Tips Efektif untuk Mengatur Pembayaran Tagihan Bulanan | Prudential Indonesia

Tips Efektif untuk Mengatur Pembayaran Tagihan Bulanan

Mengelola keuangan bukan hanya menghitung pemasukan dan pengeluaran. Ternyata, ada berbagai manfaat yang bisa Anda raih dengan menghitung dan mengatur pembayaran tagihan bulanan. Selain untuk mengantisipasi tenggat pembayaran tagihan, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan Anda hingga semakin mahir.

Lantas, bagaimana cara mengatur dan mengelola sistem pembayaran tagihan Anda setiap bulannya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan!

Mencatat Tagihan Apa yang Harus Dibayar

Tips ini merupakan langkah pertama yang perlu Anda lakukan guna mengetahui apa saja yang harus dibayar. Adapun yang tak boleh Anda lewatkan antara lain yang menyangkut kebutuhan sehari-hari (seperti tagihan air dan listrik), pinjaman (seperti tagihan kartu kredit dan cicilan rumah), atau juga Premi Asuransi.

Mengingat Tanggal Terakhir Pembayaran

Agar tidak telat atau bahkan kelupaan membayar tagihan bulanan, Anda dapat memasang pengingat (reminder) pada ponsel atau kalender di rumah. Tips ini sangat bermanfaat demi menghindari denda akibat pembayaran tagihan yang telat dibayarkan. 

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Rencana Keuangan Jangka Pendek yang Perlu Anda Perhatikan

Memilih Metode Pembayaran yang Paling Efisien

Kini, terdapat berbagai cara dan tempat bayar tagihan paling mudah yang bisa dimanfaatkan, bukan hanya secara tunai pada loket atau melalui ATM saja. Salah satunya, Anda bisa melakukannya melalui fitur pembayaran online pada aplikasi mobile dan internet banking Anda. 

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga telah mengeluarkan tagihan yang telah bekerja sama dengan bank Anda sehingga Anda bisa memanfaatkan sistem autodebit (penarikan dana untuk pembayaran otomatis) untuk membayar tagihan tersebut.

Namun, pilihannya sebenarnya tidak terbatas pada dua contoh di atas dan Anda bebas mencari cara lain. Jadi, selalu pastikan metode apapun yang dipilih adalah yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Menyimpan Bukti Pembayarannya

Baik secara tunai maupun digital, pembayaran tagihan bulanan akan tercatat pada bukti atau laporan pembayaran. Simpanlah dokumen-dokumen tersebut dalam berkas atau pada tempat penyimpanan online (cloud). Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga ketika bukti pembayaran memang dibutuhkan di kemudian hari.

Demikian tadi langkah-langkah yang perlu Anda ikuti terkait pengelolaan pembayaran tagihan bulanan. Pada dasarnya, keempat cara tadi bermanfaat untuk membuat pembayaran tagihan setiap bulannya menjadi lebih teratur, rapi, serta semakin efisien lagi.

Anda juga bisa menerapkan tips-tips tadi dalam membayar Premi untuk Asuransi Kesehatan dan Jiwa setiap bulannya dengan PruPay Link dari Prudential Indonesia. Inovasi terbaru ini memungkinkan Anda melakukan pembayaran Premi/Kontribusi secara autodebit dan bebas dari cara-cara yang rumit.

Baca Juga: Ketahui Cara Bayar Premi Asuransi & Manfaatnya Bagi Anda

Back to Top