di masa depan. Maka dari itu, Anda perlu mengumpulkan kembali dana darurat hingga utuh apabila Anda telah menggunakannya sebagian.

Nah, itulah tadi tips mempersiapkan dana darurat (emergency fund) yang bisa Anda ikuti. Tidak ada salahnya untuk melakukan tips di atas sedari dini. Risiko finansial bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, selalu bersiap merupakan tindakan yang bijak.

Hal ini juga termasuk dengan membeli produk Asuransi Jiwa. Apabila Anda memiliki tanggungan, Asuransi Jiwa dengan manfaat yang terbaik, seperti PRULink Generasi Baru dari Prudential Indonesia, dapat memberi santunan bahkan sejak pertama kali Anda membayar Premi serta menawarkan manfaat tambahan lainnya, seperti perlindungan kesehatan.

Baca Juga: Panduan Perencanaan Keuangan Keluarga agar Kebutuhan Tercukupi

Back to Top