Hal Penting yang Perlu Dipahami Tentang Asuransi Syariah di Indonesia

Belakangan konsep syariah mencuat di Indonesia dalam beragam lini, termasuk di dunia asuransi. Secara umum, konsep syariah merupakan sistem yang menolak adanya riba, apalagi didalam asuransi. Hadirnya Asuransi Syariah kini sedang banyak diminati oleh Masyarakat Indonesia.

Asuransi Syariah secara khusus menghindari konsep gambling atau bertaruh dan cenderung menerapkan sistem risk sharing pada layanannya. Penasaran dengan Asuransi Syariah yang berkembang di Indonesia? Berikut beberapa ulasan yang perlu dipahami.

Mengamalkan Asas Keadilan

Hal pertama yang penting untuk diketahui terkait asuransi dengan sistem ini yakni mengamalkan prinsip keadilan. Kondisi ini disebabkan oleh adanya hak dan kewajiban yang ditanggung oleh masing-masing Nasabah.

Perusahaan asuransi pun akan menjamin keadilan dengan berusaha jujur terhadap setiap Nasabah sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas kepemilikan produk Asuransi Syariah.

Melandasi Sikap Amanah

Berdasarkan hal tersebut, salah satu bagian menarik yang perlu diperhatikan dari perusahaan Asuransi Syariah yang ada di negara ini yakni penerapan sikap amanah yang melandasi seluruh proses pengelolaannya.

Setiap Nasabahnya perlu berlaku jujur dan tidak mengada-ada dalam proses pengajuan klaim. Sementara perusahaan asuransi sendiri tidak mengejar keuntungan semata dan mengambil keputusan sepihak yang bisa merugikan.

Mengandung Prinsip Tolong Menolong

Tidak hanya itu, Asuransi Syariah di Indonesia sendiri pada dasarnya mengandung prinsip tolong menolong. Hal ini menjadi poin penting karena Nasabah yang memilih konsep Asuransi Syariah sebenarnya diwajibkan untuk saling memberi dan membantu satu sama lain.

Ketika salah seorang Nasabah lainnya mengalami musibah dan kerugian, maka dia akan mendapatkan bantuan dari Nasabah lainnya di mana perusahaan asuransi berperan sebagai pengelola dana yang ada sesuai dengan konsep Asuransi Syariah.

Meniadakan Dana Hangus

Terakhir, produk asuransi jenis ini tidak mengenal dana hangus yang biasa terdapat pada Asuransi Konvensional. Jika Anda ingin mencairkan dana yang ada secara tiba-tiba walaupun belum jatuh tempo, maka Asuransi Syariah tetap dapat mengembalikannya sehingga Nasabah lebih terbantu.

Nah, itu tadi beberapa informasi mengenai Asuransi Syariah di Indonesia yang perlu Anda pahami. Siapa sangka bahwa dengan diterbitkannya Fatwa MUI 106/DSN-MUI/X/2016, Wakaf juga dapat dilakukan dengan manfaat asuransi dan investasi sekaligus?

Hal ini bisa Anda dapatkan melalui Asuransi Jiwa Syariah. Adapun salah satu Asuransi Syariah terbaik di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan yakni Program Wakaf dari Prudential. Hadirnya Asuransi Syariah Prudential ini menjadi wujud dari komitmen ‘We Do Good’ atau ‘Kami Mewujudkan Kebajikan’ dengan meluncurkan Program Wakaf dari PRUSyariah.

Tawaran ini pun berlaku bagi Nasabah dan calon Nasabah dalam menyalurkan Wakaf. Manfaat Polis yang dapat diwakafkan berupa santunan Asuransi Meninggal Dunia serta nilai tunai Polis yang terbentuk saat Peserta Utama meninggal dunia dan pengajuan klaim telah disetujui oleh Prudential Indonesia.

Ada beberapa pilihan Program Wakaf dan ketentuannya yang juga perlu diketahui antara lain wakaf santunan asuransi meninggal dunia, wakaf nilai tunai, serta wakaf santunan asuransi manfaat meninggal dunia dan nilai tunai. Menarik, kan?

Back to Top