Prudential Indonesia Capai Total Pendapatan Premi Sebesar Rp 14,84 triliun

Kinerja Keuangan 2011
  • Total pendapatan premi sebesar Rp 14,84 triliun, naik 47% dibandingkan dengan tahun 2010.
  • Pendapatan premi bisnis baru naik 63% senilai Rp 7,9 triliun
  • Total pendapatan premi syariah tercatat sejumlah Rp 1,7 triliun, naik 33% dari 2010
  • Pendapatan premi baru syariah tumbuh 114% dari tahun sebelumnya menjadi Rp 850 milyar
  • Pertumbuhan Partnership Distribution mencapai Rp 2,4 triliun atau naik sebesar 84% dibandingkan tahun sebelumnya
  • Produk unit link tumbuh 48,5% sebesar Rp 14,5 triliun
  • Total dana kelolaan tercatat sebesar Rp 27,5 triliun, naik 23% dari tahun sebelumnya
  • Total aset tercatat naik 27,6% atau sebesar Rp 30,9 triliun, terbesar di industri asuransi jiwa
  • Rasio solvabilitas (Risk-Based Capital - RBC) mencapai 548%, jauh di atas ketentuan pemerintah sebesar 120%
  • RBC Syariah mencapai 72% jauh diatas ketentuan pemerintah sebesar 5% (sesuai dengan ketentuan pemerintah yang baru)
  • Pembayaran total klaim senilai Rp 3,9 triliun, meningkat 18% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Laba setelah pajak sebesar Rp 2,6 triliun, naik 13% dari tahun sebelumnya
  • Lebih dari 1,4 juta pemegang polis tercatat di tahun 2011, meningkat 24% dibandingkan tahun sebelumnya
  • Jumlah agen Prudential Indonesia naik 68% sebesar lebih dari 143.000 orang
 
Jakarta, 19 April 2012 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini mengumumkan kinerja perusahaan tahun 2011 yang mencatat total pendapatan premi sejumlah Rp 14,84 triliun – meningkat 47 persen dibandingkan pendapatan tahun 2010 sebesar Rp 10 triliun.
 
Pencapaian ini didukung terutama oleh pertumbuhan pendapatan premi bisnis baru senilai Rp 7,9 triliun, meningkat 63 persen dari 2010. Selanjutnya, Prudential Indonesia membukukan total pendapatan premi syariah sebesar Rp 1,7 triliun, naik 33 persen dari 2010. Dari jumlah tersebut, pendapatan premi baru syariah tercatat sebesar Rp 850 miliar, tumbuh 114 persen dari tahun sebelumnya.
 
“Kinerja keuangan Prudential Indonesia yang kuat di 2011 mencerminkan komitmen kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia, terutama dalam berpartisipasi memberikan solusi perencanaan keuangan terdepan bagi masyarakat Indonesia,” kata William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia. ”Jumlah nasabah Prudential Indonesia sebanyak 1,4 juta juga merupakan 16% dari total jumlah tertanggung perorangan sebanyak 8,9 juta orang* pada tahun 2011,” tambahnya.
 
Prudential Indonesia juga mencatat jumlah tenaga pemasaran lebih dari 143.000 atau meningkat 68 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut merupakan 56 persen dari seluruh agen di Indonesia yang tercatat sebanyak 258.000 orang*.
 
*dari data AAJI
 
 
Kontribusi terhadap Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia
 
Jumlah total dana kelolaan Prudential Indonesia di 2011 tercatat sebesar Rp 27,5 triliun, tumbuh 23 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah total dana kelolaan tersebut memposisikan Prudential Indonesia sebagai salah satu dari lima besar investor di pasar modal Indonesia. Secara tidak langsung, Prudential Indonesia membantu percepatan pembangunan ekonomi Negara dengan meletakkan dana investasi pada instrumen-instrumen strategis yang dapat mempercepat pertumbuhan sektor riil Indonesia, termasuk infrastruktur, telekomunikasi, pertambangan, dan manufaktur.
 
Di tahun 2012, Prudential Indonesia berencana untuk memperluas dukungannya terhadap masyarakat Indonesia dengan memperkenalkan gerakan A Million Hearts for A Million Dreams atau Satu Juta Hati untuk Satu Juta Mimpi. Inisiatif tiga tahun iini merupakan wujud nyata dari tanggung jawab Prudential Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia dengan fokus pada anak-anak, wanita dan publik pada umumnya.
 
“Ke depannya kami sangat optimis dengan pertumbuhan bisnis kami, melihat faktor-faktor positif yang sangat menunjang, seperti kondisi perekonomian Indonesia yang kuat, penetrasi asuransi yang masih rendah, serta semakin tumbuhnya kelas menengah di negeri ini. Kami sangat bersyukur bahwa kami terus dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan masyarakat Indonesia,” tambah William.
 
– Selesai –
 
Mengenai Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
 
Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: Inggris, Amerika, Asia dan Eropa kontinental.
 
Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama 160 tahun dan memiliki produk dana jangka panjang terbesar di Inggris selama lebih dari satu abad. Saat ini, Prudential memiliki lebih dari 25 juta nasabah di seluruh dunia dan sampai dengan sembilan bulan pertama di tahun ini memberikan pertumbuhan yang kuat ditopang oleh keuntungan dari bisnis baru dan pertumbuhan penjualan (sampai dengan empat belas persen menjadi £ 1.535 juta) dan pertumbuhan penjualan (hingga sepuluh persen menjadi £ 2.704 juta).
 
Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk- produk yang memenuhi kebutuhan akan tabungan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 86 tahun.
 
Prudential mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 12 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Di wilayah ini, Prudential juga menjangkau lingkup geografis yang luas dengan mengoperasikan bisnis pengelolaan dana di 10 pasar - Cina, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.
 
Total Penjualan PCA di Sembilan bulan pertama tahun 2011 berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) di Asia mencapai pertumbuhan delapan persen menjadi £1,147 juta (Rp 16.4 triliun). Prudential di Asia didukung oleh
lebih dari 340.000 jaringan tenaga pemasaran dan karyawan yang melayani kebutuhan keuangan lebih dari 11 juta nasabah di wilayah ini.
 
 
Mengenai Prudential Indonesia
 
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
 
Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.
 
Dari data terakhir per 30 September 2011, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 240 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia memiliki lebih dari130.000 jaringan tenaga pemasaran yang melayani lebih dari 1,3 juta nasabah.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Nini Sumohandoyo

Corporate Marketing & Communications Director

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower

Jl. Jend. Sudirman Kav. 79

Jakarta 12910

Phone : 021 2995 8888

Faximile : 021 2995 8855

E-mail : [email protected]

 

klik disini untuk mengunduh

Back to Top