Kenali 4 hal penyebab depresi yuk!

Kenali 4 Hal Penyebab Depresi Yuk!

Depresi umum ditemukan di dunia medis dan mempengaruhi apa yang kita rasakan, cara kita berpikir, dan bagaimana kita bertindak secara negatif. Depresi menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya disukai. Depresi juga dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik serta mengurangi kemampuan siapa saja saat di tempat kerja maupun di rumah.
 

Perbedaan perasaan sedih dan depresi

Sedih atau tertekan merupakan emosi normal yang dialami semua orang dalam berbagai situasi stres seperti kehilangan orang yang dicintai, putus cinta, kehilangan pekerjaan atau penghasilan, gagal ujian, konflik atau masalah di rumah atau di tempat kerja, dan lain-lain. Orang yang sedih akan merasa lega setelah menangis, melampiaskan, atau berbicara tentang frustasi yang dialaminya.
 
Depresi atau Gangguan Depresif Utama merupakan sebuah gangguan medis. Mirip dengan penyakit seperti diabetes di mana produksi hormon insulin dalam tubuh kita terganggu, depresi dapat terjadi ketika beberapa hormon seperti serotonin tidak seimbang. Ada beberapa faktor yang punya peran menyebabkan depresi, inilah di antaranya:
 

1. Biokimia

Perbedaan komposisi senyawa kimia tertentu di otak. Fungsi neurotransmiter dan bagian otak seperti hipokampus dapat berkontribusi pada depresi.
 

2. Genetika

Depresi dapat menurun dalam keluarga. Jika salah seorang dari anak kembar identik mengalami depresi, kembarannya memiliki kemungkinan 70% mengalami hal yang sama.
 

3. Faktor Lingkungan

Paparan terus menerus terhadap kekerasan, pengabaian, pelecehan (fisik maupun verbal), atau kemiskinan dapat membuat beberapa orang rentan terhadap depresi.
 

4. Kepribadian

Orang-orang dengan kepercayaan diri yang rendah, diliputi stres, dan mereka yang pesimistis lebih berpotensi mengalami depresi.Depresi biasanya terkait dengan pemicu yang spesifik dan berlalu seiring jalannya waktu. Jika kamu merasa depresi lebih dari dua minggu, maka kamu butuh bantuan seorang profesional atau dokter kesehatan mental.Konsultasikan segala keluhan atas depresi yang kamu rasakan dengan dokter kesehatan mental secara digital di aplikasi We Do Pulse di App Store dan Google Play. Ayo download sekarang. Bebas Biaya!

Download Pulse by Prudential sekarang

dan kenali kesehatanmu hari ini

 

 

Apple, the Apple logo, and iPhone are trademarks of Apple Inc., registered in the U.S. and other countries.
App Store is a service mark of Apple Inc., registered in the U.S. and other countries.
Google Play and the Google Play logo are trademarks of Google LLC.