Tips Perencanaan Keuangan Keluarga agar Kebutuhan Tercukupi | Prudential Indonesia

Panduan Perencanaan Keuangan Keluarga agar Kebutuhan Tercukupi

Perencanaan keuangan keluarga dan pribadi tentu berbeda setiap orangnya. Ketika telah berkeluarga, Anda perlu memperhatikan kebutuhan serta keinginan seluruh anggota keluarga. Tujuannya adalah, karena segala keputusan finansial harus dipilih secara bijak dan dibicarakan dengan pasangan serta dilakukan dengan kooperatif.

Tak perlu bingung, berikut adalah beberapa langkah perencanaan keuangan keluarga yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Yuk, simak berikut ini!

Menghitung dan Mencatat Pengeluaran

Kebiasaan mengatur keuangan merupakan hal yang perlu dilatih dan Anda mungkin tidak akan langsung mahir ketika memulainya. Namun dengan begitu, hal ini pun bisa menjadi langkah awal yang memudahkan Anda dalam menghitung pengeluaran setiap bulannya.

Adapun yang wajib dicatat antara lain biaya tempat tinggal, tagihan, biaya transportasi, dan kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu saja, pastikan biaya yang menyangkut seluruh anggota keluarga (seperti uang jajan si Kecil dan biaya pendidikannya) juga tercatat, ya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil

Menekan Pengeluaran Keluarga dan Menambah Tabungan

Setelah mengetahui pengeluaran yang ada, tentukan anggaran apa yang bisa ditekan selanjutnya. Hal ini berarti Anda perlu menyesuaikan kebiasaan belanja dan juga gaya hidup.

Sebagai contoh, Anda sekeluarga bisa mengurangi kebiasaan makan di restoran dan memilih untuk masak bersama di rumah. Selain pengeluaran yang dikeluarkan akan lebih murah, nantinya bujet untuk  makan di restoran pun bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan lainnya dan juga ditabung.

Menentukan Anggaran Bersama Keluarga

Kegiatan ini merupakan kesempatan baik untuk menentukan rencana kehidupan bersama-sama, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Sebagai contoh, Anda sekeluarga dapat menentukan anggaran untuk makan malam atau bahkan membicarakan cita-cita buah hati serta di mana dia akan kuliah nanti.

Dengan menyamakan cara pandang seperti ini, Anda dan keluarga dapat menyesuaikan opsi sesuai keadaan keuangan atau menentukan cara meningkatkan anggaran yang sudah ada, seperti dengan berinvestasi atau memulai bisnis keluarga.

Nah, itulah tadi beberapa panduan seputar perencanaan keuangan keluarga yang bisa Anda lakukan untuk dapat lebih mengatur alur keuangan. Singkatnya, bagaimana keuangan rumah tangga dikelola juga perlu diawali dengan penggunaan dana yang ada secara bijak serta keterlibatan semua anggota keluarga. Dengan begitu, anggaran bisa tepat sasaran dan segala kebutuhan bisa terpenuhi.

Selanjutnya, pastikan perencanaan keuangan tidak berhenti di situ dan lindungilah diri Anda sekeluarga dari berbagai risiko jiwa yang mengancam Anda dan kesejahteraan keluarga. Salah satu perlindungan tepat yang bisa dijadikan pilihan adalah PRUSafe Guard dari Prudential Indonesia. Memberikan manfaat perlindungan dari risiko jiwa dan kesehatan karena kecelakaan serta beberapa penyakit tertentu.

Baca Juga: Berencana untuk Mengambil Polis Asuransi Jiwa? Ketahui 5 Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Back to Top