Nggak Pake Ribet! Begini Cara Mudah Klaim Asuransi Syariah yang Bisa Anda Lakukan

Tak hanya dalam Asuransi Konvensional saja, pastinya di dalam Asuransi Syariah pun juga dikenal proses klaim. Proses ini merupakan bentuk permohonan dari keluarga atau ahli waris tertanggung kepada Perusahaan Asuransi untuk mendapatkan bayaran sesuai Akad yang telah dilakukan sebelumnya.

Klaim Asuransi Syariah pun terbilang tidak mudah dilakukan karena perusahaan akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan mendalam. Maka dari itu, pihak keluarga perlu mengetahui prosedur klaim Asuransi Syariah yang tepat agar klaimnya dapat diterima. Seperti apa caranya? Yuk, cek langkah-langkahnya di bawah ini!

Sampaikan ke Perusahaan Asuransi

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin mengajukan klaim yakni menyampaikan ke Perusahaan Asuransi bahwa pihak yang tertanggung telah wafat. Setelah itu, Perusahaan Asuransi akan meminta surat kematian yang biasanya diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. Surat kematian ini biasanya memuat mengenai identitas orang yang wafat, lokasi dan waktu wafat, serta penyebab meninggalnya.

Klarifikasi Data dan Dokumen

Ketika seseorang ingin mengajukan klaim dalam Asuransi Syariah, maka perusahaan akan melakukan klarifikasi data dan dokumen tertanggung. Namun sebelumnya, Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan klaim. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan benar dan lengkap. Penuhi pula seluruh dokumen pendukung yang diminta, khususnya Polis Asuransi yang asli.

Survei Lapangan Perusahaan Asuransi

Untuk memastikan seluruh data dan dokumen tersebut benar, Perusahaan Asuransi juga akan mengadakan survei lapangan tempat tinggal pihak tertanggung. Apabila semua data yang diberikan telah akurat dan valid, maka pihak perusahaan akan langsung memproses pembayaran klaim dengan besaran yang telah ditentukan sebelumnya dalam Akad.

Nah, itu tadi beberapa prosedur klaim Asuransi Syariah yang dapat diikuti. Yang jelas, perlu dicatat bahwa setiap proses klaim akan berbeda untuk setiap Perusahaan Asuransi. Salah satu yang paling mudah yakni klaim Asuransi Prudential Syariah melalui produknya PRUPrime Healthcare Plus Syariah.

PRUPrime Healthcare Plus Syariah sendiri merupakan produk Asuransi Tambahan (Riders) yang menawarkan solusi lengkap untuk perlindungan kesehatan. Produk yang dirancang khusus untuk memberikan jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia ini juga  serta menawarkan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan Anda. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi repot melakukan klaim Asuransi Syariah.

Back to Top