Girls dancing happily
Dance for Wellness

10 Manfaat Kesehatan Menari

Menari merupakan sesuatu yang menyenangkan, tapi apakah kamu tahu bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari menari?

Pergerakan yang konstan bukan hanya baik untuk kesehatan fisikmu, namun juga untuk kesehatan mentalmu! Kami memiliki 10 alasan menarik agar kamu mau terus menari (walaupun kamu merasa tidak bisa menari atau seorang amatir).

Menari dapat membuat: 

1. Kesehatan Otak Kamu Lebih Baik

Sebuah studi yang dilakukan oleh The New England Journal of Medicine menemukan bahwa menari dapat meningkatkan daya ingat kamu dan bahkan dapat mencegah timbulnya demensia[1,2]. Penelitian lain juga menemukan bahwa latihan aerobik dapat mengembalikan volume otak yang mengontrol memori (hipokampus), yang cenderung menyusut ketika masa dewasa akhir [1]. Meluangkan waktu untuk mengingat langkah-langkah dan perubahan gerakan tarian juga merupakan cara yang bagus untuk melatih otak kamu, berapapun usia kamu. Para ilmuwan telah menemukan bahwa keterampilan kognitif seperti perencanaan dan pengorganisasian dapat meningkat dengan latihan menari [3]

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan pada tarian dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi kekakuan pada tubuh. Namun, jangan sampai terlalu memaksakan diri ya, bahkan peregangan sederhana dalam menari juga sudah bisa membantu meredakan nyeri sendi dan nyeri akibat latihan lain yang lebih berat [1].

3. Mengurangi Stres

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Applied Gerontology menyatakan bahwa tarian berpasangan dengan diiringi musik dapat menghilangkan stres [1]. Studi lain menunjukkan hasil yang serupa, beberapa tarian dapat meningkat hormon serotonin pada tubuh, yang dapat memperbaiki mood kamu [2].

4. Mengurangi Depresi

Sebuah studi yang mengamati efek tarian pada pasien yang mengalami depresi menemukan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam tarian kelompok dengan musik ceria menunjukkan jumlah gejala depresi yang paling sedikit pada pasien tersebut dan mereka menjadi lebih energik seperti tariannya[1].

5. Menurunkan Berat Badan

Gerakan yang cepat bisa mempengaruhi penurunan berat badan. Sebuah studi dari The Journal of Physiological Anthropology menyatakan bahwa gerakan seperti aerobik dapat menurunkan berat badan sebanyak jika kamu bersepeda atau jogging [1]

6. Menambah Energi

Hasil riset dari The Scholarly Publishing dan Academic Resources Coalition menyatakan bahwa jika kamu melakukan program mingguan untuk menari, hal tersebut dapat meningkatkan performa fisik pada orang dewasa dan menaikkan level energi mereka[1]

7. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Tentu saja, semakin cepat tempo menari kamu, semakin cepat pula detak jantung kamu, yang dapat mengarah ke peningkatan kesehatan jantung menjadi lebih kuat dan sehat [2].

Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa orang dengan gagal jantung yang mulai berlatih tarian waltzing memiliki kesehatan jantung, pernapasan, dan kualitas hidup yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya bersepeda atau berjalan di atas treadmill. [1]

8. Koordinasi, Kekuatan & Keseimbangan Yang Lebih Baik

Menari membutuhkan kamu untuk melakukan gerakan yang cepat dengan postur yang tepat, yang mana dapat membantu kamu meningkatkan kontrol pada tubuhmu sendiri [1]. Selain itu, ada 3 bidang gerakan utama pada tubuh; Tidak seperti gerakan sederhana seperti berjalan kaki dan bersepeda, yang hanya melibatkan bidang sagital tubuh kamu, menari melatih tubuh kamu dari semua bidang, yang berarti semua otot kamu terlibat, bukan hanya beberapa [2]. Jika kamu takut jatuh saat usia kamu lebih tua, menari juga dapat meredakan beberapa kekhawatiran tersebut. Sebuah studi di Journal of Aging and Physical Activity menunjukkan bahwa menari tango dapat meningkatkan keseimbangan di antara orang dewasa yang lebih tua [1]

9. Meningkatkan Kesehatan Sosial & Emosional 

Dalam kelas tari, kamu dapat bertemu dengan teman baru yang dapat meningkatkan lingkup sosial kamu! Memiliki hubungan positif merupakan kontribusi terbesar dalam faktor meningkatkan kesehatan mental - hal tersebut dapat meningkatkan rasa bahagia, mengurangi stres, dan bahkan dapat mengarah ke sistem imun yang lebih kuat [1, 3]

10. Tingginya Kepercayaan Diri

Studi menyatakan bahwa para penari cenderung menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi[2].

Menari dapat bermanfaat bagi orang-orang dari segala usia. Misalnya, berdansa dapat dilakukan oleh orang dengan keterbatasan mobilitas atau masalah kesehatan kronis, sementara tarian lainnya memungkinkan anak-anak mengekspresikan diri dengan bebas, mengeluarkan energi, dan melatih disiplin dengan menghafal dan mempelajari langkah-langkah tertentu [2].

Maka dari itu, pasang musik kesukaanmu, dan mulailah menari! Jadikan kegiatan menari bagian dari rutinitas untuk hidup yang lebih sehat.

 

Referensi:
1. Everyday Health. 2021. 9 Health Benefits of Dance. [online]
Available at: https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/health-benefits-of-dance.aspx [Accessed 1 March 2021].
2. Edwards, D. and Edwards, D., 2020. Benefits of Dance For Mental and Physical Health. [online] Primal Play.
Available at: https://www.primalplay.com/blog/benefits-of-dance-for-physical-and-mental-health [Accessed 1 March 2021].
3. Lindberg, S., 2019. 8 Benefits of Dance. [online] Healthline.
Available at: https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-dance#benefits [Accessed 1 March 2021].