4 Kelebihan Tabungan Syariah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memilihnya

Tidak bisa dipungkiri jika tabungan syariah belum banyak diminati karena mayoritas masyarakat masih kurang familiar dengan sistem yang diberlakukan.  Padahal, jika dikenali lebih dalam,  tabungan syariah memiliki beberapa kelebihan.

Pengertian tabungan syariah sendiri merupakan tabungan berdasarkan akad wadiah, mudharabah, atau akad lain berdasarkan ketentuan syariah dan bisa ditarik asalkan berdasarkan syarat dan aturan yang telah ditetapkan. Jika Anda berminat memiliki tabungan Syariah, baiknya ketahui dulu kelebihan dari tabungan Syariah di bawah ini!

Bagi Hasil

Kelebihan dari tabungan bersyariah yakni tidak ada istilah bunga, melainkan disebut dengan bagi hasil. Sistem ini fokus pada pembagian terhadap hasil yang Anda peroleh dari pendapatan yang dimiliki bank. Jika pendapatan bank makin besar, maka bagi hasil yang akan diperoleh juga besar. Lain lagi dengan sistem bunga yang ditentukan sesuai kebutuhan dana bank.

Tidak Ada Biaya Administrasi untuk Semua Kalangan

Memang saat ini sudah ada beberapa tabungan konvensional yang memberlakukan fasilitas bebas biaya administrasi, tapi aturan ini memiliki persyaratan tertentu untuk merasakan fasilitas tersebut, misalnya  ada ketentuan minimal saldo di tabungan. Tabungan syariah tidak memiliki aturan tersebut dan bebas biaya administrasi diberlakukan untuk semua kalangan.

Akad Berdasarkan Syariah Islam

Akad adalah kesepakatan di antara Nasabah bersama Bank yang ditandai dengan hubungan serah terima (ijab qabul) secara syariat yang berdampak pada objek kontrak. Akad tabungan syariah berbeda dengan tabungan konvensional, akad yang ada di tabungan syariah cukup bervariasi karena akad disesuaikan dengan sifat dan tujuan transaksi keuangan.

Memiliki Produk Tabungan Khusus

Kehadiran tabungan syariah juga memiliki jenis penyimpanan yang beragam dibandingkan konvensional. Beberapa jenis tabungan syariah yang biasanya tersedia  adalah tabungan wakaf, tabungan kurban, dan tabungan haji. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Itu tadi kelebihan tabungan syariah yang perlu Anda ketahui. Selain tabungan syariah, Anda juga bisa mempertimbangkan asuransi berbasis syariah seperti PRULink Syariah Generasi Baru. Ini merupakan inovasi produk Asuransi Jiwa yang menerapkan prinsip syariah terkait Unit Link dari Prudential Indonesia yang bertujuan memberikan perlindungan jiwa berupa santunan asuransi sampai usia 99 tahun dan juga membantu Anda untuk merencanakan warisan atas potensi hasil investasi Anda dengan PRUBooster Proteksi. Dengan membeli produk Prudential Indonesia akan sangat membantu Anda mempersiapkan masa depan dan Impian Anda.

Back to Top