Perkuat Komitmen Hadirkan Inovasi dan Solusi Berkelanjutan, Prudential Indonesia Memimpin Pasar Selama Lebih Dari Satu Dekade

Jakarta, 1 April 2019 – Di tengah berbagai tantangan ekonomi, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) tetap mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di 2018 melalui berbagai produk dan layanan inovatif yang berfokus pada nasabah yang diluncurkan sepanjang tahun, serta menunjukkan komitmennya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan bagi Indonesia.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, mengatakan: “Di tengah tantangan industri asuransi karena lingkungan makroekonomi global yang bergejolak tahun lalu, Prudential Indonesia bersyukur dapat meneruskan kepemimpinan pasarnya di industri asuransi Indonesia. Prestasi ini adalah hasil dari komitmen kami untuk selalu menempatkan nasabah sebagai prioritas utama kami dengan memberikan solusi terbaik dan berkelanjutan bagi mereka. Ini adalah dasar dari inovasi kami yang diluncurkan sepanjang 2018, dan untuk mewujudkan brand positioning yang lebih kuat. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan oleh para nasabah, tenaga pemasar, staf dan para pemangku kepentingan lainnya yang telah mendorong kami untuk bekerja lebih keras dan mewujudkan komitmen kami.”

Inovasi yang diluncurkan tahun lalu di antaranya adalah PRUlink Generasi Baru dan PRUlink Syariah Generasi Baru, yang merupakan produk asuransi unit-link dengan berbagai fitur inovatif seperti PRUbooster investasi dan PRUbooster proteksi. Kedua produk ini diluncurkan sebagai hasil dari mendengarkan dan memahami berbagai kebutuhan perlindungan nasabah dan masyarakat Indonesia. Prudential Indonesia juga meluncurkan dana investasi baru yaitu PRUlink Global Emerging Market Equity Fund and PRUlink Global Low Volatility Equity Fund, yang tersedia dalam dolar Amerika Serikat (USD) dan Rupiah, guna memenuhi kebutuhan para nasabah yang menginginkan diversifikasi investasi ke luar negeri.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan nasabah yang makin meningkat, Prudential Indonesia memperluas jaringan PRUMedical Network (PMN) dengan menambah 69 rumah sakit domestik baru di 34 kota di seluruh Indonesia serta empat rumah sakit di luar negeri pada 2018. PMN memberikan beragam manfaat bagi nasabah, mulai dari saat mereka masuk rumah sakit, selama perawatan, hingga diizinkan pulang, termasuk layanan bantuan proses administrasi rumah sakit, jaminan ketersediaan kamar rawat inap, dan sejumlah fasilitas lain yang menunjang kenyamanan untuk nasabah dan keluarga yang menemani.

Tidak hanya itu, tahun lalu Prudential Indonesia juga meluncurkan PRUuniversity sebagai sebuah platform untuk meningkatkan profesionalisme karyawan dan tenaga pemasar kami secara inovatif, efisien, dan relevan, agar dapat terus merespon tuntutan bisnis yang terus berubah secara cepat. Hadirnya PRUuniversity ini menjawab kebutuhan pengembangan profesionalisme yang berkelanjutan dari sekitar 2.000 staf dan lebih dari 250.000 orang tenaga pemasar, yang merupakan jumlah terbesar di industri.

Sejalan dengan perkembangan bisnisnya, Prudential Indonesia tetap berkomitmen untuk selalu melakukan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan.  Sepanjang 2018, melalui program Community Investment, Prudential Indonesia meluncurkan East Indonesia Empowerment, program yang memberikan solusi dan dukungan untuk tantangan sosial masyarakat di kawasan Indonesia timur.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Indonesia, Prudential Indonesia terus berupaya menciptakan sinergi yang berkelanjutan dengan berbagai pemangku kepentingan dan mendukung program pemerintah serta regulator untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Indonesia melalui berbagai kegiatan edukasi. Adapun kegiatan edukasi yang sedang berlangsung termasuk pelatihan literasi keuangan untuk perempuan, yang telah dijalankan Prudential Indonesia sejak 2009 kepada lebih dari 28.000 perempuan di 27 kota. Prudential Indonesia juga memiliki program pengenalan literasi keuangan sejak dini kepada anak usia 7 hingga 12 tahun melalui Kurikulum Cha-Ching.

Pada 2018, didukung oleh fokus yang konsisten untuk memberikan perlindungan keuangan jangka panjang bagi keluarga di seluruh Indonesia, Prudential Indonesia membayar total klaim dan manfaat sebesar Rp12,3 triliun. Perusahaan juga mencatatkan pendapatan total premi sebesar Rp25,4 triliun, tertinggi di industri, yang menopang posisi keuangannya yang kuat di tengah kondisi ekonomi yang menantang.

Sejalan dengan pertumbuhan total bisnisnya, Prudential Indonesia juga memperkuat kepemimpinan pasarnya dalam bisnis asuransi syariah, dengan mencatatkan total aset syariah sebesar Rp9,2 triliun dan total kontribusi Tabarru sebesar Rp2,4 triliun. Tabarru Prudential Indonesia juga mendanai modal berbasis risiko sebesar 2.488% dan dana perusahaan sebesar 10.002%.

Selain itu, Prudential Indonesia mempertahankan posisi Modal Berbasis Risiko (Risk Based Capital) perusahaan sebesar 752% (lebih dari enam kali persyaratan minimum wajib).

“Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), masyarakat Indonesia yang memiliki polis asuransi jiwa baru mencapai 6,6%[1]. Ini berarti 93,4% masyarakat Indonesia masih belum terlindungi asuransi. Hal tersebut memicu kami untuk semakin memperkuat komitmen dalam menghadirkan berbagai produk dan layanan yang inovatif guna memenuhi kebutuhan perlindungan dan rencana keuangan jangka panjang untuk masyarakat Indonesia,” tutup Jens.

#####

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, London – Inggris. Di Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA), yang berkedudukan di Hong Kong. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya pada 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia telah mendirikan Unit Usaha Syariah sejak 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

Hingga 31 Desember 2018, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 404 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Sampai akhir 2018 Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,1 juta nasabah yang didukung oleh lebih dari 250.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Luskito Hambali

Chief Marketing Officer

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta 12910

Phone / Fax        : 021 2995 8888 / 021 2995 8855

E-mail               : [email protected]

 

[1] Data AAJI 2018

Back to Top