Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Gigi Pada Anak yang Bisa Ibu Lakukan

Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Pasalnya tak hanya gigi yang nyeri, tetapi membuat suasana hati turun naik. Misalnya mendengar suara sedikit kencang bisa membuat gigi nyeri dan mood uring-uringan.

Kondisi tersebut tak hanya dialami orang dewasa, anak-anak pun kerap mengalami sakit gigi. Apalagi ada masanya gigi bungsu mereka goyah, lalu copot untuk digantikan dengan gigi dewasa. Masalah pada anak lainnya adalah sakit gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena tidak menjaga kesehatan gigi.

Jika anak Anda mengalami sakit gigi, ada beberapa cara mudah menyembuhkannya. Setidaknya cara di bawah ini merupakan pertolongan pertama ketika pertama kali anak merasakan sakit gigi.

Kumur Air Hangat

Pertolongan pertama saat anak merasakan sakit gigi adalah berkumur dengan segelas air hangat. Hal tersebut dapat meredakan sakit gigi. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, tambahkan sejumput garam ke dalam air hangat. Cara lain, rebus sejumput thyme (gunakan daun kering thyme yang ada di swalayan) ke dalam air. Saring dan mintalah anak untuk berkumur. Ulangi berkumur beberapa kali sampai sakit gigi sembuh atau hilang.

Kompres Air Dingin

Gigi atau gusi bermasalah sering kali membuat pipi terlihat membengkak. Salah satu solusinya adalah mengompres pipi dengan air dingin. Anda juga bisa meletakkan beberapa es batu ke handuk kecil, bungkus es, lalu tempelkan handuk ke pipi. Ulangi beberapa kali. Cara ini bisa Anda pakai jika anak belum bisa berkumur.

Jeruk Nipis

Karena kandungan vitamin C cukup tinggi, jeruk nipis dapat menjadi pertolongan pertama ketika anak sakit gigi. Potong jeruk nipis kecil-kecil, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan beberapa kali hingga sakit gigi berangsur sembuh. Ini adalah cara meredakan sakit gigi buat anak-anak yang gemar makan buah asam seperti jeruk nipis atau lemon.

Essential Oils

Essential oils sudah sejak lama dikenal sebagai bahan natural untuk menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, minyak cengkeh dan peppermint dipercaya menjadi obat sakit gigi. Ada dua cara menggunakan minyak ini. Pertama, tuang tiga tetes clove oil atau peppermint oil ke dalam segelas air (250 - 300 mililiter). Mintalah anak untuk berkumur. Kedua, ambil kapas lalu berikan satu tetes clove oil atau peppermint oil. Tempelkan kapas pada gigi yang sakit.

Jika keesokan hari, anak tak kunjung sembuh, segera ke dokter gigi. Jika dokter gigi langganan Anda yang praktik mandiri belum buka, jangan ragu untuk membawanya ke rumah sakit. Tak perlu khawatir mengenai proses administrasi di sana karena, Anda bisa menggunakan Asuransi Kesehatan dengan sistem Cashless.

Sistem itu telah diterapkan oleh Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia. PRUPersonal Accident Death & Disablement Plus, misalnya. Dengan kartu Cashless dari Perusahaan Asuransi, Anda akan mendapatkan layanan optimal. Anda fokus pada sakit gigi anak dan asuransi akan menyelesaikan administrasi.

Obat Pereda Nyeri

Ini adalah solusi terakhir untuk mengobati sakit gigi pada anak. Obat pereda nyeri bisa mengurangi sakit pada gigi, karena sistem kerjanya menghambat saraf penyebab nyeri. Meski demikian, Anda harus hati-hati memberikan obat kepada anak. Terlebih jika anak memiliki alergi atau bermasalah dengan asam lambung.

Jika anak sudah sembuh dari sakit gigi, ajarkan merawat gigi. Ibu dan Ayah bisa mengajak anak bersama-sama sikat gigi setelah mandi, setelah makan, dan sebelum tidur. Dan mengurangi konsumsi makanan serta minuman manis.

Back to Top