Apa Saja Penyakit Kekurangan Vitamin yang Bisa Dialami? | Prudential Indonesia

Apa Saja Penyakit Kekurangan Vitamin yang Bisa Dialami?

Setiap orang perlu memakan makanan yang mengandung vitamin guna menunjang pertumbuhan dan menjaga fungsi tubuhnya. Hal ini lantaran vitamin merupakan salah satu dari keenam nutrisi esensial (vitamin, karbohidrat, protein, lemak, air, dan mineral) atau jenis-jenis nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri.

Namun, bukan hanya itu saja vitamin memiliki berbagai macam fungsi. Apabila kebutuhan akan salah satunya tak dipenuhi, Anda mungkin akan berisiko mengalami bermacam kondisi kesehatan atau penyakit kekurangan vitamin di kemudian hari.

Simak beberapa akibat kekurangan vitamin yang perlu dihindari dari sekarang!

Kekurangan Vitamin A

Vitamin A bisa ditemukan pada berbagai macam sayuran, seperti bayam dan brokoli, serta buah-buahan, seperti tomat dan juga pepaya. Kurang mengonsumsi makanan seperti ini dapat mengganggu kesehatan mata, seperti mata kering atau bahkan rabun senja.

Baca Juga: 5 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui 

Kekurangan Vitamin B

Vitamin B memiliki berbagai jenis dan tentunya akan mengakibatkan berbagai macam penyakit jika tak dipenuhi, seperti berikut ini:

  • Kekurangan vitamin B1: tubuh lemas, berat badan turun, dan gangguan memori
  • Kekurangan vitamin B3: demensia, diare, dan dermatitis
  • Kekurangan vitamin B9: anemia serta gangguan pertumbuhan janin saat kehamilan
  • Kekurangan vitamin B12: anemia, tubuh lemas dan pusing, serta gangguan nafsu makan

Kekurangan Vitamin C

Gejala-gejala kekurangan vitamin C yang bisa dirasakan dalam jangka pendek yaitu tubuh yang lemas serta kulit yang tidak sehat. Namun, apabila terus dibiarkan, hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan tulang, menyebabkan sistem imun terganggu, dan bahkan luka yang sulit sembuh.

Kekurangan Vitamin D

Rupanya, akibat kekurangan vitamin D,  Anda mengalami penyakit pada tulang, seperti Osteoporosis. Hal ini karena kandungan vitamin D, seperti pada ikan salmon dan tuna, berguna untuk membantu mengatur kadar kalsium demi menjaga kesehatan tulang.

Kekurangan Vitamin E

Penyakit akibat kekurangan vitamin E jarang ditemui lantaran jenis vitamin ini sangat mudah ditemukan di berbagai makanan. Namun, pada beberapa kasus, seseorang bisa mengalami kekurangan vitamin D dan mengalami sakit otot atau bahkan gangguan koordinasi tubuh.

Demikian tadi beberapa informasi yang perlu diketahui seputar penyakit kekurangan vitamin. Secara umum, kondisi-kondisi kesehatan tadi bisa disembuhkan dengan memperbaiki asupan vitamin. Namun, ada baiknya Anda terus menjauhi risiko-risikonya dengan menjaga pola makan dari sekarang.

Kemudian, tak ada salahnya juga untuk meningkatkan perlindungan dengan membeli produk Asuransi Kesehatan seperti PRUPrime Healthcare dari Prudential Indonesia. Produk ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan perlindungan komprehensif, yang mencakup manfaat pembayaran rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, serta berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Hidup Sehat Ini Perlu Dilakukan untuk Anda yang Super Sibuk

Back to Top