Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan Selama #DiRumahAja | Prudential Indonesia

Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan Selama #DiRumahAja

Ramadan tahun ini tentu sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kini Indonesia sedang dihadapi dengan pandemi COVID-19. Tak hanya mempersiapkan fisik, mental, dan batin saja selama bulan Ramadan tahun ini, anggaran bulanan pun juga harus diperhatikan.

Meskipun selama sebulan Anda tetap berada #DiRumahAja tapi siapa sangka justru pengeluaran akan semakin banyak dan melebihi bulan-bulan sebelumnya. Agar tidak cepat habis, ketahui cara mengatur keuangan di saat Ramadan berikut ini!

 Membuat Bujet Bulanan

Cara pertama mengatur keuangan di saat Ramadan yang bisa Anda lakukan yakni mulai mengatur gaya hidup dan membuat bujet bulanan. Sebaiknya, buatlah daftar pengeluaran rutin agar Anda bisa mengontrol semuanya. Selain itu, Anda juga harus memisahkan dana untuk belanja kebutuhan masak sahur dan berbuka puasa, dengan kebutuhan harian lainnya. Jangan lupa untuk menyisihkan dana cadangan untuk hal tak terduga, ya.

 Sebaiknya Masak Menu Sahur & Berbuka Sendiri

Tentu saja, jika Anda terlalu sering mengeluarkan biaya untuk membeli makanan sahur dan berbuka di luar, nantinya akan membuat Anda semakin boros. Jika memasak sendiri di rumah selama bulan Ramadan, pastinya mampu mengurangi pengeluaran Anda.

 Hindari Membeli Barang Tidak Penting

Pada saat pandemi COVID-19 ini, tentu kebosanan akan datang dan membuat Anda menjadi impulsif untuk membeli barang-barang yang terbilang tidak penting melalui online shop. Sebaiknya Anda selalu mengutamakan kebutuhan dibanding dengan keinginan, agar terhindar dari pemborosan.

Baca Juga: 4 Bisnis Anak Muda di Bidang Kreatif yang Bisa Dicoba Tahun 2020

Catat Pengeluaran Harian

Selama bulan puasa, menyiapkan catatan pengeluaran di bulan Ramadan tentu sangat penting dan bisa menolong Anda agar tidak boros. Sebaiknya Anda selalu rutin untuk mencatat pengeluaran harian agar bisa mengetahui apa saja yang dibeli dan berapa biaya yang dikeluarkan dalam satu hari tersebut. Pasalnya, hal ini mampu membuat Anda menjadi lebih hemat lagi di kemudian hari.

Prioritaskan Menabung dan Investasi

Cara mengatur keuangan di saat Ramadan lainnya yakni menjadikan menabung dan investasi sebagai prioritas Anda. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, sangat penting untuk menyisihkan dana darurat yang kemungkinan akan dibutuhkan di kemudian hari. Sebaiknya Anda mulai menabung dan berinvestasi dengan menggunakan uang THR. Jangan sampai uang THR Anda habis begitu saja karena membeli keperluan yang tidak penting.

Siapkan Asuransi

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan yakni menyiapkan asuransi. Tips mengatur keuangan di bulan Ramadan yang terakhir ini harus segera Anda lakukan. Menyiapkan asuransi tentu akan menguntungkan Anda di hari yang akan datang. Pilihlah asuransi yang sudah terpercaya dengan reputasi yang baik. Salah satunya yang bisa Anda jadikan pilihan yakni PRULink Syariah Generasi Baru.

Merupakan salah satu produk Asuransi Jiwa yang memiliki prinsip syariah terkait Unit Link terbaru dari Prudential Indonesia. Nantinya, produk ini mampu memberikan perlindungan jiwa yang senantiasa menjaga kesejahteraan Anda sekeluarga.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa Prudential yang Wajib Diketahui

Back to Top