Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 2019, Apa Saja?

Asuransi syariah merupakan sistem yang memfokuskan asas saling melindungi dan saling tolong menolong baik peserta asuransi maupun Perusahaan Asuransi. Asuransi Syariah diberlakukan melalui investasi dalam bentuk aset (Tabarru’) yang menerapkan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui perikatan (Akad) yang sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Salah satu jenis asuransi yang saat ini sudah banyak disediakan, yakni Asuransi Kesehatan.

Pembagian Keuntungan

Pada Asuransi Kesehatan Syariah, semua keuntungan yang diperoleh Perusahaan Asuransi dengan dana asuransi, akan diberikan kepada semua peserta asuransi tersebut.

Pengelolaan Risiko Memakai Prinsip Sharing of Risk

Di dalam Asuransi Kesehatan Syariah berlaku sistem atau prinsip sharing of risk yang artinya risiko dikenakan atau dibagi kepada peserta dan Perusahaan Asuransi. Jadi dua pihak ini akan saling membantu dan tolong menolong dan saling menjamin dan bekerja sama dengan mengumpulkan dana Hibah (Tabarru’).

Tidak Memberlakukan Dana Hangus

Biasanya pada sistem Asuransi Konvensional, berlaku istilah dana hangus yang berlaku jika asuransi yang tidak diklaim hingga masa pertanggungan berakhir. Sementara di dalam Asuransi Syariah, karena dana tetap bisa diambil meskipun ada jumlah kecil yang diikhlaskan sebagai dana Tabarru’ (Hibah).

Selain itu, pada Asuransi Kesehatan Syariah jika di tengah jalan Anda tidak bisa lagi membayarkan premi setiap bulannya, Anda bisa menutup akun dan mendapatkan dana sepenuhnya yang sudah Anda bayarkan kepada Perusahaan Asuransi

Kepemilikan Dana

Berdasarkan Akad (perikatan) yang digunakan, di dalam Asuransi Syariah, Dana Asuransi yang masuk menjadi milik bersama (semua peserta asuransi), dan pihak Perusahaan Asuransi hanya bertugas menjadi pengatur dana yang masuk saja tanpa ada imbalan di dalamnya. Jadi peserta akan mendapatkan untung dari dana yang sudah Anda berikan berdasarkan keuntungan pengelolaan dana yang sudah dibagi secara rata pada peserta asuransi.

Klaim dan Layanan yang Berlaku

Pada Asuransi Kesehatan Syariah, peserta akan mendapatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga dan sistem yang diterapkan adalah cashless. Asuransi Kesehatan Syariah menerapkan satu Polis asuransi untuk semua anggota keluarga, sehingga premi yang dikenakan oleh Asuransi Syariah menjadi lebih ringan.

Prudential sendiri memiliki beberapa pilihan Asuransi Kesehatan Syariah terbaik 2019. Asuransi Kesehatan Prudential yang bisa dipilih, di antaranya PRUCritical Hospital Cover Syariah, PRUHospital&Surgical Cover Plus Syariah, PRUMed Cover Syariah.

PRUCritical Hospital Cover Syariah merupakan produk Asuransi Tambahan yang mampu memberikan perlindungan komprehensif atas Perawatan Kondisi Kritis dari sejak Evaluasi Medis hingga Pemulihan, baik yang dilakukan di Indonesia maupun di Luar Negeri.

PRUHospital&Surgical Cover Plus Syariah merupakan Asuransi yang memberikan manfaat penggantian biaya rawat inap, Intensive Care Unit (ICU), dan pembedahan berdasarkan plan yang diambil saat Peserta melakukan perawatan di rumah sakit/klinik.

PRUMed Cover Syariah merupakan Perlindungan Kesehatan yang mampu memberikan manfaat tambahan berupa tunjangan untuk perawatan harian rawat inap, ICU dan pembedahan kepada peserta utama yang diasuransikan bila sedang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Anda bisa mencari tahu lebih lanjut terkait Asuransi Kesehatan Prudential berbasis Syariah di atas maupun lainnya dengan mengunjungi situs resminya di sini.

Back to Top