Program Financial Literacy dari Prudential Indonesia untuk Pengusaha Perempuan Mikro

press_release_2009.jpg_1170359899

press_release_2009.jpg_1170359899

Jakarta, 16 Oktober 2009 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) – bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan internasional terkemuka yang berpusat di London, Inggris – hari ini meluncurkan program Financial Literacy di Indonesia sebagai bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial global perusahaan. Acara peluncuran program, yang merupakan program pertama Prudential bekerja dengan para pengusaha perempuan mikro (pemilik toko), bekerjasama dengan Departemen Perdagangan dan PD Pasar Jaya (perusahaan BUMN yang mengelola pasar-pasar tradisional di Jakarta) ini, dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang memiliki penghasilan per bulan sekitar 1,5 hingga 2 juta Rupiah.
 
Kaum perempuan dewasa ini semakin banyak memegang tanggung jawab yang besar terhadap kondisi keuangan mereka. Oleh karenanya, sangatlah penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman mengenai dasar-dasar keuangan serta beberapa konsep lanjutan guna menghindarkan mereka dari penipuan finansial, masalah hutang, dan membantu menjaga kesejahteraan hidup mereka. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Prudential memprakarsai program Financial Literacy untuk perempuan dengan tujuan mendidik dan membantu mereka untuk memahami dan mengelola keuangan mereka.
 
Kevin Holmgren, Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan: “Para perempuan yang berpartisipasi dalam program Financial Literacy Prudential ini diharapkan mendapatkan kesadaran dan pemahaman yang lebih baik mengenai konsep-konsep keuangan setelah mengikuti sesi ini.”
 
Mengidentifikasi peserta yang tepat adalah langkah awal yang penting bagi Prudential dalam menyelenggarakan peluncuran program Financial Literacy ini. Menyadari bahwa sebagian perempuan cenderung berasumsi bahwa pendapatan mereka yang terbatas hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar, Prudential memfokuskan program Financial Literacy ini kepada para perempuan yang memiliki pendapatan per bulan antara 1,5 hingga 2 juta Rupiah.

Melihat dinamika di pasar tradisional dan banyaknya jumlah perempuan yang aktif dalam usaha tersebut, Prudential memfokuskan peluncuran program ini untuk membantu para pengusaha perempuan mikro dalam meningkatkan keahlian keuangan mereka.

“Kami gembira dengan tanggapan positif dan kerjasama dari Departemen Perdagangan Indonesia dan PD Pasar Jaya terhadap program yang bertujuan untuk berbagi tips pengelolaan keuangan yang lebih baik, dimana para pengusaha perempuan mikro (pemilik toko) diharapkan akan memiliki kehidupan yang lebih baik dan sejahtera, dengan cara mengubah perilaku keuangan mereka menjadi lebih baik,” tambah Kevin.
 
Acara peluncuran Financial Literacy Prudential yang mengikutsertakan pengusaha perempuan mikro ini diresmikan oleh Menteri Perdagangan, Ibu Mari Pangestu. Beliau menyampaikan dalam kata sambutannya: “Kami menghargai inisiatif capacity building yang dilakukan Prudential Indonesia untuk memberikan pengetahuan dasar-dasar keuangan bagi para pengusaha perempuan di pasar tradisional di Jakarta. Dengan memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang memadai, kami berharap para pengusaha perempuan tidak saja mampu mengontrol keuangan pribadi mereka tetapi juga kemampuan manajemen keuangan untuk usaha mereka, yang akan membantu mereka berkembang lebih baik, dalam kehidupan pribadi maupun profesional.”
 
Program Financial Literacy Prudential untuk para pengusaha perempuan mikro dari pasar tradisional ini dibuat berdasarkan tahapan kehidupan, dan informasi dasar yang disajikan dibuat berdasarkan kebutuhan individu yang beragam.


Mengenai Prudential plc and Prudential Corporation Asia
Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: Inggris, Amerika, Asia dan Eropa kontinental.

 

Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 160 tahun dan memiliki produk dana jangka panjang terbesar di Inggris selama lebih dari satu abad. Saat ini, Prudential memiliki lebih dari 22 juta nasabah di seluruh dunia dan mengelola dana lebih dari £245 miliar (Rp4.115 triliun - sampai dengan 30 Juni 2009 – angka yang terakhir dipublikasikan).
 
Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk-produk yang memenuhi kebutuhan akan tabungan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 80 tahun.
 
PCA mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 12 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Di wilayah ini, PCA juga menjangkau lingkup geografis yang lebih luas dengan mengoperasikan bisnis pengelolaan dana di 10 pasar - Cina, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.
 
Per 30 Juni 2009 total penjualan PCA berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) di Asia mencapai £553 juta (Rp 9,23 triliun). Prudential di Asia didukung oleh lebih dari 415.000 jaringan tenaga pemasaran dan karyawan yang melayani kebutuhan keuangan lebih dari 12 juta nasabah.


Mengenai PT Prudential Life Assurance
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa lebih dari 160 tahun dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.
 
Per tanggal 30 Juni 2009, Prudential Indonesia memiliki sekitar 1,100 karyawan, 6 kantor pemasaran (Batam, Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, dan Semarang) dan 183 kantor keagenan. Prudential Indonesia didukung jaringan lebih dari 75,000 agen (terbesar di Indonesia) dan melayani lebih dari 801,000 nasabah..
 
Back to Top