Dorong Pertumbuhan Pengusaha Muda di Papua, Prudential Indonesia Terapkan Program Pendidikan dan Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Kurikulum Internasional

1

2

3

4

1
2
3
4

Prudential Indonesia menjadi perusahaan asuransi pertama yang mempersembahkan program berkesinambungan untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda di wilayah Timur Indonesia melalui kemitraan dengan Prestasi Junior Indonesia

 

Jayapura, 2 Mei 2019 – Hari ini, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) melaksanakan inaugurasi kepada 60 orang calon pengusaha muda peserta program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang pertama. Program ini merupakan perwujudan pilar Pemberdayaan Indonesia Timur, bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia untuk memberdayakan dan menyejahterakan komunitas secara berkelanjutan selama tiga tahun ke depan. Program ini menerapkan kurikulum internasional yang telah diimplementasikan di lebih dari 100 negara dan kini disesuaikan khusus untuk masyarakat Papua.

Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia menjelaskan, “Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini sejalan dengan fokus perusahaan yaitu “We DO Good” (komitmen untuk mewujudkan kebajikan dan memberdayakan masyarakat). Beragam kegiatan tanggung jawab sosial telah kami jalankan selama lebih dari 18 tahun, dan sejak 2018 kami melebarkan jangkauan geografis program berkesinambungan kami dengan mendukung wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua.

Melalui pilar ‘Pemberdayaan Indonesia Timur’, Prudential Indonesia memberikan dukungan solusi atas tantangan-tantangan sosial di masyarakat Indonesia Timur. Secara spesifik, Rinaldi menyebutkan sasaran yang dituju adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua. “Bersama Prestasi Junior Indonesia, sejumlah program telah mulai dijalankan, antara lain Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan khusus untuk generasi muda Papua,” ujarnya.

Saat ini pemerintah sedang gencar menggalakkan ekonomi kerakyatan karena terbukti membantu mendorong penguatan ekonomi secara nasional. Tercatat jumlah UMKM juga sangat dominan, mencapai hingga 99% aktivitas bisnis di Indonesia, dengan lebih dari 98 persen berstatus usaha mikro. Keberadaan UMKM kuat karena tersebar di seluruh negeri, bahkan mempekerjakan lebih dari 107,6 juta penduduk Indonesia dan berkontribusi 60,6 persen terhadap PDB Indonesia[1].

Oleh karena itu, penting untuk mendukung tumbuhnya ekonomi kerakyatan dengan mulai membangun wilayah-wilayah yang potensial secara merata, seperti di Papua. Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia menjelaskan, “Generasi muda Jayapura sangat potensial untuk menjadi pengusaha, tercatat ada 18 ribu UMKM di Jayapura pada tahun lalu.[2] Untuk terus mengoptimalkan potensi ini, kita perlu melakukan pembinaan yang tepat, terpadu dan berkelanjutan. Pandangan mengenai wirausaha sebagai pilihan sumber pendapatan berkelanjutan juga perlu diedukasi kepada kaum muda. Bisnis yang dikembangkan secara konsisten tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, bahkan komunitas sekitar.”

“Pengusaha muda terpilih akan dibina secara intensif selama 9 bulan oleh coach PJI dan mentor pengusaha profesional melalui program kewirausahaan yang diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Amerika Serikat. Sejumlah modul, alat dan metode pembelajaran telah diadaptasi khusus untuk Prudential Indonesia demi memenuhi kebutuhan kaum muda di Jayapura,” tambahnya.

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang merupakan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi anak muda Kota Jayapura yang berusia 18 – 35 tahun ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan pengusaha muda asli Papua yang tangguh, kreatif, berdaya saing dan mampu menjawab tantangan zaman.

Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh para peserta diantaranya adalah “Business Motivation Workshop” untuk membangun semangat kewirausahaan, “Financial Literacy Workshop” untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap pengelolaan keuangan, dan “Business Model Canvas Workshop” sebagai pelatihan untuk menyusun strategi bisnis yang akan dikembangkan.

Di sela-sela inaugurasi, DR. Drs. Benhur Tommy Mano, MM, Wali Kota Jayapura turut menyampaikan dukungannya terhadap program ini. “Kami mengapresiasi inisiatif Prudential Indonesia dalam menghadirkan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang makin melengkapi upaya kami dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran melalui penciptaan lapangan kerja dari sektor usaha mikro, kecil dan menengah. Pertumbuhan ekonomi dari sektor ini pula diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi penerimaan pendapatan asli daerah. Selamat bagi 60 kaum muda Jayapura yang telah terpilih dan dikukuhkan hari ini. Gali terus potensi lokal dan berdayakan pula lingkungan di sekitarmu. Kobarkan semangat wirausahamu dan tetaplah optimis. Bersama kita bangun kota kita tercinta, Jayapura, dan tanah Papua menjadi lebih baik!” serunya.

“Ke depannya, para peserta program dapat memberikan efek snow ball dengan menginspirasi sekitarnya dan diharapkan mampu membantu pemerintah mencapai target pembangunan ekonomi Indonesia, salah satunya yaitu target pencapaian minimal 4% pertumbuhan pengusaha baru dari jumlah penduduk yang ada. Hal ini penting sebagai dukungan kepada Indonesia untuk masuk dalam 10 besar negara-negara ekonomi di Asia dan Indonesia Emas pada 2045,” tutup Rinaldi.

 

###

 

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, London – Inggris. Di Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA), yang berkedudukan di Hong Kong. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

 

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya pada 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia telah mendirikan Unit Usaha Syariah sejak 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

 

Hingga 31 Desember 2018, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 404 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Sampai akhir 2018 Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,1 juta nasabah yang didukung oleh lebih dari 250.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

 

Luskito Hambali

Chief Marketing Officer

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta 12910

Phone / Fax   : 021 2995 8888 / 021 2995 8855

E-mail           : [email protected]

 

[1] https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/200246326/umkm-mampu-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi

[2] https://kabarpapua.co/hingga-2018-ada-18-ribu-pelaku-umkm-di-kota-jayapura/

Back to Top