Kurikulum “Cha-Ching” Siap Masuk ke 467 Sekolah Dasar di Sidoarjo

Sidoardjo, Rabu, 9 Maret 2017 - Prudence Foundation, bagian dari Prudential Asia, menandatangani sebuah Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang menyepakati dimasukannya sebuah kurikulum pembelajaran yang didesain khusus tentang manajemen keuangan dan berdasarkan animasi populer, “Cha-Ching”. MoU tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Drs. Musta’in M. Pd dan Direktur Eksekutif Yayasan Prudence, Marc Fancy, dan disaksikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin.

“Kami merasa terhormat dan sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo kepada kami dalam memasukkan nilai-nilai pengelolaan uang dasar dari “Cha-Ching” ke dalam kurikulum Sekolah Dasar di Sidoarjo. Kami percaya tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mendorong pengaturan keuangan yang bijak pada anak-anak selain dengan memberikan pengajaran dan pelatihan langsung kepada mereka di sekolah.” jelas Marc Fancy, Direktur Eksekutif Prudence Foundation saat penandatanganan.

MoU tersebut memungkinkan kurikulum khusus “Cha-Ching” untuk diterapkan mulai bulan Maret sampai Desember 2017 di 467 sekolah di seluruh Sidoarjo, menjangkau lebih dari 28.000 siswa kelas tiga dan sekitar 1.000 guru.

Pada bulan Agustus 2014, Prudence Foundation bekerja sama dengan Junior Achievement Asia Pacific untuk mengembangkan program Kurikulum “Cha-Ching”. Tujuan utama dari program kurikulum ini adalah untuk menyajikan komponen yang penting dalam kurikulum di sekolah untuk mendukung guru dan sukarelawan menanamkan empat konsep utama dalam pengelolaan uang, yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend) dan menyumbangkan (Donate) dalam kehidupan sehari-hari siswa. Ini adalah program terstruktur yang terdiri dari enam sesi modular selama masing-masing 45 menit, di mana setiap sesi diajarkan melalui metode yang aktif dan menyenangkan yang memungkinkan siswa untuk mempraktekkan pengetahuan yang diperoleh.

“Cha-Ching” sendiri merupakan program pendidikan keuangan yang telah banyak meraih penghargaan dan bertujuan untuk membantu menanamkan keterampilan pengelolaan uang dasar pada anak-anak berusia antara 7 - 12 tahun. “Cha-Ching” merupakan serangkaian video musik dengan durasi tiga menit yang menampilkan enam karakter, untuk membantu anak-anak belajar tentang konsep-konsep pengelolaan uang dasar yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend) dan menyumbangkan (Donate). Keenam karakter dalam program tersebut merupakan anggota dari Band “Cha-Ching”, di mana masing-masing karakter memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengatur keuangan. Video musik “Cha-Ching” menampilkan lagu-lagu yang menarik yang dilengkapi dengan lirik dan teks sehingga anak-anak dapat bernyanyi sekaligus memudahkan dalam memahami dan mengingat. Episode-episode “Cha-Ching” telah mengudara di saluran TV Cartoon Network di delapan negara, yaitu Hong Kong, Indonesia, Taiwan, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Di Indonesia, “Cha-Ching” telah lama aktif dalam meningkatkan kesadaran finansial untuk anak-anak, salah satunya dengan peluncuran “Prudential Vault”, sebuah wahana pembelajaran di pusat hiburan Kidzania, Jakarta, di tahun 2013. “Cha-Ching” juga bekerja sama dengan lebih dari 20 Sekolah Dasar di sekitar Jabodetabek sejak tahun 2015 melalui program ‘Cha-Ching Goes to School’.

Menutup sambutannya, Marc Fancy mengatakan, “Aspirasi kami adalah kurikulum “Cha-Ching” dapat memungkinkan anak-anak untuk belajar mengenai nilai-nilai pengelolaan keuangan dengan cara yang menyenangkan dan menarik dalam kelas, dan dapat membangun landasan yang baik dalam perilaku pengelolaan uang yang bertanggung jawab di setiap tahap kehidupan mereka.”

 

------- SELESAI ----------

 

Tentang PT Prudential Life Assurance

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan penyedia jasa asuransi jiwa terdepan di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari Grup yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk dan jasa yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan para nasabahnya yang beragam di Indonesia.

Prudential Indonesia berkantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang. Sampai dengan 30 Juni 2016, Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,4 juta nasabah melalui sekitar 240.000 tenaga pemasar berlisensi di 398 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh nusantara (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali).

 

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nini Sumohandoyo
Corporate Marketing & Communications Director
PT Prudential Life Assurance
Prudential Tower Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta 12910
Phone : 021 2995 8888
Fax : 021 2995 8855
E-mail : [email protected]

Back to Top