Program Pemberdayaan Bagi Indonesia Timur

Prudential Indonesia memperkenalkan program “Pemberdayaan Indonesia Timur” pada tanggal 13 Agustus 2018, di bawah inisiatif Community Investment, yang menyajikan dukungan solusi atas tantangan-tantangan sosial masyarakat Indonesia Timur.

Community Investment adalah salah satu fokus utama Prudential untuk membawa dampak nyata dan mendukung masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik, melalui beragam program di bidang pendidikan, filantropi, kesehatan dan keselamatan, serta pemberdayaan Indonesia Timur. Menurut data terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS), per Maret 2018, 27,74% penduduk Papua masih hidup dalam kemiskinan, dan 63.770 orang Papua menganggur. Sebuah survei Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index - HDI) oleh BPS yang terbentuk atas empat komponen indikator, yaitu angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita disesuaikan, juga menunjukkan bahwa Papua adalah salah satu daerah yang indeks HDInya paling rendah di Indonesia, mengingat kondisi yang menantang dalam sejumlah aspek mendasar kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, pendapatan, kondisi rumah, dan keselamatan.

Survei Literasi dan Inklusi Keuangan oleh OJK pada tahun 2016 juga mencatat bahwa pengetahuan mengenai keuangan untuk hampir keseluruhan Indonesia Timur lebih rendah dibandingkan wilayah-wilayah lain.Papua Barat menduduki peringkat terendah di 19.27% dan Papua 22,18%.

Melalui kemitraan strategis dengan Prestasi Junior Indonesia untuk melaksanakan program Pemberdayaan Indonesia Timur, Prudential akan fokus pada kewirausahaan sebagai program unggulan dengan melihat dan menilai langsung ke lapangan untuk memastikan areaarea di mana dan kelompok masyarakat mana yang akan menjadi wilayah target dan penerima manfaat selama tiga tahun ke depan.

Upaya dan komitmen Community Investment Prudential Indonesia melalui program Pemberdayaan Indonesia Timur, diharapkan dapat memperluas jangkauan geografis di Indonesia dalam membangun masyarakat yang lebih mandiri,berdaya dan sejahtera. Kegiatan tanggung jawab sosial Prudential Indonesia sudah berjalan selama belasan tahun lamanya, bekerja sama dengan pemerintah, regulator, organisasi-organisasi nirlaba dan pemangku kepentingan lainnya.

Dengan peluncuran program ini,Prudential menandai perjalanan Community Investment berikutnya, dengan memperluas fokus ke Indonesia Timur untuk memberikan dukungan solusi yang dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan sosial di kawasan tersebut.

CI - Papua

Inisiatif Community Investment Prudential Indonesia ini didukung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia. Prof Bambang Brodjonegoro turut hadir dan memberikan keynote speech.

Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh Bapak Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, rekan-rekan mitra Prudential, rekan-rekan media dan blogger.  

 

Back to Top