Apa Itu Deposito Syariah? Ketahui Juga Keuntungannya! | Prudential Indonesia

Apa Itu Deposito Syariah? Ketahui Juga Keuntungannya!

Deposito syariah merupakan salah satu produk dari bank untuk investasi yang memiliki jangka tertentu dan dilakukan berdasarkan prinsip syariah. Deposito jenis ini diperuntukkan bagi nasabah individu atau perusahaan dengan memanfaatkan kontrak yang telah disepakati oleh bank dan Nasabah.

Pada deposito syariah, Nasabah merupakan pemilik dana, sedangkan bank sebagai pengelola dana. Adapun sistem yang diterapkan untuk urusan keuntungan yang akan diperoleh Nasabah adalah sistem bagi hasil.

Sama dengan deposito konvensional, deposito syariah juga memberikan keuntungan bagi Anda. Berikut keuntungan deposito syariah yang perlu diketahui.

Dana Nasabah Akan Aman

Uang Anda akan ditanggung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Deposito syariah bahkan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik sebab persentase pembagian keuntungan telah ditetapkan oleh kedua belah pihak Nasabah dan bank, sehingga terjadinya kecurangan dari salah satu pihak bisa dihindari.

Bisa Dimanfaatkan untuk Jaminan Pembiayaan

Salah satu keuntungan deposito syariah bisa yang bisa dimanfaatkan adalah sebagai jaminan pembiayaan. Jadi, deposito syariah bisa berguna untuk jaminan saat sedang memerlukan dana. Anda bisa menanyakan pada pihak bank terkait apa saja tipe pembiayaan yang bisa dijaminkan dengan menggunakan deposito syariah. Perlu dipahami bahwa setiap bank sudah menetapkan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda terkait deposito syariah.

Pengelolaan Dana dan Biaya Penalti Berdasarkan yang sudah Disepakati

Pada deposito syariah  sistem bagi hasil yang diperoleh Nasabah besarnya sama dengan keuntungan yang didapatkan. Pihak bank sebagai pengelola dana akan berupaya memutar dana yang diperoleh. Namun, upaya yang dilakukan tidak bertentangan dengan prinsip syariah yang berlaku.

Untuk urusan uang penalti, deposito syariah menyebutnya dengan biaya administrasi. Bila mengambil uang yang didepositkan sebelum waktu yang telah ditetapkan, jumlahnya sudah disepakati.

Itu tadi uraian deposito syariah dan kelebihannya yang perlu Anda ketahui. Selain deposito syariah, Anda juga bisa mempertimbangkan asuransi yang memiliki konsep syariah seperti PRULink Syariah Investor Account.

Produk dari Prudential Indonesia ini merupakan produk Asuransi Jiwa yang menghubungkan investasi syariah dengan mengadakan pembayaran kontribusi sekali yang memberikan pilihan dana investasi syariah yang beragam.

PRULink Syariah Investor Account mampu memberikan perlindungan yang cukup secara menyeluruh terhadap risiko menderita cacat total dan tetap maupun kematian. Selain itu, produk ini memungkinkan Anda menentukan investasi syariah dengan tingkat pengembalian investasi jangka panjang, berdasarkan profil dan kebutuhan Pemegang Polis.

Back to Top