Tips Memilih Asuransi Pendidikan Syariah yang Baik Untuk Anak

Sebagai Orang Tua, Anda menginginkan anak-anak mendapatkan pendidikan terbaik dan keberkahan di jalan Allah SWT. Untuk itu Anda bersedia mengalokasikan dana asuransi. Tetapi tidak mudah menemukan Asuransi Pendidikan Syariah yang sejalan dengan syariat Islam.

Tidak bisa dipungkiri, ada rasa bimbang dalam memilih Asuransi Pendidikan Syariah. Karena tak sedikit yang mengatakan asuransi terkait riba atau produk syariah tidak benar-benar menjalankan syariat Islam. Ditambah lagi ketakutan Nasabah dengan kasus perusahaan asuransi tidak bisa membayar klaim.

Di sisi lain, Anda ingin memberikan perlindungan sekaligus menyiapkan pendidikan terbaik untuk anak-anak. Langkah yang perlu Anda ambil adalah tetap menggunakan jasa asuransi. Tetapi pilih produk Asuransi Pendidikan Syariah yang baik untuk anak-anak. Ini panduannya:

Sesuai Syariat

Asuransi Pendidikan Syariah adalah produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan dan pendidikan. Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 21/DSN-MUI/X/2001, Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariat Islam.

Dengan fatwa ini, Asuransi Syariah dipastikan halal. Dipastikan juga asuransi tidak terkait riba. Proses pelaksanaannya pun diawasi oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Sesuai Kebutuhan

Setelah yakin dengan kehalalannya, pilih Asuransi Pendidikan Syariah terbaik buat anak-anak Anda. Bandingkan beberapa asuransi mengenai keuntungan, fasilitas, serta premi. Sesuaikan pula dengan kebutuhan Anda dan anak-anak. Jangan sampai memilih asuransi yang manfaatnya tidak Anda perlukan. Hal itu hanya membuat manfaat mubazir dan mubazir dibenci oleh Allah.

Perubahan Ekonomi

Salah satu tujuan memiliki Asuransi Pendidikan Syariah adalah mengantisipasi perubahan kondisi ekonomi, yaitu faktor inflasi. Hal itu dapat dibuktikan dengan biaya pendidikan yang selalu naik setiap tahun. Dengan berasuransi, Anda sudah mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak.

Lengkapi dengan Investasi

Pada umumnya, manfaat asuransi pendidikan bersatu pada Asuransi Jiwa. Di mana Asuransi Jiwa memberikan manfaat investasi. Return investasi dapat Anda gunakan kembali untuk keperluan sekolah.

Meski demikian perlu diingat, tujuan asuransi ini berfokus kepada perlindungan sekaligus pendidikan. Walau memiliki manfaat investasi, nilainya pun tidak sebesar instrumen investasi lain. Jika ingin nilai investasi besar, risikonya pun akan besar, dan manfaat perlindungan untuk pendidikan menjadi tidak maksimal.

Idealnya, orang tua membekali anak-anak dengan perlindungan dan pendidikan terbaik sesuai syariat. Sehingga mereka menjadi orang berilmu dan berguna bagi agama. Produk yang selaras dengan tujuan mulia ini adalah Asuransi Pendidikan Syariah dari Prudential Indonesia, PRULink Syariah Edu Protection.

PRULink Syariah Edu Protection adalah produk Asuransi Jiwa merangkap investasi (Unit Link) yang memberikan manfaat perlindungan orang tua dan anak dalam satu polis komprehensif. Di sisi lain, asuransi juga bermanfaat sebagai investasi dalam bentuk nilai tunai.

Ketika merencanakan pendidikan anak-anak, Anda membantu mereka untuk mengembangkan potensinya. Dan mengawali pendidikan dengan niat baik, Insya Allah menghasilkan anak-anak yang baik pula.

Back to Top