Ketahui Fungsi & Manfaat Perlindungan Karyawan Berikut Ini

Sudah bukan rahasia lagi bahwa setiap orang yang bekerja di suatu tempat wajib mendapatkan jaminan atau perlindungan karyawan. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 4/1993, Peraturan Menteri No 1/1998, Keputusan Presiden nomor 22/1993, Peraturan Pemerintah nomor 14/1993, Undang-Undang nomor 1/1970, UU 3/1992, serta UU 13/2003.

Peraturan ini menyatakan bahwa setiap pekerja berhak untuk memperoleh jaminan pemeliharaan kesehatan, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan kecelakaan kerja. Besarnya benefit karyawan ini menyesuaikan dengan aturan dari perusahaan masing-masing.

Yang pasti, hadirnya perlindungan terhadap karyawan menawarkan beragam manfaat. Apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak beberapa daftarnya di bawah ini!

Memberikan Rasa Tenang

Hal pertama yang dapat dirasakan dari adanya Asuransi Karyawan adalah perasaan tenang. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa tidak ada yang dapat mengetahui apa yang bakal terjadi esok hari. Jika orang punya darurat dengan jumlah berlebih, hal ini jelas tidak jadi masalah.

Namun, bagaimana dengan orang yang tidak mampu menyiapkan anggaran tersebut? Hal inilah yang menjadi benefit bagi para karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan atau badan usaha. Sebagai karyawan Anda pun tidak perlu lagi khawatir memikirkan hal-hal buruk yang bisa saja terjadi karena Anda telah mengantongi asuransi dari tempat kerja.

Memperkecil Risiko Finansial

Bukan hanya itu, asuransi yang diberikan sebagai benefit karyawan tetap ini juga dapat memperkecil risiko finansial yang dialami. Ada beragam kejadian yang tidak bisa diprediksi seperti kebakaran, kecelakaan, biaya rumah sakit, hingga bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian finansial secara tiba-tiba.

Adanya perlindungan karyawan yang diberikan khususnya Asuransi Kesehatan akan memperkecil risiko finansial sebab biaya yang harus dikeluarkan telah ditanggung oleh perusahaan.

Merencanakan Keuangan dengan Lebih Matang

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting yakni merencanakan keuangan dengan lebih matang. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya dana darurat yang harus Anda keluarkan saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dengan begini, dana tersebut bisa Anda tabung atau alihkan ke hal-hal yang lainnya sehingga perencanaan keuangan bisa lebih matang.  Salah satu perlindungan karyawan yang bisa Anda manfaatkan yakni PRUWorks dari Prudential. Ada beragam manfaat yang diberikan oleh PRUWorks antara lain:

  1. Mudah persyaratannya karena bisa untuk badan usaha dengan minimal 5 karyawan.
  2. Mudah memilih manfaatnya karena pilihan plan dan Uang Pertanggungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  3. Gampang dalam pengajuan Polisnya sebab semua sistemnya sudah online mulai dari eProposal, eSPAK, hingga unggah dokumen persyaratan melalui PRUWorks.
  4. Mudah dalam mendapatkan informasi dan proses kepesertaannya. Prosesnya bisa dilakukan melalui PRUWorks untuk HR, Employee, dan Partner.
  5. Mudah klaimnya karena telah terhubung dengan lebih dari 1000 rumah sakit rekanan serta mempunyai sistem eClaim Submission yang dapat diakses melalui PRUWorks.

PRUWorks sendiri memiliki tiga produk mewujudkan kemudahan dalam melindungi karyawan secara menyeluruh mulai dari PRUCorporate Life, PRUCorporate Personal Accident, hingga PRUCorporate Medical.

Asuransi yang memberikan banyak benefit karyawan ini tidak hanya berlaki untuk perusahaan skala besar, tapi juga bisa dimanfaatkan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sehingga para pekerjanya bisa lebih terjamin.

Nah, itu tadi beberapa infromasi penting mengenai fungsi dan manfaat perlindungan karyawan yang sebaiknya Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Back to Top