6 Cara Mencegah Banjir di Lingkungan Rumah | Prudential Indonesia

6 Cara Mencegah Banjir di Lingkungan Rumah

Genangan banjir dapat mengakibatkan banyak sekali kerugian, terutama secara finansial dan materiel. Belum lagi, musibah ini juga kerap membawa air kotor yang berlumpur serta berbagai penyebab gangguan kesehatan dan penyakit, seperti bakteri dan juga virus.

Namun, untungnya, musibah ini bisa dihindari dari jauh hari dengan langkah dan strategi yang tepat. Berikut adalah keenam cara mencegah banjir di lingkungan rumah yang dapat Anda lakukan!

Membuang Sampah pada Tempatnya

Tersumbatnya saluran air umumnya disebabkan sampah dan dapat ditangani dengan membersihkan sampah-sampah tersebut. Namun, Anda bisa menghindari terjadinya hal ini dan mengakibatkan banjir dari jauh hari dengan membuang sampah pada tempatnya.

Menanam Tanaman dan Pohon

Akar yang dimiliki pohon dan tanaman ternyata juga bisa mencari salah satu cara mencegah banjir. Penyebabnya adalah akar yang menjalar ke dalam tanah dapat membantu menyalurkan air masuk ke dalam tanah, sehingga tidak menggenang di atas permukaan.

Membuat Sumur Resapan

Kemudian, Anda bisa membuat air meresap ke dalam tanah secara manual dengan membuat sumur resapan atau biopori. Keduanya merupakan saluran drainase yang tertanam pada tanah, sehingga air akan lebih dapat masuk ke dalam tanah.

Baca Juga: 6 Persiapan Musim Hujan di Indonesia Agar Tetap Fit

Menggunakan Grass Block

Grass block adalah salah satu jenis bahan untuk pembuatan jalan. Namun, kelebihan grass block adalah lubang di tengahnya yang dapat menjadi tumbuhnya rumput dan tempat resapan air. Anda bisa menggunakan ini di halaman rumah tempat kendaraan parkir.

Melaporkan Kepada Kepala RT dan RW

Jika lingkungan Anda membutuhkan pembersihan, tidak ada salahnya untuk melapor ke pengurus RT maupun RW. Mereka kemudian akan dapat melakukan koordinasi kerja bakti bersama bila memang ditemukan masalah kebersihan pada wilayah Anda.

Memastikan Lahan Terbuka Tetap Terjaga

Ketika merenovasi atau membangun rumah, tidak jarang yang tergoda untuk menutup seluruh permukaan dengan semen. Walaupun hal tersebut dapat memperluas bangunan rumah, memastikan lahan terbuka tercukup untuk resapan air sangatlah penting.

Demikian keenam cara mencegah banjir di lingkungan rumah yang bisa dilakukan. Pada dasarnya, hampir seluruh cara tadi akan semakin membuahkan hasil apabila diterapkan oleh seluruh anggota masyarakat yang tinggal di suatu lingkungan. Dengan begitu, semua orang akan dapat bersama-sama menghindari banjir dan risiko yang dibawa oleh musibah tersebut.

Nah, untuk keluarga Anda pribadi, Anda dapat lebih melindungi mereka dengan produk Asuransi Jiwa yang komprehensif, seperti PRULink Syariah Generasi Baru. Produk ini memberikan manfaat perlindungan jiwa dan juga Unit Link yang dapat senantiasa menjaga kesejahteraan Anda sekeluarga.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa Prudential yang Wajib Diketahui

Back to Top