Cuma Ada di Indonesia, Ini 5 Tradisi Ramadan Unik 2020 yang Menarik untuk Disimak | Prudential Indonesia

Cuma Ada di Indonesia, Ini 5 Tradisi Ramadan Unik 2020 yang Menarik untuk Disimak

Ramadan merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan suci ini, semua umat muslim diharuskan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain itu, di Indonesia sendiri memiliki kebudayaan yang unik dan berbeda-beda demi menyambut bulan yang suci ini.

Meskipun sedikit berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya, namun keunikan tradisi Ramadan unik ini tidak pernah hilang dari tanah air. Penasaran, seperti apa tradisi unik Ramadan di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!

Tradisi Ramadan Unik di Indonesia

Meugang, Aceh

Merupakan sebuah tradisi memasak daging dan dinikmati bersama orang terdekat serta yatim piatu. Tradisi Ramadan unik di Indonesia ini berasal dari Aceh yang bernama Meugang. Tradisi ini sudah ada sejak kepemimpinan Sultan Iskandar Muda.

Baca Juga: Gerakan Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Waktu Berbuka

Nyorog, Betawi

Tradisi Ramadan unik selanjutnya bernama Nyorog. Ketika Ramadan tiba, suku Betawi kerap melakukan tradisi yang satu ini, yang mana mereka akan memberikan bingkisan makanan kepada sanak saudara, khususnya yang lebih tua. Biasanya, isi bingkisannya berisikan berbagai macam makanan khas Betawi.

Ziarah Kubro, Palembang

Ziarah Kubro merupakan salah satu tradisi Ramadan unik di Indonesia yang berada di Palembang. Demi menyambut bulan Ramadan, biasanya Ziarah Kubro ini dilakukan beriringan dari satu makam ulama ke makam lainnya. Biasanya, pawai ini akan berakhir di kompleks pemakaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Nyandaran, Jawa Tengah

Nyandaran atau yang disebut Nyekar merupakan kegiatan ziarah ke makam para leluhur di Jawa Tengah. Merupakan tradisi Ramadan unik di Indonesia, kegiatan yang satu ini sering dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan. Nyandaran sendiri merupakan tradisi pembersihan dan juga tabur bunga.

Megengan, Surabaya

Tradisi asal Surabaya ini terbilang cukup unik. Megengan merupakan tradisi memakan kue apem sebagai bentuk untuk menyucikan diri sebelum memasuki bulan Ramadan. Kata apem sendiri merupakan pelafalan dari kata afwan, yang dalam bahasa Arab memiliki arti “maaf”. Selain memakan kue apem, para masyarakat juga melakukan tahlilan untuk mendoakan mendiang saudara yang telah berpulang terlebih dahulu.

Demikian kelima tradisi Ramadan unik di Indonesia yang bisa Anda ketahui. Meskipun Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pastikan Anda dan keluarga tetap menjaga kesehatan serta mengonsumsi makanan yang bergizi.

Selain itu, demi mempersiapkan diri menjelang Hari Raya Lebaran nanti, Anda juga bisa memiliki perlindungan yang tepat untuk Anda dan keluarga. Salah satunya yang bisa dijadikan pilihan yakni Asuransi Jiwa komprehensif seperti PRULink Syariah Generasi Baru dari Prudential Indonesia. Memberikan manfaat perlindungan jiwa serta Unit Link yang senantiasa menjaga kesejahteraan Anda sekeluarga selama bulan suci Ramadan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa Prudential yang Wajib Diketahui

Back to Top