Prudential Indonesia Luncurkan Program Pemberdayaan Indonesia Timur

Jakarta, 13 Agustus 2018 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini memperkenalkan program “East Indonesia Empowerment” (Pemberdayaan Indonesia Timur) di bawah inisatif Community Investment, yang menyajikan dukungan solusi atas tantangan-tantangan sosial masyarakat Indonesia Timur.

Dalam sambutannya di acara peluncuran program, Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, mengatakan, “Komitmen kami di Prudential Indonesia adalah untuk tidak hanya memberikan perlindungan jangka panjang bagi jutaan keluarga di seluruh Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi berkelanjutan kepada masyarakat sekitar.” “Community Investment adalah salah satu fokus utama kami untuk mendukung masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik, melalui beragam program di bidang pendidikan, kesehatan, keselamatan dan kewirausahaan. Bidang-bidang ini mewakili tantangan-tantangan penting di Indonesia, dan sejalan dengan bidang usaha Prudential Indonesia, di mana kami percaya kami dapat membawa dampak yang nyata,” tambah Jens.

Kegiatan tanggung jawab sosial Prudential Indonesia sudah berjalan selama belasan tahun lamanya, bekerja sama dengan pemerintah, regulator, organisasi-organisasi nirlaba dan pemangku kepentingan lainnya. “Selama bertahun-tahun, Prudential Indonesia telah melaksanakan beragam program yang memberi dampak nyata kepada komunitas di mana kami berada, antara lain membantu anak-anak melawan kanker, memberikan pelatihan-pelatihan literasi keuangan untuk wanita dan anak-anak, hingga memberikan bantuan bencana alam,” ujar Nini Sumohandoyo, Corporate Communications & Sharia Director, Prudential Indonesia.

Sejak tahun 2003, Prudential Indonesia telah membantu biaya pengobatan untuk lebih dari 1.400 anak yang terkena kanker dan menyumbangkan tujuh mesin Apheresis yang membantu dalam perawatan kanker, ke sejumlah rumah sakit pemerintah di berbagai kota. Di bidang edukasi, antara lain Prudential Indonesia telah mengadakan beberapa pelatihan literasi keuangan untuk perempuan sejak tahun 2009, bekerja sama dengan beberapa kementrian dan menjangkau lebih dari 25.000 perempuan di 21 kota. “Kami bersyukur telah mencapai hasil-hasil yang berdampak baik dari beragam program dan kegiatan-kegiatan sosial utama kami, bersama dengan para mitra. Hari ini, kami menandai perjalanan Community Investment kami berikutnya, dengan memperluas fokus kami ke Indonesia Timur untuk memberikan dukungan solusi yang dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan sosial di kawasan tersebut. Kami ingin membantu mendorong pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan,” tambah Nini.

Menurut data terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS), 27,74% penduduk Papua masih hidup dalam kemiskinan, dan 63.770 orang Papua menganggur. Sebuah survey indeks kebahagiaan oleh BPS juga menunjukkan bahwa Papua adalah salah satu daerah yang indeks kebahagiaannya paling rendah di Indonesia, mengingat kondisi yang menantang dalam sejumlah aspek mendasar kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, pendapatan, kondisi rumah, dan keselamatan.

Survei Literasi dan Inklusi keuangan oleh OJK pada tahun 2016 juga mencatat bahwa pengetahuan mengenai keuangan untuk hampir keseluruhan Indonesia Timur lebih rendah dibandingkan wilayah-wilayah lain. Papua Barat menduduki peringkat terendah di 19.27% dan Papua 22,18%.

Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia, menjelaskan, “Kemitraan strategis dengan tujuan yang sama sangat penting dalam memaksimalkan pelaksanaan program-program yang berdampak sosial. Prudential Indonesia senang dapat bermitra kembali dengan Prestasi Junior Indonesia, kali ini untuk melaksanakan program Pemberdayaan Indonesia Timur”. “Kami akan fokus pada entrepreneurship atau kewirausahaan sebagai program unggulan kami, di mana program ini akan kami awali dengan melihat dan menilai langsung ke lapangan untuk memastikan area-area di mana dan kelompok masyarakat mana yang akan menjadi wilayah target dan penerima manfaat kami selama tiga tahun ke depan” tambah Rinaldi.

Pada ahir tahun 2017, Prudential Indonesia telah pertama kali menanamkan benih program tanggung jawab sosial di Indonesia Timur, melalui kegiatan “Child-Friendly School” yang bertujuan meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak di Kabupaten Jayapura, Papua. Prudential Indonesia membangun sebuah perpustakaan di SD Komba Inpres dan merenovasi SD YPK Ifar Babrongko. Dengan menggunakan metode Pembelajaran Aktif, Menyenangkan dan Efektif (AJEL), Prudential Indonesia juga melakukan pelatihan literasi keuangan kepada 27 guru dan 8 sekolah dasar di seluruh Jayapura.

“Upaya dan komitmen Community Investment Prudential Indonesia sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif, dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan POJK Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan,” kata Nini. “Melalui program Pemberdayaan Indonesia Timur, kami harapkan kami dapat memperluas jangkauan geografis di Indonesia dalam membangun masyarakat yang lebih mandiri dan berdaya.”

####

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada tahun 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, London – Inggris.Di Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA), yang berkedudukan di Hong Kong. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia telah mendirikan Unit Usaha Syariah sejak tahun 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

Sampai dengan 31 Desember 2017, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 408 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Sampai akhir tahun 2017 Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,3 juta nasabah yang didukung oleh lebih dari 277.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Nini Sumohandoyo

Corporate Communications & Sharia Director

PT Prudential Life Assurance Prudential Tower Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta 12910

Phone : 021 2995 8888 Fax : 021 2995 8855 E-mail : [email protected]

Back to Top