5 Larangan Puasa yang Seharusnya Dihindari Menurut Ajaran Islam | Prudential Indonesia

5 Larangan Puasa yang Seharusnya Dihindari Menurut Ajaran Islam

Dalam menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadan, tentu ada beberapa larangan puasa yang harus dihindari, tak hanya menahan haus dan lapar saja. Perlu diketahui, ada beberapa hal yang sebaiknya dijauhi selama sedang berpuasa, yakni berkata atau menyampaikan ucapan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, berkumur secara berlebihan, dan mampu menahan syahwat.

Ternyata, tak hanya itu saja, masih ada 5 larangan puasa lainnya yang seharusnya Anda ketahui untuk dihindari berikut ini menurut ajaran Islam. Apa saja? Yuk, mari simak ulasannya di bawah ini!

Berbicara Kotor & Tidak Bermanfaat

Larangan puasa yang seharusnya dihindari yakni berbicara kotor dan tidak bermanfaat.  Tak hanya dilarang, tetapi hal ini juga akan mengurangi pahala puasa Anda, lho. Pasalnya, jika memulai berbicara kotor, kebanyakan akan berujung pada bergosip yang tidak bermanfaat. Selama bulan puasa, sebaiknya Anda gunakan untuk membaca Al-Qur’an agar menambah pahala puasa.

Berbohong

Selain berbicara kotor, berbohong pun juga dilarang ketika sedang menjalani ibadah puasa. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu hal yang mampu mengurangi pahala puasa yang telah Anda jalankan. Tak hanya saat bulan puasa saja, hal buruk ini pun juga sebaiknya dihindari dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 4 Cara Mengelola Uang THR 2020 Agar Tidak Cepat Habis

Tidur Sepanjang Hari

Meskipun tidur adalah ibadah saat bulan puasa, bukan berarti Anda bisa tidur sepanjang hari karena akan mengurangi pahala puasamu. Jika Anda tidak menjalankan ibadah wajib karena tertidur saat tengah puasa, nantinya akan membuat ibadahmu batal dan tidak berarti. Tidur diperbolehkan ketika sedang puasa, sebaiknya dilakukan secukupnya sekitar 15-20 menit saja.

Marah

Apakah Anda tahu? Kalau marah saat sedang puasa pun juga menjadi salah satu larangan puasa, lho. Bahkan, Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sangat tidak menyukai orang yang sering marah-marah. Tentu saja, ketika marah akan membuat kamu melakukan hal yang mengurangi pahala puasa, dan akan memancing mengeluarkan kata-kata kotor yang tidak seharusnya dikatakan.

Makan dan Minum dengan Sengaja

Dalam ajaran Islam, larangan puasa yang terakhir ini tentu tidak boleh dilakukan, terlebih lagi dalam keadaan sengaja. Selama puasa, para umat muslim dituntut untuk bisa menahan hawa nafsu, termasuk lapar dan haus. Tetapi, hal ini boleh dilakukan apabila seseorang sedang dalam keadaan sakit parah, wanita yang tengah haid, serta ibu hamil dan menyusui, dan sebaiknya tidak dilakukan di depan orang yang sedang berpuasa.

Itu tadi 5 larangan puasa yang sebaiknya Anda hindari selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini. Selain menjalankan apa yang telah diajarkan oleh agama Islam, selama bulan puasa ini Anda juga dituntut untuk selalu tetap dalam keadaan sehat agar bisa menjalaninya selama sebulan penuh.

Demi membantu Anda dan keluarga agar tetap terlindungi, Anda juga bisa memilih Asuransi Kesehatan yang tepat. Salah satunya yang bisa dijadikan pilihan yakni PRUPrime Healthcare Plus Syariah. Merupakan produk Asuransi Tambahan (Riders), mampu memberikan solusi lengkap untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit.

Produk ini juga telah dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia serta menawarkan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan Anda.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan Selama #DiRumahAja

Back to Top