6 Manfaat Bersepeda di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Tiru

Olahraga ringan yang banyak disukai salah satunya adalah bersepeda. Dengan melakukan aktivitas ini, bukan hanya fisik yang mendapatkan manfaatnya, tapi juga Anda bisa menikmati pemandangan sekitar. Selain kesenangan, manfaat bersepeda juga sangat banyak bagi kesehatan Anda. Bersepeda sendiri bila dilakukan tiap 30 menit setiap hari di pagi hari secara rutin bisa memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat bersepeda yang perlu Anda ketahui.

Menambah Keseimbangan, Koordinasi Otot Tubuh, dan Kekuatan

Bersepeda menjadi salah satu bentuk latihan yang cocok bagi pengidap osteoporosis karena termasuk olahraga ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit pada  bagian sendi. Bersepeda juga membantu memperbaiki kondisi nyeri lutut pada lansia.

Menurunkan Stres

Saat bersepeda, hormon endorfin diproduksi tubuh. Hormon ini bisa memunculkan rasa nyaman dan meningkatkan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga mampu mengurangi rasa sakit yang dialami tubuh. Selain itu, ketika bersepeda, Anda juga akan menikmati pemandangan yang akan membantu menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

Mengontrol Berat Badan

Salah satu cara sederhana untuk membantu mengontrol berat badan adalah dengan bersepeda. Alasannya kegiatan ini bisa membakar lemak tubuh, membantu membangun otot, dan menaikkan metabolisme.

Namun bukan hanya bersepeda, mengontrol berat badan juga perlu digabung dengan menerapkan pola makan yang sehat. Banyaknya kalori yang dibakar ketika sedang bersepeda bisa bergantung dari berapa lama, berapa jauh, dan berapa cepat Anda melakukan bersepeda.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Ternyata bersepeda secara rutin juga memiliki pengaruh terhadap otak, yakni meminimalisir penurunan fungsi kognitif (daya pikir) dan risiko demensia. Ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah menuju  ke otak mempengaruhi oksigen dan nutrisi yang diterima oleh otak. Jika ingin merasakan manfaat tersebut, lakukan olahraga sepeda 45-60 menit setiap hari.

Meminimalisir Terjadinya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat bersepeda secara teratur bisa membantu meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, memperbaiki kinerja jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah. Dengan rutin berbersepeda bisa menurunkan kadar lemak dalam darah dan membuat otot jantung menjadi kuat.

Meminimalisir Munculnya Penyakit Kanker dan Diabetes

Cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir munculnya penyakit kanker dan diabetes, yakni dengan rutin menerapkan pola makan yang sehat dan berbersepeda dengan rutin minimal 30 menit per hari. Salah satu alasannya, orang yang bertubuh bugar, bisa meminimalisir terkena kanker kolorektal dan kanker paru-paru.

Ternyata hanya dengan bersepeda saja ada begitu banyak yang bisa Anda peroleh. Dengan mengetahui manfaat bersepeda di atas, semoga Anda jadi lebih bersemangat ya melakukannya setiap hari.

Bagi Anda yang memang sudah terbiasa melakukan olahraga sepeda bisa ikut PRURide Indonesia 2019 dari Prudential Indonesia. Ini merupakan acara sportsfest terbesar di Indonesia dari Prudential Indonesia yang melibatkan partisipasi ribuan penggemar olahraga sepeda dan mengkombinasikan gaya hidup sehat, kuliner sehat, pertunjukan musik, dan atraksi spesial lainnya dalam satu tempat.

Acara akan diselenggarakan pada 7 dan 8 Desember 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Bagi pengendara sepeda profesional akan ada dua kategori, yaitu Gran Fondo (120K) dan Medio Fondo (60K) yang jalurnya akan melewati berbagai iconic spot keindahan alam Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis, Bukit Bego Karang Kulon dan Geopark Gunung Sewu.

Back to Top