6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui | Prudential Indonesia

6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Melatih keimanan, meningkatkan spiritual, serta mengejar ampunan dari Allah SWT merupakan beberapa dari alasan utama seseorang menjalankan ibadah puasa. Memang betul, berpuasa merupakan kegiatan yang membawa berbagai kebaikan, lantaran bulan Ramadan yang selalu dinanti-nanti.

Tapi, tahukah Anda? Rupanya terdapat berbagai manfaat puasa lainnya yang bisa dirasakan bagi tubuh. Berpuasa dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan Anda. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini!

Memperbaiki Gula Darah

Puasa membawa manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

Mengurangi Kolesterol Tubuh

Manfaat puasa yang kedua dapat dirasakan pada kadar kolesterol tubuh. Pasalnya, puasa mampu mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins). Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kolesterol menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi, seperti serangan jantung.

Baca Juga: 5 Tanda Awal Serangan Jantung yang Sering Disepelekan

Mengurangi Lemak Tubuh

Terkadang, dokter akan mendorong Anda mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan demi menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, strok, serta penyakit jantung. Jika Anda sedang mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu meredakan asupan kalori Anda dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

Menjadi Metode Detoks

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga menyatakan bahwa manfaat puasa salah satunya adalah untuk mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi berguna dalam membuang toksin atau zat-zat buruk yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita.

Membantu Menghentikan Merokok

Pendapat seputar merokok dapat membatalkan puasa ada beragam. Namun, Anda bisa memanfaatkan berpuasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok. Selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

Mengurangi Peradangan

Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung. Untungnya, puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

Demikian tadi beberapa kebaikan serta manfaat puasa yang bisa Anda rasakan. Sebelum lanjut berpuasa, pastikan Anda juga mengacu pada saran dokter agar dapat menjalaninya secara aman sesuai dengan kondisi kesehatan. Selain itu, beberapa kondisi, seperti diabetes tipe 1, mungkin memang tidak direkomendasikan berpuasa.

Pada dasarnya, puasa dan kehidupan secara menyeluruh akan menjadi lebih baik jika dibarengi dengan sikap bijak. Hal ini juga termasuk dengan meningkatkan perlindungan kesehatan. Tingkatkan rasa tenang Anda dengan membeli produk Asuransi Kesehatan yang komprehensif serta dijalankan sesuai dengan syariat Islam, seperti PRUPrime Healthcare Syariah dari Prudential Indonesia.

Baca Juga: 4 Manfaat Olahraga Pagi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Back to Top