Jangan Salah Pilih! Ini Ciri-ciri Asurani Kesehatan Syariah Terbaik untuk Keluarga

Industri asuransi Indonesia tampak kian menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya kesadaran masyarakat untuk mulai memiliki Asuransi Kesehatan. Setelah produk Asuransi Kesehatan konvensional, kini produk Asuransi Kesehatan Syariah mulai diminati.

Asuransi Kesehatan Syariah sendiri pada dasarnya merupakan produk asuransi yang menjunjung asas saling membantu antara satu Nasabah dengan Nasabah lainnya dan seluruh kerugian tidak sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dari segi bisnis, asuransi jenis ini tetap memiliki core yang sama dengan asuransi konvensional yakni proteksi risiko. Pengelolaan risikonya dilakukan dengan prinsip Sharing of Risk di mana risikonya dibagi rata antara perusahaan dan Nasabah.

Bagi Anda yang sedang mencari Asuransi Kesehatan Syariah terbaik untuk keluarga, ada baiknya jika memahami dengan baik ciri-cirinya terlebih dahulu. Pasalnya, saat ini ada beragam produk asuransi yang tersedia sehingga diperlukan ketelitian sebelum menetapkan produk yang diinginkan. Apa saja ciri-ciri tersebut? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Lebih Transparan

Tanda-tanda pertama yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi jenis ini yakni produk tersebut harus lebih transparan. Berbeda dengan asuransi lainnya, Asuransi Kesehatan Syariah menerapkan pengelolaan dana yang membagi seluruh porsi secara jelas di awal.

Jumlah porsi untuk pengelola dan porsi untuk risiko yang dibagi ke para pemegang Polis harus dibagi jelas. Sebagai contoh, persentase untuk Tabarru’ 70% dan 30% persentase Ujrah. Pembagian yang transparan inilah yang membedakan Asuransi Kesehatan Syariah dengan produk asuransi lainnya.

Tidak Ada Istilah Dana Hangus

Penanda lain dari Asuransi Syariah yang baik yakni tidak adanya istilah dana hangus. Pasalnya, Nasabah asuransi kesehatan syariah dimungkinkan untuk mendapatkan uangnya kembali bahkan sebelum jatuh tempo. Konsep yang diterapkan produk ini merupakan konsep Wadiah (titipan) di mana dana yang ada dapat dikembalikan, sekalipun Anda memilih Asuransi Kesehatan Syariah premi murah.

Lebih Adil dan Menguntungkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, asuransi ini menerapkan prinsip Sharing Of Risk. Dana Tabarru’ yang ada lebih menguntungkan dan dibagi secara adil karena risikonya bukan terletak pada perusahaan, tapi juga kepada para Nasabah.

Perjanjian Tertuang di Kontrak Wakalah

Terakhir, seluruh perjanjian, mekanisme yang ada, serta aturan-aturan lainnya tertuang di kontrak Wakalah (perwakilan). Hal inilah yang menjadi tanda-tanda lain dari produk asuransi syariah yang baik untuk Anda dan keluarga.

Demikian tadi beberapa ciri-ciri Asuransi Kesehatan Syariah keluarga yang perlu dipahami agar Anda tidak salah dalam memilih. Adapun salah satu pilihan Asuransi Kesehatan Syariah terbaik yang dapat Anda manfaatkan dengan keluarga adalah PRUPrime Healthcare Plus Syariah dari Prudential.

PRUPrime Healthcare Plus Syariah adalah produk Asuransi Tambahan (Riders) yang memberikan solusi lengkap untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Produk ini sendiri dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia serta menawarkan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan Anda.

Ada beragam manfaat yang ditawarkan Asuransi Kesehatan Syariah Prudential ini mulai dari fleksibilitas dalam memilih tipe dan batas harga kamar rawat inap, batas tahunan yang mencapai Rp65 miliar, hingga adanya Pre & Post untuk setiap tindakan bedah rawat jalan dan rawat inap.

Selain itu, Nasabah juga memiliki kesempatan kunjungan dokter per hari lebih banyak dengan dua kali kunjungan dokter per hari serta dua kali kunjungan dokter spesialis per jenis spesialisasi per hari. Klaim di luar wilayah asuransi yang Anda ajukan tetap dibayarkan sehingga produk ini jauh lebih komprehensif.

Back to Top