Prudential Indonesia dan BII Jalin Kemitraan Eksklusif Bancassurance [Jakarta]

Penyediaan solusi asuransi tepat guna kepada nasabah BII
 
Jakarta, 10 Maret 2011: PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) hari ini mengumumkan kerja sama strategis secara eksklusif di bisnis bancassurance. Dengan menggabungkan kekuatan hubungan nasabah yang solid dari BII serta solusi asuransi yang sesuai kebutuhan dari Prudential Indonesia, diharapkan kerja sama ini akan dapat menyediakan rangkaian produk proteksi yang lengkap bagi para nasabah BII serta meningkatkan pertumbuhan bisnis bancassurance kedua belah pihak.
 
Prudential Indonesia dan BII melihat adanya ruang pertumbuhan yang menjanjikan di pasar bancassurance di Indonesia. *Catatan data 31 Desember 2010 menunjukkan bahwa jalur distribusi bancassurance di Indonesia yang memberikan kontribusi terhadap perolehan premi sebesar 28% persen terhadap keseluruhan perolehan premi bisnis asuransi jiwa di Indonesia. Di Prudential Indonesia, jalur bancassurance telah memberikan kontribusi sebesar kurang lebih 13 persen dari keseluruhan perolehan premi di tahun 2010.
*source data dari website AAJI : www.aaji.or.id
 
Potensi penjualan produk asuransi, khususnya unit-linked (asuransi terkait investasi), melalui perbankan juga masih cukup besar, terefleksikan dari jumlah dana masyarakat di perbankan yang terus meningkat. Data Bank Indonesia per Desember 2010 (sumber: www.bi.go.id) menyebutkan, jumlah dana pihak ketiga (DPK) di industri perbankan Indonesia sampai akhir 2010 mencapai Rp 2.338,82 triliun. Jumlah tersebut meningkat sekitar 19,89% dibandingkan DPK perbankan tahun 2009 sebesar Rp 1.950,71 triliun.
 
Kerja sama ini diharapkan akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi nasabah BII, di mana mereka dapat memperoleh akses dan kenyamanan layanan terhadap sejumlah portofolio produk unitlink (asuransi terkait investasi) dan ragam produk perlindungan lainnya dari Prudential melalui jaringan luas cabang BII yang berjumlah 329 kantor cabang di seluruh Indonesia.
 
Bagi Prudential, kerja sama dengan BII akan makin memperluas jangkauan kepada masyarakat dalam mensosialisasikan pentingnya perlindungan asuransi serta meningkatkan jaringan bancassurance-nya di Indonesia secara signifikan. Sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa dengan jaringan distribusi utama keagenan, Prudential Indonesia memandang pengembangan landasan jaringan distribusi multi-channel melalui kemitraan dengan bank sebagai strategi bisnis yang sangat penting. Dalam kerja sama ini, Prudential Indonesia juga akan berbagi keahliannya di lingkup manajemen penjualan asuransi jiwa, pelatihan karyawan dan dukungan bagi nasabah untuk mengembangkan pelayanan terbaik di kelasnya bersama BII.
 
Bagi BII, kerja sama dengan Prudential ini sejalan dengan fokus perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan dengan memenuhi beragam kebutuhan nasabah, khususnya kebutuhan akan perlindungan asuransi sekaligus investasi. Dari sisi pertumbuhan bisnis, kerja sama ini diharapkan akan dapat meningkatkan pertumbuhan fee-based income (pendapatan non bunga) perusahaan. Manajemen BII berharap pendapatan non bunga dari jalur bancassurance akan terus meningkat. Pada 31 Desember 2010, total fee based income yang diraih BII sebesar Rp 2,066 triliun, atau sekitar 30 persen dari total pendapatan.
 
William Kuan, President Director Prudential Indonesia mengatakan, “Mengembangkan jalur distribusi Bancassurance untuk dapat menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas merupakan salah satu prioritas bagi kami, dan kami dengan senang hati menjalin kerja sama dengan BII, salah satu bank terkemuka di Indonesia. Kerja sama ini menggabungkan kedua perusahaan dalam sebuah visi dan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan yang terbaik di kelasnya bagi nasabah. Kami mengharapkan untuk terus mengembangkan kerja sama yang kokoh dan sukses bersama BII ke depannya.”
 
Menyambut baik kemitraan ini, Presiden Direktur BII, Ridha Wirakusumah, mengatakan, “Kerja sama eksklusif dengan Prudential sebagai salah satu perusahaan asuransi terdepan dengan reputasi internasional akan memperkaya penyediaan solusi asuransi pilihan bagi nasabah BII di seluruh Indonesia,” kata Ridha. “Produk-produk Prudential telah dikenal sebagai produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan nasabah kami yang terus berkembang. Pemenuhan kebutuhan nasabah dengan layanan terbaik adalah prioritas utama kami,” tambah Ridha.
 
 
Mengenai PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII)
BII adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jaringan internasional yang memiliki 329 cabang termasuk lima Kantor Cabang Syariah, 937 ATM dan 15 CDM (Cash Deposit Machines) BII di seluruh Indonesia, dan juga sudah terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM yang tergabung dalam Jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS dan jaringan MEPS di Malaysia dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 2.800 ATM Maybank di Malaysia dan Singapura serta memiliki kantor cabang luar negeri di Mauritius, Mumbai dan Cayman Islands. Dengan total simpanan nasabah sebesar Rp59,9 triliun dan aset sebesar Rp75,2 triliun per 31 Desember 2010, BII menyediakan serangkaian jasa keuangan melalui kantor cabang dan jaringan ATM, phone banking dan internet banking. BII telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BNII) dan aktif di sektor UKM/Komersial, Konsumer dan Korporasi.
 
 
Mengenai PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)
Didirikan pada tahun 1995, Prudential Indonesia merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan berbasis di London, Inggris, yang memiliki pengalaman lebih dari 160 tahun. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
 
Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.
 
Dari data terakhir per 31 Desember 2010, Prudential Indonesia memiliki 7 kantor pemasaran (Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang) dan 219 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia memiliki lebih dari 85.000 jaringan tenaga pemasaran berlisensi yang melayani lebih dari 1,1 juta nasabah.
 
Back to Top