5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona | Prudential Indonesia

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona

Serangan wabah virus Corona SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2) kini memicu kekhawatiran sebagian besar populasi manusia di Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia. Pasalnya, virus ini telah menjangkiti sekitar 2.600 jiwa lebih dan belum diketahui secara pasti bagaimana virus ini menyebar.

Namun jangan khawatir, Anda disarankan untuk selalu mengetahui perkembangan virus Corona SARS-CoV-2 dan juga informasi lainnya terkait gejala, penyebaran, serta cara-cara agar dapat selamat menghindari wabah virusnya, seperti berikut ini!

Pengertian Virus Corona

Ketika membicarakan tentang wabah virus Corona yang menyerang saat ini, banyak yang salah mengartikan istilah-istilahnya. Virus Corona atau Coronavirus merupakan sebuah jenis virus yang memiliki penampilan permukaan penuh dengan jarum runcing yang menyerang saluran pernapasan. Adapun yang dapat menjangkit manusia antara lain MERS, SARS, dan juga SARS-CoV-2 yang mewabah saat ini.

Asal Usul SARS-CoV-2

Wabah ini disinyalir berasal dari wilayah Kota Wuhan, Tiongkok, atau tepatnya berasal dari pasar ikan yang ada di wilayah setempat. Menurut peneliti Tiongkok, virus Corona SARS-CoV-2 menyebar melalui hewan ke manusia.

Penyakit COVID-19 dan Gejalanya

Infeksi virus Corona SARS-CoV-2 mengakibatkan penyakit dengan gejala-gejala antara lain batuk, flu, demam, serta sesak napas. Kini, penyakit infeksi virus SARS-CoV-2 dinamakan sebagai COVID-19 (Coronavirus Disease 2019).

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit Jelang Musim Hujan

Penyebaran SARS-CoV-2

Menurut World Health Organization (WHO), virus Corona SARS-CoV-2 menyebar melalui tetesan cairan yang dikeluarkan individu yang telah terjangkit virus saat batuk atau bersin. Maka dari itu, setiap orang kini disarankan untuk selalu menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk atau setiap saat dengan menggunakan masker.

Cara Menghindari Virus Corona SARS-CoV-2

Cara utama yang paling direkomendasikan WHO adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik. Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk menghindari menyentuh hidung, mulut, dan mata dengan tangan. Tujuannya adalah untuk menangkal infeksi melalui kontak anggota-anggota tubuh tersebut.

Nah, itulah tadi informasi seputar apa virus Corona SARS-CoV-2 dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, Anda harus selalu mengikuti info perkembangan wabah ini, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta meningkatkan perlindungan agar bisa terhindar dari virus yang sedang mewabah.

Bila perlu, lindungi diri Anda dari risiko virus Corona serta penyebab-penyebab penyakit lainnya dengan menggunakan perlindungan kesehatan terbaik, seperti Asuransi Tambahan inovatif PRUTotal Critical Protection (PRUTop). Produk Asuransi Tambahan (Riders) ini memberikan manfaat untuk membantu Anda menghindari ancaman kondisi kritis, termasuk risiko penyakit-penyakit baru yang belum ditemukan di masa depan, seperti virus Corona.

Baca Juga: 3 Manfaat Asuransi Penyakit Kritis dari Prudential yang Bisa Anda Ketahui

Back to Top