Manfaat Asuransi Syariah yang Sebaiknya Diketahui | Prudential Indonesia

Manfaat Asuransi Syariah yang Sebaiknya Diketahui

Perkembangan dunia asuransi di Indonesia kini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan adanya beragam jenis produk asuransi yang tersedia saat ini. Salah satu produk yang banyak diminati belakangan yaitu, Asuransi Syariah. Ada banyak ragam manfaat dari Asuransi Syariah yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memilihnya. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Mempraktikkan Sistem Wadiah

Keuntungan Asuransi Syariah yang tidak dimiliki oleh jenis asuransi lainnya yakni praktik sistem Wadiah. Secara umum, Asuransi Syariah  tidak mengenal dana hangus, namun sistem Wadiah mengenalkan dana yang ada sebagai dana titipan dan akan dikembalikan ke rekening nasabah.

Sistem ini pun menawarkan potensi keuntungan yang lebih besar di mana para Nasabah akan menerima kembali Premi yang ada hingga saat jatuh tempo dan belum ada klaim.

Menerapkan Konsep Risk Transfer, Bukan Risk Sharing

Jika Asuransi Konvensional menerapkan Risk Transfer yang melimpahkan kerugian ke pihak lain, maka Asuransi Syariah  menggunakan Risk Sharing. Hal ini pun menjadi salah satu kelebihan Asuransi Syariah  yang paling fundamental. Penerapan konsep ini membagi seluruh risiko yang ada ke semua pihak sehingga hasilnya lebih adil.

Tingginya Sistem Bagi Untung yang Ditawarkan

Masih terkait dengan kelebihan sebelumnya, Asuransi Syariah pada dasarnya mempunyai sistem bagi untung yang tinggi. Pasalnya, asuransi jenis ini tidak membolehkan seorang nasabah pun mengalami kerugian finansial. Ketika Premi telah jatuh tempo, perusahaan pun akan membagikan pokok Premi dan bunga berdasarkan Akad sebelumnya.

Mengenai pembagiannya pihak asuransi akan menjelaskan mekanisme ini secara detail sehingga tidak terjadi kesalah pahaman. Pasalnya, setiap perusahan memiliki aturannya masing-masing.

Menawarkan Satu Polis untuk Satu Keluarga

Menariknya, satu Polis Asuransi Syariah ternyata dapat dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Apalagi dengan sistem cashless yang diterapkan sehingga seluruh proses pengobatan jadi jauh lebih mudah tanpa perlu repot membawa uang tunai.

Itu tadi beberapa informasi terkait keunggulan Asuransi Syariah yang perlu diperhatikan. Siapa sangka bahwa selain memiliki produk Asuransi Syariah Anda juga dapat melakukan Wakaf?

Bagi Anda yang belum tahu, Prudential Indonesia meluncurkan Program Wakaf dari PRUSyariah dengan menawarkan berbagai pilihan Nasabah dan calon Nasabah dalam menyalurkan Wakaf sekaligus Asuransi Syariah . Semoga informasi ini bermanfaat!

Back to Top