Prudential Bangun Taman Literasi Keuangan Pertama di Indonesia

Jakarta, 17 December 2016 – Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia masih mempunyai kesenjangan perlindungan asuransi yang sangat tinggi. Menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per Kuartal II 2016 baru sekitar 19 juta masyarakat Indonesia terlindungi asuransi jiwa individual dari lebih 255 juta populasi Indonesia (7,5% penetrasi dari populasi).

Sebagai perusahaan asuransi jiwa terdepan di Indonesia1, Prudential Indonesia secara berkelanjutan berusaha untuk menurunkan kesenjangan perlindungan melalui berbagai inisiatif termasuk inovasi produk dan layanan, upaya peningkatan kesadaran masyarakat berasuransi (edukasi literasi keuangan) melalui berbagai program perusahan, serta dengan bekerja sama dengan pemerintah, regulator dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai salah satu inisiatif dari tanggung jawab social perusahaan, Prudential Indonesia bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) membangun Taman Literasi Keuangan Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman yang diresmikan pada tanggal 17 Desember 2016 ini disediakan bagi masyarakat umum dimana pengunjung taman dapat menikmati ruang terbuka hijau yang nyaman sekaligus meningkatkan pemahamannya mengenai literasi keuangan melalui permainan edukatif yang disediakan di Taman Literasi Keuangan.

Dengan bantuan relawan dari Prudential Indonesia, PJI dan Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Universitas Triaskti, taman yang mulai di revitalisasi sejak tanggal 22 Oktober 2016 ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang pembelajaran literasi keuangan, antara lain Permainan Game Board Cha-Ching, Permainan Mencocokkan Kartu Mengenai Asuransi, Signage Tips Pengelolaan Uang, dan Area Diskusi Terbuka.

Permainan Game Board Cha-Ching bertujuan untuk melatih individu mengelola transaksi keuangannya dengan bijak. Setiap individu akan dihadapkan pada transaksi keuangan yang harus mereka lakukan dan mencatatnya di papan catatan transaksi yang tersedia di tepi game board. Sementara Permainan Mencocokkan Kartu Mengenai Asuransi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum mengenai asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi dan jenis-jenis asuransi secara umum. Untuk melakukan permainan ini, individu mencocokkan pertanyaan yang berkaitan mengenai asuransi dengan jawaban yang tepat.

Ada juga 8 signage mengenai tips pengelolaan uang yang terpasang di taman agar masyarakat dapat meningkatkan pemahamannya mengenai manajemen keuangan yang bijaksana dan pentingnya mengelola uang sembari menikmati taman. Pada salah satu sudut taman terdapat juga area diskusi terbuka untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya siswa yang lokasi sekolahnya tidak jauh dari taman, yang ingin beraktifitas, berdiskusi atau belajar kelompok di taman.

“Sebagai perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia, Prudential Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya perencanaan keuangan,” kata Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia, di acara peresmian Taman Literasi Keuangan. “Kami berkomitmen tinggi untuk memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat dimana kami bekerja. Untuk memberikan dampak yang maksimal, fokus kontribusi program tanggung jawab sosial Prudential Indonesia adalah pada kesehatan, pendidikan, dan kesiapan penanggulangan bencana. Di bidang pendidikan, kami sangat senang bahwa beragam inisiatif kami telah mencapai lebih dari sejuta masyarakat di Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama, Bapak XYZ, Kepala ABC Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengatakan, “Kami berapresiasi kepada Prudential Indonesia atas inisiatif unik ini membangun Taman Literasi Keuangan. Kami yakin bahwa fasilitas-fasilitas baru ini dapat sangat berguna bagi pengunjung di Taman Mataram. Semoga ke depan masih ada banyak kesempatan lainnya untuk membangun Taman Literasi Keuangan di ruang terbuka hijau lainnya di Jakarta.”

Prudential Indonesia telah menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan hampir sepanjang perusahaan didirikan 21 tahun yang lalu. Sejak tahun 2014, program-program tanggung jawab sosial Prudential Indonesia telah berhasil menyentuh lebih dari sejuta jiwa.

-- Selesai –

Tentang PT Prudential Life Assurance

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan penyedia jasa asuransi jiwa terdepan di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari Grup yang berpengalaman lebih 3 dari 167 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk dan jasa yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan para nasabahnya yang beragam di Indonesia.

Prudential Indonesia berkantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang. Sampai dengan 30 Juni 2016, Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,4 juta nasabah melalui hampir 240.000 tenaga pemasar berlisensi di 398 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh nusantara (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali).

 

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nini Sumohandoyo
Corporate Marketing & Communications Director
PT Prudential Life Assurance
Prudential Tower Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta 12910
Phone : 021 2995 8888
Fax : 021 2995 8855
E-mail : [email protected]


 

1 Berdasarkan data dari Laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Kuartal 2 Tahun 2016

Back to Top