Daftar Istilah

Daftar istilah asuransi jiwa

Daftar istilah asuransi jiwa non syariah
  • Asuransi Dasar
    Jenis pertanggungan yang merupakan pertanggungan dasar Polis.
  • Asuransi Tambahan
    Jenis pertanggungan yang ditambahkan kepada Asuransi Dasar untuk meningkatkan perlindungan dan/atau Manfaat Asuransi.
  • Biaya Akuisisi
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan permohonan pertanggungan dan penerbitan Polis yang antara lain meliputi biaya-biaya pemeriksaan kesehatan, biaya-biaya pengadaan Polis dan pencetakan dokumen, biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi serta biaya lain-lain.
  • Biaya Asuransi
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan pertanggungan yang diberikan.
  • Biaya Top-up
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan dibayarkannya Premi Top-up Berkala (PRUsaver) atau Premi Top-up Tunggal.
  • Cacat Total dan Tetap
    Cacat sebagai akibat dari Kecelakaan atau penyakit yang menyebabkan:
  1. Tertanggung yang berusia 6 (enam) tahun atau lebih namun belum berusia 16 (enam belas) tahun sama sekali tidak dapat berjalan kaki tanpa bantuan orang lain atau kursi roda dan harus tinggal di rumah, rumah sakit atau lembaga lain dengan perawatan dan perhatian medis secara konstan dengan ketentuan bahwa cacat tersebut tidak berupa kelainan jiwa, cacat mental, neurosis, psikosomatis ataupun psikosis; atau
  2. Tertanggung telah berusia 16 (enam belas) tahun namun belum berusia 60 (enam puluh) tahun sama sekali tidak dapat melakukan pekerjaan apa pun untuk mencari nafkah secara terus menerus tidak termasuk cacat berupa kelainan jiwa, cacat mental, neurosis, psikosomatis atau pun psikosis; atau
  3. Tertanggung telah berusia 60 (enam puluh) tahun namun belum berusia 70 (tujuh puluh) tidak dapat melakukan 3 (tiga) atau lebih aktifitas hidup sehari-hari sebagai berikut: 

    - Mandi, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri membersihkan tubuh saat mandi atau menggunakan shower (pancuran) atau membersihkan tubuh menggunakan cara-cara lainnya dengan baik;

    - Berpakaian, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk mengenakan, melepas, mengencangkan dan melonggarkan segala jenis pakaian, termasuk juga apabila diperlukan mengenakan segala jenis braces (penopang/penyangga tubuh), kaki/tangan palsu atau perangkat bantu lainnya;

    - Beralih tempat, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk memindahkan tubuh dari tempat tidur ke kursi dengan sandaran yang tegak atau ke kursi roda dan sebaliknya;

    - Berpindah, diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk berpindah didalam ruangan dari satu tempat ketempat lain pada lantai yang datar;

    - Toileting (Buang air), yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk buang air di kamar kecil atau jamban, atau setidaknya mampu menahan buang air untuk menjaga tingkat kebersihan memadai;

    - Menyuap, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk menyuap makanan yang sudah disiapkan dan terhidang; Atau

  4. Tertanggung yang telah berusia 6 (enam) tahun namun belum berusia 70 (tujuh puluh) tahun kehilangan fungsi secara total dan tidak dapat dipulihkan atas anggota tubuh sebagai berikut:

    - kedua mata; atau

    - kedua lengan atau kedua kaki atau satu lengan dan satu kaki yang terjadi pada atau di atas pergelangan tangan atau pergelangan kaki; atau

    - satu mata dan satu lengan yang terjadi pada atau di atas pergelangan tangan; atau

    - satu mata dan satu kaki yang terjadi pada atau di atas pergelangan kaki.

  • Dokter
    Seseorang yang memiliki ijin praktek sebagai dokter dari lembaga yang berwenang, dengan pembatasan bahwa yang bersangkutan tidak termasuk Anda, Tertanggung, Penerima Manfaat, tenaga pemasaran Kami atau orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga sedarah atau keluarga semenda dengan Anda, Tertanggung atau Penerima Manfaat sampai dengan derajat ketiga.
  • Harga Unit
    Penjelasan: Satuan harga yang dihasilkan dari perhitungan Unit berdasarkan metode sebagaimana dimaksud di dalam
  • Kecelakaan
    Peristiwa yang tidak diharapkan, terjadi secara tiba-tiba, tidak terduga, tidak disengaja, datangnya dari luar, bersifat kekerasan dan kasat mata.
  • Manfaat Asuransi
    Jenis manfaat Asuransi Dasar atau manfaat Asuransi Tambahan sebagaimana dicantumkan dalam Ketentuan Khusus dari masing-masing Asuransi Dasar atau Asuransi Tambahan yang bersangkutan.
  • Nilai Tunai
    Nilai (dalam mata uang Polis) dari saldo Unit yang Anda miliki yang dihitung berdasarkan Harga Unit pada suatu saat tertentu
  • Pemegang Polis
    Orang atau badan yang mengadakan perjanjian pertanggungan dengan Penanggung, yang selanjutnya disebut “Anda”.
  • Penanggung
    PT Prudential Life Assurance, yang selanjutnya disebut “Kami”.
  • Penerima Manfaat
    Orang atau badan yang ditunjuk oleh Anda sebagai pihak yang berhak atas Manfaat Asuransi apabila Anda meninggal dunia sebelum atau pada saat yang sama dengan meninggalnya Tertanggung atau apabila Anda sekaligus berkedudukan sebagai Tertanggung meninggal dunia, dengan ketentuan bahwa orang atau badan tersebut mempunyai hubungan kepentingan asuransi terhadap Tertanggung atas pertanggungan yang bersangkutan (insurable interest) dan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.
  • Premium Holiday
    Sejak Ulang Tahun Polis yang ke-2 (kedua), Anda dapat berhenti membayar Premi Berkala dan Premi Top-up Berkala (PRUsaver) (apabila telah disepakati Premi Top-up Berkala (PRUsaver) harus Anda bayarkan) dan pertanggungan tetap berlaku, asalkan Biaya Asuransi dan Biaya Administrasi tetap dibayar melalui pembatalan Unit yang Anda miliki sepanjang Nilai Tunai mencukupi serta dengan selalu mengindahkan Syarat dan Ketentuan yang tercantum di dalam Polis. Apabila selama Pemegang Polis memanfaat fasilitas Premium Holiday ini bermaksud untuk meningkatkan besarnya Premi Berkala dan/atau Premi Top-up Berkala maka selisih kenaikan Premi Berkala dan/atau Premi Top-up Berkala tersebut wajib dibayar oleh Pemegang Polis dan pada saat itu juga Premium Holiday berakhir.
  • Kondisi Kritis
    Salah satu kondisi, penyakit atau tindakan yang memenuhi kriteria seperti yang tercantum pada Tabel Pertanggungan Kondisi Kritis, Tabel Pertanggungan Kondisi Kritis PRUearly stage crisis cover, atau Tabel Pertanggungan Kondisi Kritis PRUjuvenile crisis cover, atau tabel kondisi kritis lain yang dapat ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu (sebagaimana relevan).
  • Polis
    Perjanjian pertanggungan jiwa antara Kami dengan Anda termasuk Ringkasan Polis, SPAJ yang telah Kami setujui, tabel-tabel, rumus-rumus perhitungan, Ketentuan Umum Polis, Ketentuan Khusus dan ketentuan lainnya (apabila diadakan) beserta segala tambahan atau perubahannya yang memuat syarat dan ketentuan perjanjian pertanggungan jiwa.
  • Porsi Investasi
    Selisih antara Premi Berkala yang dikurangi dengan Biaya Akuisisi atau selisih antara Premi Top-up Berkala (PRUsaver) atau Premi Top-up Tunggal yang dikurangi dengan Biaya Top-up, yang dialokasikan untuk investasi.
  • Premi
    Sejumlah uang yang dibayarkan oleh Anda kepada Kami sehubungan dengan diadakannya Polis yang terdiri dari Premi Berkala, Premi Top-up Berkala (PRUsaver) dan Premi Top-up Tunggal.
  • Premi Berkala
    Bagian Premi yang besarnya sama pada setiap jatuh tempo pembayarannya yang merupakan jumlah minimum yang harus selalu dibayar untuk berlakunya Polis dan pertanggungan yang Anda ikuti kecuali Anda menggunakan fasilitas Premium Holiday sebagaimana dimaksud atau apabila ditentukan lain berdasarkan Polis.
  • Premi Top-up Berkala (PRUsaver)
    Bagian dari Premi yang besarnya sama pada setiap tanggal jatuh tempo pembayarannya yang, setelah dikurangi dengan Biaya Top-up, merupakan tambahan dana untuk diinvestasikan. Apabila telah disepakati bahwa Premi Top-up Berkala (PRUsaver) harus Anda bayarkan, maka Premi Top-up Berkala (PRUsaver) harus selalu Anda bayarkan kecuali:
    (i) Anda dan Kami mengubah kesepakatan tersebut, atau
    (ii) Anda menggunakan fasilitas Cuti Premi
    (iii) apabila ditentukan lain berdasarkan Polis.
  • Premi Top-up Tunggal
    Bagian dari Premi yang besarnya dapat berubah-ubah dan dapat dibayarkan setiap saat sesuai keinginan Anda sepanjang jumlahnya atau jumlah keseluruhannya untuk jangka waktu tertentu berada di dalam rentang yang telah disetujui oleh Anda dan Kami yang, setelah dikurangi dengan Biaya Top-up, merupakan tambahan dana untuk diinvestasikan.
  • Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ)
    Permohonan tertulis untuk mengadakan suatu perjanjian pertanggungan yang dibuat oleh Anda dan ditandatangani sekurang-kurangnya oleh Anda dan calon Tertanggung
  • Tanggal Perhitungan
    Tanggal dilakukannya perhitungan Harga Unit.
  • Tertanggung
    Orang yang atas dirinya diadakan pertanggungan, yang dapat terdiri dari Tertanggung Utama dan Tertanggung Tambahan
  • Tertanggung Utama
    Tertanggung pada Asuransi Dasar dan Asuransi Tambahan, apabila ada.
  • Uang Pertanggungan
    Sejumlah uang sebagaimana tercantum dalam Ringkasan Polis, yang merupakan nilai pertanggungan yang akan dibayarkan oleh Kami jika syarat–syarat pembayarannya sebagaimana tertera pada Polis telah dipenuhi.
  • Unit
    Satuan investasi
  • Ulang Tahun
    Penjelasan: Hari yang jatuh pada tanggal dan bulan yang sama dengan tanggal dan bulan:
    (i) lahirnya orang yang dimaksud; atau
    (ii) terjadinya peristiwa/hal dimaksud; atau
    (iii) mulai berlakunya pertanggungan, dokumen atau ketentuan dimaksud, tergantung yang mana yang berhubungan.
  • Usia
    Usia seseorang yang ditentukan berdasarkan Ulang Tahun berikutnya dari orang yang bersangkutan.
Daftar istilah asuransi jiwa syariah
  • Akad Wakalah bil Ujrah
    Akad pemberian kewenangan oleh Pemegang Polis kepada pihak Kami untuk mengelola dan menginvestasikan Kontribusi dengan memberikan sejumlah Biaya (Ujrah) yang disepakati.
  • Asuransi Dasar
    Jenis pertanggungan yang merupakan pertanggungan dasar Polis.
  • Asuransi Tambahan
    Jenis pertanggungan yang ditambahkan kepada Asuransi Dasar untuk meningkatkan perlindungan dan/atau Manfaat Asuransi.
  • Biaya Administrasi
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan administrasi Polis dan administrasi Kontribusi Top-up Tunggal, jika ada.
  • Biaya Akuisisi
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan permohonan pertanggungan dan penerbitan Polis yang antara lain meliputi biaya-biaya pemeriksaan kesehatan, biaya-biaya pengadaan Polis dan pencetakan dokumen, biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi serta remunerasi karyawan dan agen.
  • Biaya Pengalihan
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan dilakukannya pengalihan dana antar Rekening Subdana Investasi.
  • Biaya Pengelolaan Dana Investasi
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan pengelolaan aset dalam Rekening Subdana Investasi Anda.
  • Biaya Pengelolaan Risiko
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan pengeloloaan risiko berdasarkan Manfaat Asuransi bagi Para Peserta yang dihitung dan diambil dari Iuran Tabarru’.
  • Biaya Top-up
    Biaya yang dikenakan sehubungan dengan dibayarkannya Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) atau Kontribusi Top-up Tunggal.
  • Cacat Total dan Tetap

    Penjelasan:Cacat sebagai akibat dari Kecelakaan atau penyakit yang menyebabkan:


    - Peserta yang berusia 6 tahun atau lebih namun belum berusia 16 (enam belas) tahun sama sekali tidak dapat berjalan kaki tanpa bantuan orang lain atau kursi roda dan harus tinggal di rumah, rumah sakit atau lembaga lain dengan perawatan dan perhatian medis secara konstan dengan ketentuan bahwa cacat tersebut tidak berupa kelainan jiwa, cacat mental, neurosis, psikosomatis ataupun psikosis; atau
    - Peserta yang telah berusia 16 (enam belas) tahun namun belum berusia 60 (enam puluh) tahun sama sekali tidak dapat melakukan pekerjaan apapun untuk mencari nafkah secara terus menerus dengan ketentuan bahwa cacat tersebut tidak berupa kelainan jiwa, cacat mental, neurosis, psikosomatis ataupun psikosis; atau
    - Peserta telah berusia 60 (enam puluh) tahun namun belum berusia 70 (tujuh puluh) tahun, tidak dapat melakukan 3 (tiga) atau lebih aktifitas hidup sehari-hari sebagai berikut:

     

    1. Mandi, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri membersihkan tubuh saat mandi atau menggunakan shower (pancuran) atau membersihkan tubuh menggunakan cara-cara lainnya dengan baik.

    2. Berpakaian, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk mengenakan, melepas, mengencangkan dan melonggarkan segala jenis pakaian, termasuk juga apabila diperlukan mengenakan segala jenis braces (penopang/penyangga tubuh), kaki/tangan palsu atau perangkat bantu lainnya.

    3. Beralih tempat, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk memindahkan tubuh dari tempat tidur ke kursi dengan sandaran yang tegak atau ke kursi roda dan sebaliknya.

    4. Berpindah, diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk berpindah di dalam ruangan dari satu tempat ketempat lain pada lantai yang datar.

    5. Toileting (Buang air), yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk buang air di kamar kecil atau jamban, atau setidaknya mampu menahan buang air untuk menjaga tingkat kebersihan memadai.

    6. Menyuap, yang diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk menyuap makanan yang sudah disiapkan dan terhidang; atau

     

    - Peserta yang telah berusia 6 (enam) tahun namun belum berusia 70 (tujuh puluh) tahun kehilangan fungsi secara total dan tidak dapat dipulihkan atas anggota tubuh sebagai berikut:

     

    1. Kedua mata; atau

    2. Kedua lengan atau kedua kaki atau satu lengan dan satu kaki yang terjadi pada atau di atas pergelangan tangan atau pergelangan kaki; atau

    3. Satu mata dan satu lengan yang terjadi pada atau di atas pergelangan tangan; atau

    4. Satu mata dan satu kaki yang terjadi pada atau di atas pergelangan kaki.

    5. Sedangkan “Kecelakaan” merupakan peristiwa yang tidak diharapkan, terjadi secara tiba-tiba, tidak terduga, tidak disengaja, datangnya dari luar, bersifat kekerasan dan kasat mata.
  • Cuti Kontribusi
    Sejak Ulang Tahun Polis yang ke-2 (kedua), Anda Anda dapat berhenti membayar Kontribusi Berkala dan Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) (apabila telah disepakati Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) harus Anda bayarkan) dan pertanggungan tetap berlaku, sepanjang Nilai Tunai cukup untuk membayar Iuran Tabarru’, Biaya Administrasi, serta dengan selalu mengindahkan Syarat dan Ketentuan yang tercantum di dalam Polis.
  • Dana Investasi PRUlink syariah
    Kumpulan investasi seluruh Pemegang Polis asuransi yang dikeluarkan oleh Kami (termasuk Pemegang Polis) pada suatu jenis investasi.
  • Dana Tabarru’
    Kumpulan hibah yang terkumpul dari seluruh Pemegang Polis Asuransi untuk keperluan tolong menolong (antara lain dalam bentuk pembayaran Manfaat Asuransi selain Nilai Tunai) apabila atas diri Peserta atau Para Peserta terjadi peristiwa yang ditanggung.
  • Dokter
    Penjelasan: Seseorang yang memiliki ijin praktek sebagai Dokter dari lembaga yang berwenang, dengan pembatasan bahwa yang bersangkutan tidak termasuk Anda, Peserta, Penerima Manfaat, tenaga pemasaran Kami atau orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga sedarah atau keluarga semenda dengan Anda, Peserta atau Penerima Manfaat sampai dengan derajat ketiga.
  • Harga Unit
    Harga Unit suatu jenis Dana Investasi PRUlink syariah adalah nilai Dana Investasi PRUlink syariah tersebut dibagi jumlah semua Unit yang dibentuk dari Dana Investasi PRUlink syariah tersebut.

    Nilai Dana Investasi PRUlink syariah dari masing-masing jenis Dana Investasi PRUlink syariah adalah nilai dari aset masing-masing jenis Dana Investasi PRUlink syariah setelah dikurangi dengan biaya transaksi, Biaya Pengelolaan Dana Investasi serta pajak sehubungan dengan aset jenis Dana Investasi PRUlink syariah serta pengeluaran-pengeluaran lain yang diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Iuran Tabarru’
    Hibah suatu jumlah uang ke dalam Dana Tabarru’ yang telah disanggupi oleh Anda, untuk keperluan tolong menolong bila Peserta atau Para Peserta ada yang mengalami suatu peristiwa yang ditanggung yang atas peristiwa tersebut harus dibayar Manfaat Asuransi yang bersangkutan.
  • Kondisi Kritis
    Salah satu kondisi, penyakit atau tindakan yang memenuhi kriteria seperti yang tercantum pada Tabel Pertanggungan Kondisi Kritis, Tabel Pertanggungan Kondisi Kritis PRUearly stage crisis cover syariah, atau Tabel Pertanggungan Kondisi Kritis PRUjuvenile crisis cover syariah, atau Tabel kondisi kritis lain yang dapat ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu (sebagaimana relevan).
  • Kontribusi
    Sejumlah uang yang dibayarkan oleh Anda kepada Kami sehubungan dengan diadakannya pertanggungan dan investasi berdasarkan Polis. Terdapat tiga bentuk Kontribusi yaitu dari Kontribusi Berkala, Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) dan Kontribusi Top-up Tunggal
  • Kontribusi Berkala
    Bagian Kontribusi yang besarnya sama pada setiap jatuh tempo pembayarannya yang merupakan jumlah minimum yang harus selalu dibayar untuk berlakunya Polis dan pertanggungan yang Anda ikuti kecuali Anda menggunakan fasilitas Cuti Kontribusi.
  • Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah)
    Bagian dari Kontribusi yang besarnya sama pada setiap tanggal jatuh tempo pembayarannya yang, setelah dikurangi dengan Biaya Top-up, merupakan tambahan dana untuk diinvestasikan. Apabila telah disepakati bahwa Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) harus Anda bayarkan, maka Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) harus selalu Anda bayarkan kecuali
    (i) Anda dan Kami mengubah kesepakatan tersebut atau
    (ii) Anda menggunakan fasilitas Cuti Kontribusi atau
    (iii) apabila ditentukan lain berdasarkan Polis.
  • Kontribusi Top-up Tunggal
    Bagian dari Kontribusi yang besarnya dapat berubah-ubah dan dapat dibayarkan setiap saat sesuai keinginan Anda sepanjang jumlahnya atau jumlah keseluruhannya untuk jangka waktu tertentu berada di dalam rentang yang telah disetujui oleh Anda dan Kami yang, setelah dikurangi dengan Biaya Top-up, merupakan tambahan dana untuk diinvestasikan.
  • Manfaat Asuransi
    Jenis manfaat Asuransi Dasar atau manfaat Asuransi Tambahan sebagaimana dicantumkan dalam Ketentuan Khusus yang bersangkutan
  • Nilai Tunai
    Nilai (dalam mata uang Polis) dari saldo Unit yang Anda miliki yang dihitung berdasarkan Harga Unit pada suatu saat tertentu.
  • Para Peserta
    Orang (selain Peserta) yang atas jiwanya diadakan pertanggungan berdasarkan pertanggungan jiwa syariah yang dikelola oleh Kami.
  • Pemegang Polis
    Orang atau badan yang mengadakan perjanjian pertanggungan dengan Pengelola yang selanjutnya disebut ”Anda”. Anda sekaligus berkedudukan sebagai wakil para ahli waris Peserta.
  • Penerima Manfaat
    - ahli waris Anda sesuai dengan ketentuan hukum waris yang berlaku, bilamana Anda sekaligus berkedudukan sebagai Peserta; atau
    - ahli waris Peserta sesuai dengan ketentuan hukum waris yang berlaku, bilamana Anda tidak sekaligus berkedudukan sebagai Peserta;
    untuk menerima Manfaat Asuransi sesuai dengan ketentuan hukum waris yang berlaku bilamana Anda meninggal sebelum atau pada saat yang sama dengan meninggalnya Peserta, atau apabila Anda sekaligus berkedudukan sebagai Peserta meninggal.
  • Pengelola
    PT Prudential Life Assurance, yang selanjutnya disebut “Kami”.
  • Peserta
    Orang yang atas dirinya diadakan pertanggungan berdasarkan Polis ini, yang dapat terdiri dari:
    - Peserta Utama adalah Peserta pada Asuransi Dasar dan Asuransi Tambahan, apabila ada.
    - Peserta Tambahan adalah orang yang merupakan Peserta pada Asuransi Tambahan selain Peserta Utama.
  • Polis
    Perjanjian pertanggungan jiwa syariah antara Kami dan Anda termasuk Ringkasan Polis, SPAJ Syariah yang telah Kami setujui, tabel-tabel, rumus-rumus perhitungan, Ketentuan Umum Polis, Ketentuan Khusus dan ketentuan lainnya (apabila diadakan) beserta segala tambahan/perubahannya yang memuat syarat-syarat perjanjian pertanggungan jiwa syariah.
  • Porsi Investasi
    Selisih antara Kontribusi Berkala yang dikurangi dengan Biaya Akuisisi atau selisih antara Kontribusi Top-up Berkala (PRUsaver syariah) atau Kontribusi Top-up Tunggal yang dikurangi dengan Biaya Top-up, yang dialokasikan untuk investasi.
  • Rekening Subdana Investasi
     Rekening investasi Pemegang Polis termasuk mutasinya.
  • Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) Syariah
    Permohonan tertulis untuk mengadakan suatu perjanjian pertanggungan jiwa syariah yang dibuat oleh Anda dan ditandatangani sekurang-kurangnya oleh Anda dan calon Peserta.
  • Tanggal Perhitungan
    Tanggal dilakukannya perhitungan Harga Unit.
  • Uang Pertanggungan
    Penjelasan: Sejumlah uang sebagaimana tercantum dalam Ringkasan Polis, yang merupakan nilai pertanggungan yang akan dibayarkan dari Dana Tabarru’ jika syarat–syarat pembayarannya sebagaimana tertera pada Polis telah dipenuhi.
  • Ulang Tahun
    Penjelasan:Hari yang jatuh pada tanggal dan bulan yang sama dengan tanggal dan bulan:
    - lahirnya orang yang dimaksud; atau
    - terjadinya peristiwa/hal dimaksud; atau
    - mulai berlakunya Polis, pertanggungan, dokumen atau ketentuan dimaksud,
    tergantung yang mana yang berhubungan.
  • Unit
    Satuan investasi.
  • Usia (usia)
    Usia seseorang yang ditentukan berdasarkan ulang tahun berikutnya dari orang yang bersangkutan.

Daftar istilah medis

A
  • Abdomen
    Definisi: rongga perut
  • Ablasi
    Definisi: pelepasan.
  • Aborsi
    Definisi: keguguran/kematian janin sebelum usia kehamilan 20 minggu
  • Abses
    Definisi: bisul/kumpulan nanah
  • Adenoid
    Definisi: jaringan yang terletak di belakang rongga hidung di antara hidung dan tenggorokan
  • Adenoidectomy
    Definisi: pengangkatan adenoid
  • AIDS
    Definisi: sindrom defisiensi sistem ketahanan tubuh yang didapat akibat infeksi virus HIV
  • ALS (Amyotropic Lateral Sclerosis)
    Definisi: kelemahan progresif cepat berupa pengecilan dan kekakuan otot, kesulitan berbicara, menelan, dan bernapas
  • Alzheimer
    Definisi: gangguan akibat kematian sel-sel otak secara hampir bersamaan yang berakibat otak mengecil dan kehilangan fungsi
  • Amiotrofi
    Definisi: mengecilnya otot akibat penyakit pada saraf yang terdapat pada otot tersebut
  • Analisa gas darah arteri
    Definisi: pengukuran kandungan oksigen dan karbon dioksida serta kadar keasaman darah dari darah arteri
  • Anemia
    Definisi: suatu keadaan yang ditandai penurunan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, dan volume sel darah merah
  • Anemia aplastik
    Definisi: suatu penyakit yang ditandai dengan sumsum tulang yang tidak mampu memproduksi sel darah
  • Aneurysma
    Definisi: pelebaran pembuluh darah akibat kelemahan dinding pembuluh darah
  • Angiografy
    Definisi: teknik pencitraan untuk melihat bagian dalam pembuluh darah dan organ tubuh, terutama arteri, vena, dan ruang jantung
  • Angioplasti
    Definisi: tindakan pembedahan pada pembuluh darah akibat penyempitan atau sumbatan
  • Anoreksia nervosa
    Definisi: gangguan makan akibat rasa takut berlebihan terhadap peningkatan berat badan
  • Anterior horn cells
    Definisi: kumpulan saraf motorik yang terletak di substansia abu-abu tulang belakang sisi depan
  • Antinuclear antibodi
    Definisi: antibodi yang menyerang inti sel
  • Aorta abdominal
    Definisi: aorta (pembuluh darah utama) bagian perut
  • Aorta thoracal
    Definisi: aorta (pembuluh darah utama) bagian dada
  • Apendectomy
    Definisi: pengangkatan usus buntu
  • Aritmia
    Definisi: irama jantung yang tidak teratur
  • Arteri karotis
    Definisi: pembuluh darah arteri yang mensuplai oksigen ke leher dan kepala
  • Arteri sirkumfleks
    Definisi: cabang dari pembuluh darah koroner sisi kiri, yang mengalirkan darah terutama ke ventrikel kiri
  • Arterio venous malformation
    Definisi: jaringan pembuluh darah arteri dan vena yang bentuknya tidak normal
  • Arteriografy
    Definisi: teknik pencitraan untuk melihat keadaan pembuluh darah arteri bagian dalam
  • Arthritis kronis
    Definisi: peradangan sendi yang sudah berlangsung lama
  • Artritis
    Definisi: peradangan sendi
  • Asites
    Definisi: penumpukan abnormal cairan serosa di dalam rongga perut
  • Atherectomy
    Definisi: teknik bedah minimal invasif untuk mengeluarkan sumbatan lemak (aterosklerosis) pada pembuluh darah besar
  • Atrium
    Definisi: serambi jantung
  • Atrofi muskular
    Definisi: berkurangnya ukuran dan jumlah serat otot akibat proses penuaan, penurunan aliran darah, kurangnya gizi ataupun akibat hilangnya fungsi saraf
  • Atrofi tubular
    Definisi: berkurangnya ukuran tabung kecil yang terletak di dalam ginjal
  • Atropi
    Definisi: berkurangnya ukuran suatu sel atau organ
  • Audiometri
    Definisi: pemeriksaan untuk menentukan kemampuan pendengaran
  • Auto-antibodi
    Definisi: antibodi yang menyerang sel atau jaringan tubuh sendiri
  • Autoimun
    Definisi: respon imun tubuh yang menyerang jaringan atau organ tubuh itu sendiri

 

 

B
  • Basal cell cancer
    Definisi: kanker kulit yang berasal dari sel basal
  • Bilirubin
    Definisi: pigmen empedu
  • Biopsy
    Definisi: pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium
  • Bulbar efferent neuron
    Definisi: otot motorik di sekitar wajah yang berfungsi untuk menelan, berbicara, bernafas
  • Bulimia
    Definisi: kebiasaan makan berlebihan yang terjadi secara terus menerus
  • Burr hole
    Definisi: tindakan bedah berupa melubangi tengkorak
C
  • Cairan serebrospinal
    Definisi: cairan yang terkandung di dalam ventrikel otak, ruang sub-araknoid, dan kanal sentral sumsum tulang belakang
  • Carcinoma in situ
    Definisi: kanker stadium awal, yang ditandai dengan kanker yang belum menyebar ke jaringan sekitar
  • Cerebral shunt
    Definisi: saluran buatan yang memungkinkan cairan otak mengalir ke bagian tubuh lain, misalnya ke perut
  • Chantus
    Definisi: sudut mata
  • Chiropractor/Chiropractic
    Definisi: terapi alternatif yang mendiagnosis dan mengobati seseorang melalui manipulasi sistem tulang belakang
  • Cholangiogram
    Definisi: pemeriksaan pencitraan kandung empedu
  • CIN (Neoplasia Intraepitel Servix)
    Definisi: perubahan bentuk dan/atau pertumbuhan abnormal sel permukaan leher rahim
  • Cochlear
    Definisi: rongga berbentuk kerucut atau rumah siput pada telinga bagian dalam, merupakan bagian dari labirin telinga yang berfungsi dalam proses pendengaran
  • Colon
    Definisi: usus besar
  • Colostomy
    Definisi: operasi pembuatan lubang pengeluaran melalui usus besar
  • Computerised Tomography
    Definisi: pemeriksaan pencitraan menggunakan alat CT scan untuk mendapat gambaran tiga dimensi suatu objek
  • Cuci darah (Dialysis)
    Definisi: proses pemisahan ion atau zat berberat molekul rendah dari darah melalui proses difusi pada membran semi-permeabel
D
  • Defibrilator
    Definisi: terapi listrik kejut untuk memperbaiki gangguan irama jantung
  • Defisiensi
    Definisi: kekurangan
  • Defisit
    Definisi: kekurangan
  • Defisit neurologik
    Definisi: gangguan pada sistem saraf
  • Deformitas
    Definisi: kelainan bentuk
  • Demensia
    Definisi: penurunan fungsi pikiran dan memori yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak
  • Demielinisasi
    Definisi: kerusakan selaput sistem saraf yang paling dalam (mielin)
  • Denervasi
    Definisi: pemotongan persarafan
  • Densitometri Sinar-X Dual-Energy (DEXA)
    Definisi: suatu metode pengukuran kepadatan optik dari suatu zat dengan cara memaparkan zat tersebut dengan radiasi elektromagnetik, kemudian dilakukan pengukuran jumlah radiasi yang diserap oleh zat tersebut
  • Deteorisasi
    Definisi: penurunan keadaan seseorang, bertambah buruk
  • Diabetes
    Definisi: penyakit gula/kencing manis
  • Diagnosis
    Definisi: identifikasi terhadap sesuatu penyakit
  • Diastolik
    Definisi: tekanan darah bawah
  • DIC (Disseminated Intravascular Coagulation)
    Definisi: gangguan sistem pembekuan darah di seluruh tubuh
  • Disfungsi bulbar
    Definisi: gangguan fungsi otot sekitar wajah dan leher oleh saraf bagian terbawah batang otak dan saraf-saraf otak
  • Diskus intervertebrata
    Definisi: struktur pada tulang belakang yang berfungsi sebagai penahan tulang belakang
  • Dislokasi
    Definisi: pergeseran dari tempat asalnya
  • Donor
    Definisi: orang yang menyerahkan organ tubuhnya untuk dipakai di tubuh orang lain
  • Ductus
    Definisi: saluran
  • Dysplasia
    Definisi: pertumbuhan abnormal jaringan tubuh, biasanya berupa pembelahan sel-sel muda

 

E
  • Echocardiografi
    Definisi: pemeriksaan jantung dengan teknik gelombang ultrasonik
  • eGFR
    Definisi: volume cairan yang disaring oleh saringan glomerulus ginjal per satuan waktu
  • Eksisi
    Definisi: pemotongan
  • Ekstirpasi
    Definisi: pengangkatan secara menyeluruh
  • Ekterna
    Definisi: bagian luar
  • Electroencephalography
    Definisi: pemeriksaan aktivitas saraf otak
  • Elektrokauter
    Definisi: teknik medis untuk memotong bagian tubuh dengan menggunakan pembakaran
  • Elektromiografi
    Definisi: pencatatan aktivitas listrik otot yang membantu diagnosis penyakit saraf dan otot
  • Emboli
    Definisi: sumbatan aliran darah
  • Emboli serebral
    Definisi: penyumbatan otak yang disebabkan oleh bekuan darah, lemak, atau gelembung gas dalam aliran darah
  • Embolisasi
    Definisi: prosedur non-invasif untuk menyumbat pembuluh darah
F
  • Faringectomy
    Definisi: pemotongan faring
  • Faringolaringectomy
    Definisi: pemotongan faring dan laring
  • Fascia
    Definisi: pembungkus
  • Fasikulasi
    Definisi: gerakan halus, cepat, dan berkedut dari satu berkas serabut otot atau satu unit motorik
  • Fatty liver
    Definisi: perubahan konsistensi hati akibat perlemakan
  • Fenestrasi
    Definisi: pembuatan lubang baru pada selaput gendang telinga
  • Fibrinolitic
    Definisi: pemecahan bekuan darah (fibrin)
  • Fibroid/miom
    Definisi: tumor jinak dinding rahim
  • Fiksasi internal
    Definisi: metode penyambungan patahan tulang tanpa menggunakan alat di luar kulit
  • Fistula
    Definisi: hubungan atau saluran abnormal antara dua organ atau pembuluh
  • Focal segmental
    Definisi: salah satu tipe sindrom nefrotik yang melibatkan kerusakan beberapa bagian glomerulus
  • Food supplement
    Definisi: makanan tambahan
  • Fraksi ejeksi ventrikel
    Definisi: banyaknya darah yang mampu dipompa oleh bilik jantung
  • Fungsi koordinasi
    Definisi: proses penerimaan, pengolahan, dan penyaluran rangsang ke beberapa organ tubuh agar dapat bekerja serasi
  • Fungsi sensorik
    Definisi: proses penghantaran rangsang dari reseptor ke sistem saraf pusat
G
  • Gastroenterology
    Definisi: ilmu yang mempelajari tentang saluran pencernaan
  • Gastroenterostomy
    Definisi: pemotongan lambung dan usus
  • Geriatrik
    Definisi: cabang ilmu penyakit dalam dengan fokus kesehatan manula
  • Glaukoma
    Definisi: peningkatan tekanan bola mata
  • Glomerulonefritis
    Definisi: peradangan glomerulus (sel penyaring) atau pembuluh darah ginjal
  • Granuloma
    Definisi: kumpulan sel imunitas akibat proses peradangan
  • Granulomatosa
    Definisi: peradangan yang ditandai dengan kumpulan makrofag
H
  • Hematologi
    Definisi: cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan darah dan jaringan yang membentuk darah
  • Hematoma
    Definisi: kumpulan darah di luar pembuluh darah yang terlokalisasi (memar/lebam)
  • Hematopoetik sel induk
    Definisi: sel induk yang akan berkembang menjadi sel darah seperti sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan beberapa sel lain dalam sumsum tulang
  • Hematopoietik
    Definisi: proses pembentukan sel darah
  • Hemofilia
    Definisi: penyakit gangguan pembekuan darah akibat kekurangan atau kelainan salah satu (atau lebih) faktor pembekuan darah (faktor VIII dan IX)
  • Hemoroidectomy
    Definisi: pengangkatan wasir/ambeien
  • Hepatectomy
    Definisi: pengangkatan hati
  • Hepatic encephalopaty
    Definisi: gangguan (penurunan) kesadaran akibat kelainan hati
  • Hepaticoduodenostomy
    Definisi: pengangkatan hati dan usus
  • Hepatology
    Definisi: ilmu yang mempelajari tentang hati
  • Hernia
    Definisi: penonjolan abnormal ruas organ/organ tubuh/jaringan melalui dinding organ yang lemah
  • Hernioraphy
    Definisi: tindakan operasi pada hernia
  • Histopatologik
    Definisi: ilmu yang mempelajari kondisi dan fungsi jaringan dalam kaitannya dengan penyakit
  • HIV (Human Immunodeficiency Virus)
    Definisi: virus yang dapat menyebabkan turunnya sistem ketahanan tubuh manusia
  • Hydrocele
    Definisi: adanya cairan di dalam scrotum
  • Hyperkeratosis
    Definisi: penebalan lapisan terluar kulit yang paling sering disebabkan karena kekurangan vitamin A
  • Hypoksemia
    Definisi: kekurangan oksigen dalam darah
  • Hysterectomy
    Definisi: tindakan bedah untuk mengangkat rahim
I
  • Idiopatik
    Definisi: tidak diketahui (penyebabnya)
  • Implant cochlea
    Definisi: penanaman koklea buatan
  • Impotensi
    Definisi: disfungsi seksual
  • Imunologi
    Definisi: cabang ilmu biomedik yang mempelajari aspek sistem imun pada organisme
  • Imunomodulator
    Definisi: perangsangan sistem ketahanan tubuh
  • Imunosupresi
    Definisi: penekanan sistem ketahanan tubuh
  • Infark
    Definisi: suatu daerah jaringan mati yang terlokalisasi, disebabkan oleh adanya penyumbatan aliran darah ke daerah tersebut
  • Inguinal
    Definisi: lipat paha
  • Interna
    Definisi: bagian dalam
  • Intestinal
    Definisi: usus
  • Intra arterial
    Definisi: dalam pembuluh darah bersih (arteri)
  • Intractable pruritus
    Definisi: rasa gatal yang sulit diatasi
  • Intravena
    Definisi: tindakan memasukkan suatu larutan ke dalam sirkulasi darah vena
  • Introitus
    Definisi: pintu masuk/lubang
  • Invasif
    Definisi: prosedur medis dengan memasukkan alat/benda asing ke dalam tubuh
  • Iskemik
    Definisi: ketidakcukupan aliran darah ke bagian tubuh
J
  • Jaringan parut
    Definisi: jaringan ikat yang tumbuh menggantikan jaringan normal setelah terjadinya luka atau cedera
K
  • Kalazion
    Definisi: massa pada kelopak mata
  • Kalkulus
    Definisi: endapan
  • Kanker
    Definisi: pertumbuhan sel yang tak terkendali sehingga dapat menyerang organ tubuh lain yang bersifat ganas
  • Kanker in situ
    Definisi: kanker yang terbatas pada tempat asalnya tanpa invasi ke jaringan sekitarnya
  • Kardiomiopaty
    Definisi: gangguan yang terjadi pada struktur dan fungsi dinding otot jantung
  • Karsinoma
    Definisi: kanker yang berasal dari jaringan/lapisan paling luar organ
  • Karsinomatus
    Definisi: berkaitan atau mempunyai sifat yang serupa dengan sel ganas/kanker
  • Katarak
    Definisi: lensa mata keruh atau berselaput
  • Kateterisasi
    Definisi: tindakan memasukkan perangkat medis ke dalam tubuh untuk mengobati penyakit atau melakukan prosedur pembedahan
  • Kejang grand mal
    Definisi: kejang seluruh tubuh yang menyerang kedua sisi otak besar, ditandai dengan kejang tonik klonik
  • Kejang petit mal
    Definisi: kejang yang ditandai kehilangan kesadaran dalam waktu singkat dan akan langsung kembali normal setelah fase kejang selesai
  • Kejang tonik klonik
    Definisi: kejang seluruh tubuh yang menyerang kedua sisi otak besar, ditandai dengan kaku pada keempat anggota tubuh (fase tonik) dan diikuti dengan hentakan/kelojotan pada keempat anggota tubuh tersebut (fase klonik).
  • Kelainan genetik
    Definisi: gangguan pada gen, yang dapat menyebabkan penyakit atau kelainan bawaan
  • Kelainan organik
    Definisi: kelainan pada organ tubuh manusia
  • Kelenjar lacrimal
    Definisi: kelenjar air mata
  • Kemoterapi
    Definisi: pengobatan kanker dengan obat untuk mematikan sel
  • Kifoskoliosis progresif
    Definisi: suatu kondisi abnormal tulang belakang yang bengkok ke belakang dan samping
  • Kista
    Definisi: rongga tertutup abnormal yang berisi cairan
  • Kognitif
    Definisi: kecerdasan
  • Kolitis ulseratif
    Definisi: radang usus besar dengan luka terbuka (tukak)
  • Kontrasepsi
    Definisi: metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan
  • Kornea
    Definisi: lapisan mata paling luar yang bersifat transparan
  • Kortikospinalis
    Definisi: susunan saraf yang mengantarkan rangsang gerak dari otak ke bagian motorik di batang otak dan sumsum tulang belakang
  • Kraniotomi
    Definisi: pembedahan tulang kepala
  • Kreatinin
    Definisi: hasil metabolisme protein otot
  • Kriokauter
    Definisi: teknik medis untuk menghancurkan jaringan abnormal dengan menggunakan suhu dingin yang ekstrim
  • Krioterapi
    Definisi: penggunaan suhu yang sangat rendah dalam terapi medis
  • Kronis
    Definisi: persisten, terus ada dalam waktu lama
L
  • Labirinectomy
    Definisi: pemotongan labirin
  • Laparotomy
    Definisi: tindakan bedah dengan membuka rongga perut
  • Leukemia
    Definisi: kanker sel darah putih
  • Leukemia Limfositik Kronik
    Definisi: salah satu kanker darah putih
  • Leukositosis
    Definisi: peningkatan kadar sel darah putih
  • Leukositosis neutrophilic
    Definisi: peningkatan sel darah putih (neutrofil) dalam aliran darah atau jaringan
  • Ligasi
    Definisi: pengikatan
  • Limfadenopaty
    Definisi: pembesaran kelenjar getah bening
  • Lumen
    Definisi: rongga atau ruang terbuka bagian dalam dari sebuah organ yang berbentuk silinder
  • Lumpectomy
    Definisi: pengangkatan suatu tumor dari payudara beserta dengan sebagian kecil jaringan di sekitarnya melalui prosedur pembedahan
  • Lupus discoid
    Definisi: kelainan kulit akibat penyakit lupus
  • Lupus Eritematosus
    Definisi: suatu penyakit jaringan ikat bersifat autoimun yang mempengaruhi beberapa organ seperti sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung, dan paru
  • Lupus nefritis
    Definisi: peradangan ginjal yang disebabkan lupus eritematosus sistemik
M
  • Malformasi vascular
    Definisi: kelainan pembuluh darah
  • Mandibulla
    Definisi: rahang bawah
  • Mastoidectomy
    Definisi: pemotongan tulang mastoid
  • Maxilla
    Definisi: rahang atas
  • Medula
    Definisi: inti dari organ-organ atau struktur tubuh tertentu
  • Melanoma
    Definisi: tumor kulit yang berasal dari sel melanosit (penghasil pigmen)
  • Melanoma maligna
    Definisi: kanker kulit yang berasal dari sel melanosit (penghasil pigmen)
  • Membranous
    Definisi: lapisan permukaan lentur, tipis, dan terkadang transparan
  • Meninges
    Definisi: selaput pembungkus sistem saraf
  • Meningioma
    Definisi: tumor yang berasal dari selaput pembungkus sistem saraf
  • Meningitis
    Definisi: peradangan pada selaput tipis yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang
  • Meningocele
    Definisi: penonjolan selaput sistem saraf melalui lubang pada tulang belakang
  • Meningomyelocele
    Definisi: penonjolan selaput sistem saraf dan isinya melalui lubang pada tulang belakang
  • Metastasis
    Definisi: penyebaran (sel kanker)
  • Metatarsophalangeal
    Definisi: sendi antara tulang-tulang pada bagian tengah telapak kaki dengan tulang-tulang di dekat jari kaki
  • Mielodisplastis
    Definisi: kata sifat yang digunakan untuk menjabarkan suatu kelainan tabung saraf yang menyebabkan terganggunya perkembangan sumsum tulang belakang
  • Mielofibrosis
    Definisi: suatu penyakit langka yang menyerang sumsum tulang di mana jaringan kolagen terkumpul membentuk jaringan parut fibrosa di dalam rongga sumsum tulang
  • Mikroadenoma
    Definisi: tumor kelenjar hipofisis yang berukuran sangat kecil (diameter kurang dari 10 mm)
  • Mikroadenoma pituitari
    Definisi: tumor jinak kelenjar hipofisis yang berukuran kurang dari 10 mm
  • Mikrokarsinoma papilari tiroid
    Definisi: kanker ganas pada kelenjar tiroid yang bentuknya mirip dengan jari dan hanya dapat dilihat melalui mikroskop
  • Miopati degeneratif
    Definisi: kerusakan fungsi maupun motorik pada otot yang semakin lama semakin berat
  • Motor Neuron Disease
    Definisi: sekelompok gangguan saraf yang selektif mempengaruhi sel saraf yang mengontrol aktivitas otot termasuk berbicara, berjalan, menelan, dan gerakan umum tubuh
  • Motorik
    Definisi: sesuatu yang berkaitan dengan pergerakan otot
  • MRI (Magnetic Resonance Imaging)
    Definisi: pemeriksaan pencitraan dengan teknologi medan magnet
  • Multiple sclerosis
    Definisi: gangguan akibat peradangan selaput sistem saraf yang paling dalam (mielin)
  • Muscular dystrophy
    Definisi: sekelompok penyakit otot yang melemahkan sistem muskuloskeletal dan menghambat gerak
N
  • Necrosis
    Definisi: jaringan mati
  • Nefritis
    Definisi: radang ginjal
  • Nefrostomy
    Definisi: pembuatan lubang pada ginjal
  • Nephrologists
    Definisi: dokter yang ahli dalam bidang ginjal dan saluran kemih
  • Netropenia
    Definisi: jumlah neutrofil yang menurun dalam darah
  • Neuroma akustik
    Definisi: tumor jinak pada saluran telinga bagian dalam
  • Neuropati
    Definisi: penyakit atau gangguan yang menyerang saraf sehingga mengganggu fungsi jaringan yang dipersarafi oleh saraf tersebut
  • Neuropsikologis
    Definisi: ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi otak yang berkaitan dengan proses psikologis tertentu dan perilaku
  • Neuroradiological
    Definisi: cabang ilmu radiologi yang mempelajari kelainan pada sistem saraf, tulang belakang, kepala, dan leher dengan menggunakan teknik pencitraan
  • Neurosis
    Definisi: gangguan mental berupa perilaku di luar normal yang tidak dapat diterima secara sosial
  • Neutropenia
    Definisi: kadar neutrofil di bawah normal
  • Neutrophil
    Definisi: bagian dari sel darah putih yang berfungsi untuk pertahanan tubuh terhadap peradangan terutama infeksi bakteri
  • Neutropil absolut
    Definisi: jumlah neutrofil (salah satu jenis sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi) dalam satu mililiter darah
  • Non-invasive
    Definisi: tindakan medis tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh, tanpa menyebabkan kerusakan kulit atau rongga tubuh manusia
  • NYHA classification
    Definisi: klasifikasi gagal jantung yang diajukan oleh New York Heart Association (NYHA)
O
  • Obliterasi progresive
    Definisi: hambatan yang terus bertambah berat
  • Obstruksi
    Definisi: sumbatan
  • Optic nerves
    Definisi: saraf penglihatan
  • Orbita
    Definisi: rongga mata
  • Orchidectomy
    Definisi: pemotongan testis
  • Organ
    Definisi: kumpulan jaringan yang bersatu membentuk suatu unit struktural untuk menjalankan suatu fungsi
  • Orificium
    Definisi: lubang
  • Osteogenesis imperfekta
    Definisi: sekelompok penyakit kolagen genetik di mana tulang tidak terbentuk dengan sempurna sehingga tulang tersebut menjadi rapuh dan mudah patah
  • Osteoporosis
    Definisi: penyakit tulang yang ditandai dengan adanya penurunan massa dan kepadatan tulang, yang menyebabkan tulang menjadi rentan patah dan mudah mengalami kelainan bentuk
  • Otot spinal
    Definisi: otot kanal tulang belakang
P
  • Papilary micro carcinoma
    Definisi: karsinoma tiroid papilar dengan diameter kurang dari 10 milimeter
  • Paramedis
    Definisi: seseorang yang dilatih untuk memberikan pengobatan darurat atau membantu orang lain yang profesional di bidang kesehatan (dokter)
  • Parkinson
    Definisi: penyakit motorik progresif yang ditandai dengan gemetar, kaku, gerakan lambat, dan ketidakseimbangan postur
  • Patologis
    Definisi: istilah yang digunakan untuk menunjukkan keadaan sakit atau penyakit
  • Pemasangan veno-cava filter
    Definisi: pemasangan filter (saringan) pada vena kava inferior untuk mencegah emboli paru
  • Pembedahan elektive
    Definisi: tindakan bedah berencana
  • Pembedahan haematoma subdural
    Definisi: suatu tindakan mengeluarkan perdarahan dari ruang subdural (lapisan otak)
  • Pembedahan percobaan (explorative)
    Definisi: tindakan bedah sebagai metode diagnostik untuk menemukan penyakit
  • Pembedahan radikal
    Definisi: tindakan operasi untuk mengambil jaringan yang sakit beserta penyebaran lokal di sekelilingnya termasuk jaringan getah bening
  • Pembuluh darah koroner
    Definisi: pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung
  • Pemeriksaan FEV1
    Definisi: pemeriksaan volume udara yang dapat ditiup keluar secara paksa dalam satu detik, setelah menarik napas penuh
  • Pemeriksaan LVEF
    Definisi: pemeriksaan volume darah yang keluar dari ventrikel (bilik) jantung setiap kali jantung berdenyut
  • Penyakit vaskular
    Definisi: penyakit yang menyerang pembuluh darah
  • Percutaneous valvotomy
    Definisi: pelebaran katup jantung yang kaku secara pemotongan (insisi), dengan teknik penusukan jarum melalui kulit
  • Percutaneous valvuloplasty
    Definisi: pelebaran penyempitan katup jantung dengan kateter balon, dengan teknik penusukan jarum melalui kulit
  • Percutaneus
    Definisi: melalui kulit
  • Pericardectomy
    Definisi: memotong selaput jantung
  • Perifer
    Definisi: terletak di tepi atau jauh dari pusat
  • Perikardial
    Definisi: selaput jantung
  • Perikardium
    Definisi: selaput yang menyelimuti jantung dan pembuluh darah besar
  • Peritoneal dialysis
    Definisi: proses pembersihan darah dari zat beracun menggunakan selaput perut (peritoneum) pasien sebagai membran perantara
  • Peritoneum
    Definisi: lapisan pada dinding perut
  • PET (Positron Emission Tomography)
    Definisi: teknik kedokteran radiologi nuklir untuk menghasilkan gambaran proses fungsi tubuh
  • Pita suara (vocal cord)
    Definisi: membran di ujung atas tenggorokan yang berfungsi menggetarkan udara yang melewatinya sehingga menghasilkan suara
  • Platelet absolut
    Definisi: jumlah keping darah dalam satu mililiter darah
  • Pleura
    Definisi: selaput yang menyelimuti paru-paru
  • Plexus brakhialis
    Definisi: saraf utama pada bahu, dada, dan lengan, yang berasal dari jaringan saraf otak bagian leher dan satu saraf otak bagian dada
  • Pneumothorax
    Definisi: pengumpulan udara bebas/gas dalam rongga selaput paru-paru
  • Poliartikular
    Definisi: bersifat melibatkan banyak persendian
  • Poliomyelitis
    Definisi: penyakit kelumpuhan yang disebabkan virus polio yang menyerang sistem saraf pusat
  • Polipectomy
    Definisi: pemotongan polip
  • Poliuria
    Definisi: suatu keadaan saat seseorang mengeluarkan urine dalam jumlah berlebihan, seringkali disertai dengan sering buang air kecil
  • Pre-malignant
    Definisi: cikal bakal kanker
  • Primary lateral sclerosis
    Definisi: kelemahan yang semakin memberat pada otot yang tidak dapat digerakkan dengan kesadaran (otot involunter)
  • Primary sclerosing cholangitis kronis
    Definisi: penyakit saluran empedu yang menyebabkan peradangan dan sumbatan saluran empedu
  • Pro-coagulant
    Definisi: faktor pendukung pembekuan darah
  • Progresif
    Definisi: perjalanan penyakit yang tanda dan gejalanya cenderung menjadi lebih jelas dan lebih parah
  • Progressive bulbar palsy
    Definisi: penurunan saraf motorik di korteks otak, sumsum tulang belakang, batang otak, dan traktus piramidalis, yang secara khusus melibatkan saraf IX, X, dan XII
  • Prosedur endovaskular
    Definisi: tindakan yang menggunakan kateter untuk memasukkan obat atau alat kecil ke dalam pembuluh darah untuk mengobati gangguan pada pembuluh darah
  • Prosedur key hole
    Definisi: teknik bedah modern berupa operasi yang dilakukan melalui sayatan kecil
  • Prostesis
    Definisi: alat yang digunakan sebagai pengganti bagian tubuh yang hilang
  • Proteinuria
    Definisi: keluarnya protein melalui air seni
  • Psikiater
    Definisi: dokter yang memiliki keahlian dalam bidang kesehatan jiwa
  • Psikiatri
    Definisi: cabang ilmu yang mempelajari kesehatan jiwa
  • Psiko-geriatrik
    Definisi: cabang ilmu kejiwaan dengan fokus kesehatan mental manula
  • Psikosis
    Definisi: gangguan mental berupa ketidakmampuan menilik keadaan yang sebenarnya
  • Psikosomatis
    Definisi: gangguan mental berupa perasaan memiliki penyakit akibat faktor psikologis
  • Psikotropika
    Definisi: zat atau obat yang berkhasiat untuk menyebabkan perubahan aktivitas mental dan perilaku
  • Ptosis
    Definisi: turunnya kelopak mata
  • Punksi lumbar
    Definisi: tindakan pengambilan cairan dari ruang sumsum tulang belakang di daerah lumbal, yakni di punggung bawah
R
  • Radioterapi
    Definisi: penggunaan radiasi yang biasanya dipakai untuk pengobatan kanker
  • RAI
    Definisi: teknik pemindaian tiroid dengan menggunakan ion radioaktif
  • Rectocele
    Definisi: penonjolan rectum ke vagina
  • Reduksi
    Definisi: koreksi yang dilakukan pada patah tulang/dislokasi
  • Refraksi mata
    Definisi: ketajaman penglihatan
  • Rehabilitasi
    Definisi: layanan kesehatan untuk mengembalikan kondisi ke fungsi semula
  • Rematologi
    Definisi: cabang ilmu penyakit dalam yang mempelajari penyakit reumatik
  • Reseksi
    Definisi: pengangkatan seluruh/sebagian organ
  • Resipien
    Definisi: seseorang yang menerima jaringan atau organ dari donor
  • Reticulocyte
    Definisi: sel darah merah muda
  • Retikulosit absolut
    Definisi: jumlah sel darah merah yang belum matang dalam satu mililiter darah
  • Retinopati prematur
    Definisi: saraf mata (retina) yang lepas pada bayi prematur
  • Reversible ischaemic neurological disorder
    Definisi: gangguan sistem saraf yang tidak menetap, diakibatkan oleh terganggunya aliran darah, dan kembali normal dalam waktu lebih dari 24 jam namun kurang dari 72 jam
  • Rheumatoid Arthritis
    Definisi: suatu penyakit kronis yang menyebabkan terjadinya peradangan dan kelainan bentuk sendi, disebabkan oleh adanya suatu antibodi yang menyerang sel sendi itu sendiri
  • Rheumatoid factor
    Definisi: antibodi yang ditemukan dalam darah penderita rheumatoid artritis
  • Rheumatologist Pediatrik
    Definisi: dokter yang spesialisasinya adalah penyakit rheumatik pada anak
  • Rhizotomy
    Definisi: pemotongan akar saraf kepala/saraf tulang belakang
  • Ruptur
    Definisi: kondisi pecah/robek/putus
S
  • Salpingo-ooforektomi
    Definisi: tindakan bedah untuk mengangkat saluran indung telur dan indung telur
  • Sanatorium
    Definisi: fasilitas medis untuk penyakit khusus jangka panjang
  • Saraf optik
    Definisi: saraf otak yang berfungsi mengirimkan sinyal penglihatan dari retina ke otak
  • Sedimen aktif
    Definisi: produk yang berasal dari darah atau ginjal dan saluran kemih yang teridentifikasi dari urin bila dilihat dengan mikroskop
  • Self antigen
    Definisi: penanda diri (sel imun) abnormal, yang dapat terjadi pada saat terinfeksi (khususnya infeksi virus) dan perubahan sel
  • Serebral
    Definisi: otak; bagian dari sistem saraf pusat
  • Serokonversi
    Definisi: perubahan hasil pemeriksaan darah dari negatif ke positif yang menunjukkan ada perkembangan antibodi sebagai respon imunisasi atau infeksi
  • Serositis
    Definisi: peradangan pada selaput serosa
  • Sindrom CREST (Calcinosis, Raynaud Phenomenon,Esophageal Dysmotility, Sclerodactyly, and Telangiectasia
    Definisi: suatu bentuk skleroderma yang merupakan kombinasi dari penumpukan kalsium, fenomena Raynaud (kekakuan pembuluh darah akibat emosi yang kuat ataupun rangsangan berupa suhu dingin), gangguan pergerakan kerongkongan, mengerasnya kulit pada jari, dan pelebaran pembuluh darah yang nampak pada kulit
  • Sindrom nefrotik
    Definisi: kumpulan gejala berupa keluarnya protein di urin, kadar albumin turun, badan bengkak, dan kadar lemak meningkat
  • Sinus
    Definisi: rongga di dalam tulang atau jaringan lain
  • Sirkumsisi
    Definisi: sunat
  • Sirosis
    Definisi: pengerasan hati
  • Sistem hematologi
    Definisi: sistem sirkulasi darah dan sel darah
  • Sistem vestibular
    Definisi: suatu sistem di telinga bagian dalam yang berfungsi mengatur keseimbangan
  • Sistemik
    Definisi: sesuatu yang bersifat meluas, mempengaruhi beberapa organ tubuh atau satu kesatuan tubuh
  • Sistolik
    Definisi: tekanan darah atas
  • Skeleroderma Progresif
    Definisi: penyakit kulit dan jaringan ikat yang semakin lama semakin parah
  • Skleroderma Linier
    Definisi: penyakit kulit dan jaringan ikat yang muncul terlokalisasi dengan luka berbentuk seperti pita disertai perubahan warna kulit dan berkurangnya ukuran sel kulit, jaringan bawah kulit (subkutan), otot dan tulang
  • Sklerosis
    Definisi: pengerasan (pembuluh darah)
  • Spina bifida
    Definisi: kelainan pada tulang belakang
  • Spinal muscular atropy
    Definisi: kelainan genetik berupa penurunan kemampuan gerak dan pengecilan otot secara umum
  • Splenomegali
    Definisi: pembesaran limpa
  • Squamous skin cancer
    Definisi: kanker kulit yang berasal dari sel skuamosa
  • Status asmatikus persisten
    Definisi: serangan asma berat yang tidak membaik dengan terapi standar
  • Stent
    Definisi: pemasangan jala/alat medis untuk menyangga sumbatan aliran pembuluh darah
  • Sterilisasi
    Definisi: teknik medis untuk mencegah kemampuan memperoleh keturunan
  • Stimulus
    Definisi: rangsangan
  • Stroke
    Definisi: kematian sel otak tiba-tiba akibat gangguan aliran darah ke otak
  • Stye
    Definisi: hordeolum
  • Sub arachnoid
    Definisi: ruang antara otak dan selaput otak
  • Sub kutan
    Definisi: jaringan di bawah kulit
  • Systectomy
    Definisi: pemotongan kandung kemih
  • Systocele
    Definisi: penonjolan kandung kemih di dinding vagina
T
  • Tabel Lund and Browder Body Surface
    Definisi: metode penghitungan persentase luas luka bakar untuk setiap bagian utama tubuh pada bayi dan anak; rasio antara luas kepala leher dengan tungkai lebih besar pada anak daripada dewasa
  • Tekanan intrakranial
    Definisi: tekanan dalam rongga kepala
  • Teknik pencitraan (imaging)
    Definisi: teknik representasi atau reproduksi suatu objek dalam bentuk citra/gambar
  • Teknik ultrasonik
    Definisi: teknik pemeriksaan dengan menggunakan gelombang tekanan suara
  • Tes Seronegatif
    Definisi: hasil negatif pada pemeriksaan serum darah
  • The Rule of Nines
    Definisi: metode penghitungan persentase luas luka bakar untuk setiap bagian utama tubuh pada dewasa
  • Thoracoplasty
    Definisi: pengangkatan tulang iga
  • Thrombocytopenia
    Definisi: kadar trombosit di bawah normal
  • Thrombo-hemorrhagic sistemik
    Definisi: keadaan bekuan darah atau perdarahan di seluruh tubuh
  • Timpanoplasty
    Definisi: pembuatan selaput gendang telinga
  • Tindakan CABG
    Definisi: pencangkokan pembuluh darah dari bagian tubuh lain ke jantung, untuk memperbaiki aliran darah ke otot jantung dengan menggantikan fungsi pembuluh darah jantung yang tersumbat
  • Tiroid
    Definisi: kelenjar endokrin terbesar yang terletak di bagian depan leher (kelenjar gondok)
  • Toksisitas
    Definisi: derajat kekuatan racun dari suatu zat
  • Tonsil
    Definisi: kumpulan kelenjar getah bening di tenggorokan (amandel)
  • Tonsilectomy
    Definisi: pengangkatan amandel
  • Torakotomy
    Definisi: tindakan bedah yang membuka rongga dada
  • Tracheostomy
    Definisi: pemotongan trakea
  • Transeksi
    Definisi: pemotongan
  • Transfusi darah
    Definisi: tindakan untuk memasukkan komponen darah ke sirkulasi darah dalam tubuh untuk mengganti darah yang hilang
  • Transient ischaemic attack
    Definisi: gangguan sistem saraf yang tidak menetap, diakibatkan oleh terganggunya aliran darah, dan kembali normal dalam waktu 24 jam
  • Transmyocardial laser revascularisation
    Definisi: prosedur non-invasif pada terapi angina berat dengan cara meningkatkan aliran darah ke otot jantung melalui penembakan sinyal laser pada lapisan jantung luar atau dalam
  • Transplantasi
    Definisi: pemindahan suatu jaringan dari satu orang ke orang lain atau dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lain
  • Trombosis
    Definisi: pembentukan bekuan darah di dalam pembuluh darah
  • Trombosis serebral
    Definisi: pembentukan bekuan darah di dalam pembuluh darah otak yang menyebabkan sumbatan aliran darah ke otak
  • Trombosis sinus kavernosus
    Definisi: penyumbatan pada vena di dasar otak
  • Trombosit (platelet)
    Definisi: sel darah yang berfungsi untuk pembekuan darah
  • Trombositopenia
    Definisi: penurunan jumlah sel darah yang berperan dalam proses pembekuan darah (keping darah) secara abnormal
  • Troponin
    Definisi: protein yang terkandung dalam otot jantung dan otot lurik
  • Tuba falopii
    Definisi: saluran indung telur
  • Tubektomi/MOW
    Definisi: teknik sterilisasi pada wanita
  • Tuberkulosis
    Definisi: penyakit akibat infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis (TBC)
  • Tukak
    Definisi: luka atau peradangan yang terbuka
  • Tumor
    Definisi: pertumbuhan jaringan yang abnormal
  • Tumor pituitari
    Definisi: tumor pada kelenjar hipofisis di otak
  • Tungkai
    Definisi: bagian kaki yang memanjang dari atas paha sampai telapak kaki
  • Turbinectomy
    Definisi: pemotongan konka hidung
  • Tyroidectomy
    Definisi: pemotongan kelenjar tiroid
U
  • Ureter
    Definisi: saluran dari ginjal ke kandung kemih
  • Uretra
    Definisi: saluran dari kandung kemih ke luar
  • Urine
    Definisi: air seni
V
  • Vaksinasi
    Definisi: tindakan memasukkan suatu mikro organisme (virus, bakteri) yang mati atau dilemahkan, atau protein dari mikro organisme tersebut, ke dalam tubuh untuk menimbulkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah atau mengobati suatu penyakit menular
  • Varices
    Definisi: pelebaran pembuluh darah balik
  • Varicocele
    Definisi: pelebaran pembuluh darah scrotum
  • Vasculitis
    Definisi: peradangan pembuluh darah
  • Vasektomi/MOP
    Definisi: teknik sterilisasi pada laki-laki
  • Ventilator mekanik
    Definisi: alat untuk membantu proses pertukaran udara atau pernafasan dengan cara memompakan udara dari luar ke dalam paru-paru
  • Ventrikel jantung
    Definisi: bilik jantung
  • Ventrikel otak
    Definisi: ruang di otak yang mengandung cairan serebrospinal
W
  • Wasir
    Definisi: pembengkakan/peradangan pembuluh darah di anus (ambeien)
Y
  • Yeyenum/Jejunum
    Definisi: bagian dari usus halus