Ketahui Jenis-jenis Asuransi Jiwa Konvensional yang Ada di Indonesia

Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar yang namanya Asuransi Jiwa Konvensional dan Asuransi Jiwa Syariah, namun masih bingung tentang perbedaan di antara kedua asuransi tersebut. Tapi tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena akan dijelaskan di bawah  ini.

Perbedaan mendasar antara Asuransi Jiwa Syariah dan Asuransi Jiwa Konvensional terletak pada dasar dan cara mengelola dana asuransi. Asuransi Jiwa Syariah adalah Asuransi Jiwa yang memiliki prinsip dasar saling tolong menolong dan melindungi masing-masing Nasabah melalui kontribusi dana yang dinamakan Dana Tabarru.

Dana Tabarru merupakan kumpulan dana kebajikan dari uang kontribusi para peserta Asuransi Jiwa Syariah yang setuju untuk saling bantu jika risiko terjadi di antara mereka. Dana ini pun dikelola sesuai dengan prinsip ajaran islam.

Perbedaan Asuransi Jiwa Konvensional dan Asuransi Jiwa Syariah yakni Asuransi Syariah menghindari gharar atau ketidakpastian, riba atau tambahan, dan maysir atau judi. Hasilnya, Nasabah Asuransi Jiwa Syariah akan terhindar dari hal-hal yang bertentangan dalam hukum Islam.

Sementara pada Asuransi Jiwa Konvensional perusahaan akan memiliki kewenangan penuh dalam pengelolaan dan penggunaan dana asuransi tersebut. Terdapat beberapa jenis Asuransi Jiwa Konvensional yang wajib Anda ketahui yakni antara lain:

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi Jiwa Konvensional yang pertama adalah Asuransi Jiwa berjangka atau yang biasa dikenal dengan nama Term Life Insurance. Asuransi ini merupakan produk Asuransi Jiwa yang memberikan proteksi kepada Nasabah dalam kurun waktu tertentu.

Asuransi Jiwa Konvensional menawarkan berbagai macam waktu perlindungan kepada para nasabahnya, mulai dari 5, 10, sampai 20 tahun. Produk ini pun cenderung murah karena hanya memberikan perlindungan pada waktu Anda membayar premi saja.

Beberapa kelebihan Asuransi Jiwa berjangka atau Term Life Insurance antara lain Anda sebagai pemegang Polis akan mendapatkan kebebasan dalam menentukan jumlah premi yang akan dibayarkan sesuai kemampuan Anda serta uang pertanggungannya pun cenderung tinggi.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi Jiwa Konvensional berikutnya adalah Asuransi Jiwa seumur hidup atau yang lebih dikenal dengan nama Whole Life Insurance. Jenis Asuransi Jiwa yang satu ini akan memberikan perlindungan atau proteksi seumur hidup, meskipun terdapat jangka waktu hingga 100 tahun. Asuransi Jiwa ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan manfaat lebih dari santunan kematian atau yang memiliki ide tabungan jangka panjang.

Kelebihan Asuransi Jiwa Konvensional yang satu ini yaitu pemegang Polis akan mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan pada jangka waktu tertentu. Selain itu, premi asuransi yang Anda bayarkan tidak akan hangus jika tidak ada klaim dan uang asuransi akan diberikan seluruhnya saat kontrak berakhir.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Selain 2 Asuransi Jiwa di atas, Asuransi Jiwa konvensional berikutnya yakni Asuransi Jiwa Dwiguna atau yang dikenal dengan nama Endowment Insurance. Asuransi ini memiliki dua manfaat yaitu sebagai Asuransi Jiwa berjangka dan tabungan. Produk ini dapat memberikan pemegang Polis nilai tunai dari premi asuransi yang sudah Anda bayarkan berupa Uang Pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu sesuai dengan kebijakan Polis Asuransi yang bersangkutan sebelum masa kontrak berakhir.

Kelebihan Asuransi Jiwa Dwiguna yaitu bisa mengklaim Polis Asuransi Jiwa sebelum masa kontrak Anda berakhir, sebagai contoh untuk dana pendidikan. Penarikan dana hanya bisa dilakukan sekali dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Tertanggung pun akan mendapatkan Uang Pertanggungan jika masih hidup saat jangka waktu asuransi berakhir.

Demikian tadi 3 jenis Asuransi Jiwa Konvensional yang ada di Indonesia. Jika ingin mencari Asuransi Jiwa Konvensional yang memiliki banyak manfaat, Anda bisa mencari di Prudential Indonesia. Selain menawarkan Asuransi Jiwa Konvensional, Prudential Indonesia juga memiliki Asuransi Jiwa Syariah yang sesuai dengan kebutuhan.

Back to Top