Berbagi Manfaat dengan Orang Lain Melalui Wakaf Asuransi

Selain zakat dan bersedekah, umat Islam juga diberi kesempatan untuk berbagi dengan orang lain melalui wakaf. Wakaf memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan amalan yang lain. Dijelaskan dalam Al-Quran, pahala untuk orang yang berwakaf akan terus mengalir, bahkan hingga ia telah meninggal dunia. Dalam artian lain, wakaf merupakan satu-satunya “harta” yang dibawa mati.

Bukan hanya pahala yang tak ada hentinya, wakaf juga mendatangkan banyak manfaat lain yang juga dirasakan oleh orang lain. Nah, apa sajakah manfaat wakaf itu?

  • Membangun sarana yang lebih baik bagi masyarakat

Berdasarkan jenis harta, wakaf terbagi menjadi dua, yakni benda tidak bergerak dan benda bergerak. Benda tidak bergerak bisa termasuk; hak atas tanah, bangunan atau bagian bangunan, tanaman dan benda lain yang berkaitan dengan tanah. Sementara benda tidak bergerak bisa berupa air, bahan bakar, surat berharga, dan lainnya.

Oleh sebab itu, Anda juga bisa mewakafkan sarana seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain. Tentunya hal ini akan sangat membantu mewujudkan sarana yang lebih baik untuk masyarakat.

  • Memajukan pembangunan infrastruktur negara

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harta yang diwakafkan bisa berupa bangunan dan sarana yang bermanfaat bagi masyarakat. Secara otomatis, wakaf juga mendorong pembangunan dalam sebuah negara. Bahkan di negara-negara Islam, kebanyakan infrastruktur publiknya terbantu oleh wakaf.

  • Mengatasi kesenjangan sosial

Kondisi finansial masyarakat yang berbeda-beda menimbulkan kesenjangan sosial yang cukup besar. Masyarakat yang kurang mampu tidak memiliki kesempatan yang sama dengan orang-orang kelas menengah ke atas untuk mendapatkan pendidikan, fasilitas kesehatan, dan tempat tinggal yang nyaman, misalnya. Sementara dengan wakaf, masyarakat yang kurang mampu jadi dapat merasakan fasilitas-fasilitas yang biasa dinikmati oleh masyarakat pada umumnya. Di sinilah peran wakaf dalam mengatasi kesenjangan sosial.

Kini selain bangunan dan jenis-jenis wakaf yang telah disebutkan di atas, ada satu jenis yang paling diminati, yakni wakaf manfaat asuransi. Bagaimana ketentuannya? Jumlah manfaat investasi yang boleh diwakafkan paling banyak adalah sepertiga dari total manfaat, kecuali ada kesepakatan lain dari ahli waris. Nah, untuk Anda yang berminat berbagi kebaikan melalui asuransi, Prudential menyediakan program wakaf asuransi. Manfaat yang bisa Anda wakafkan di antaranya adalah santunan asuransi meninggal dunia dan nilai tunai polis. Pengajuan program wakaf pun mudah, Anda cukup mengikuti syarat dan ketentuan yang terdapat pada website kami. Jika bisa berbagi manfaat dengan orang lain, mengapa tidak?

Back to Top