5 Pilihan Investasi yang Menguntungkan untuk Masa Depan

Saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui pentingnya berinvestasi. Namun, tak jarang pula yang masih belum paham mengenai pengertian investasi. Secara umum, pengertian investasi adalah penanaman dana atau aset yang dilakukan baik secara perorangan atau perusahaan dalam kurun waktu tertentu untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Selain untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, melakukan investasi juga memiliki banyak manfaat untuk Anda. Beberapa manfaat investasi adalah memiliki kebebasan finansial, aset dan kekayaan meningkat, serta terhindar dari inflasi.

Terdapat berbagai jenis investasi yang ada, Anda bisa memilih investasi yang menguntungkan dan sesuai dengan yang Anda inginkan serta dibutuhkan. Beberapa jenis investasi yang menguntungkan untuk masa depan Anda yakni antara lain sebagai berikut:

Investasi Emas

Jenis investasi yang cukup awam dikenal sebagian orang adalah investasi emas. Investasi emas memang sudah dilakukan sejak lama, tetapi saat ini sudah banyak jenis investasi emas. Beberapa jenis investasi emas adalah voucher emas, logam mulia, dan emas batang. Tantangan dari jenis investasi yang satu ini adalah dari tempat penyimpanannya.

Jika Anda ingin melakukan investasi emas pastikan Anda menggunakan safe deposit box yang disediakan oleh beberapa bank di sekitar Anda. Jika Anda ingin menyimpan emas Anda secara pribadi, Anda bisa menggunakan brankas pribadi agar emas Anda dapat tersimpan dengan aman.

Investasi Deposito

Jenis investasi yang memiliki risiko yang terbilang kecil adalah investasi deposito. Anda bisa menggunakan investasi deposito jika ingin menyimpan uang dalam kurun waktu yang cukup panjang. Deposito merupakan tabungan yang memiliki jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan.

Jangka waktu deposito pun bisa bermacam-macam mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Terdapat beberapa jenis deposito yang bisa Anda gunakan seperti deposito berjangka, deposito on call, dan deposito sertifikat.

Saham

Jenis investasi yang menguntungkan untuk masa depan berikutnya adalah investasi saham. Saham merupakan tanda kepemilikan suatu perusahaan. Saham sendiri memiliki bentuk lembaran kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan sebagai tanda keikutsertaan modal dan persentase kepemilikan perusahaan. Rumus keuntungan dan risiko saham berbanding lurus yaitu high risk dan high return.

Jika semakin tinggi keuntungan yang didapat, maka semakin tinggi pula risiko yang harus Anda terima. Jika ingin melakukan investasi saham, pastikan Anda mengetahui dan menganalisa jenis saham dan analisis ketepatan penempatan modal yang Anda miliki untuk investasi.

Properti

Selain 3 investasi di atas, investasi properti merupakan investasi yang menguntungkan untuk masa depan Anda. Tanah, rumah dan properti lainnya termasuk investasi yang bersifat klasik karena keberadaannya sudah ada sejak dahulu. Investasi di bidang ini cukup mudah karena bisa dijalankan dengan sistem sederhana.

Tantangan dalam investasi properti adalah membutuhkan modal yang tidak sedikit dan kemampuan melihat lokasi yang strategis di masa depan. Jika Anda ingin melakukan investasi properti, Anda bisa mulai menabung terlebih dahulu, setelah itu membeli properti mulai dari harga murah.

Reksa Dana

Jenis investasi yang menguntungkan terakhir adalah Reksa Dana. Jenis investasi terkenal karena memiliki risiko kecil dan mudah dilakukan. Reksa Dana adalah jenis investasi yang cukup terkenal dengan risiko kecil dan mudah untuk dilakukan.

Reksa Dana itu sendiri merupakan tempat untuk mengumpulkan dana melalui pihak lain yang diwujudkan dalam bentuk saham, surat berharga, obligasi maupun sekuritas lainnya. Lebih lanjut, dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi Reksa Dana cenderung murah yaitu sebesar

Itulah pengertian investasi dan 5 pilihan investasi yang menguntungkan yang Anda bisa coba. Selain memilih investasi yang menguntungkan di masa depan, Anda juga harus mempersiapkan masa depan Anda dengan asuransi. Salah satu asuransi yang memiliki manfaat investasi adalah PRULink Investor Account. Produk Asuransi Jiwa ini sudah terhubung dengan investasi dengan pembayaran premi satu kali yang menawarkan berbagai pilihan dana investasi. Selain mendapatkan potensi hasil investasi, PRULink Investor Account juga akan memberikan perlindungan terhadap risiko kematian atau risiko menderita cacat total.

 

Back to Top