Jangan Keliru! Ketahui Dulu Beda Gejala Flu, Pilek, dan Virus Corona Berikut Ini | Prudential Indonesia

Jangan Keliru! Ketahui Dulu Beda Gejala Flu, Pilek, dan Virus Corona Berikut Ini

Sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini di seluruh dunia sedang berjuang menghadapi virus corona. Penyakit yang mulai muncul di Wuhan, China ini jika sekilas memiliki tanda yang mirip dengan gejala flu dan pilek. Lantas apa saja perbedaan gejala flu, pilek, dan juga virus corona?

Gejala Flu

Influenza (flu) bisa datang dengan cepat. Flu merupakan infeksi pernapasan umum dikarenakan adanya virus yang mengganggu hidung dan tenggorokan (pernapasan bagian atas) yang bisa menetap selama lima sampai tujuh hari ke depan.

Virus yang menyebabkan flu masuk dalam golongan rhinovirus yang bisa menyebar dari manusia ke manusia lainnya lewat percikan cairan yang dikeluarkan ke udara oleh pengidap ketika batuk, berbicara, atau bersin.

Ada beberapa gejala flu yang biasanya terjadi, seperti batuk kering, demam dan menggigil, terkadang terjadi diare pada anak-anak, hidung berair atau tersumbat, tubuh merasa lemas, tubuh terasa nyeri dan linu, dan terkadang mengalami radang tenggorokan.

Saat ini gangguan flu bisa dicegah dengan vaksinasi sedangkan virus corona sampai saat ini belum ditemukan vaksin maupun obatnya. Flu cenderung bisa sembuh tanpa memeroleh perawatan medis. Anda hanya perlu mengonsumsi air putih dan istirahat yang cukup, makan yang teratur, dan bila kondisi gejala flu tidak kunjung hilang bisa memeriksakan kondisi ke dokter.

Gejala Pilek

Seperti yang diketahui selama ini jika gejala pilek paling umum, yakni membuat hidung jadi tersumbat sehingga pengidapnya jadi sulit bernapas. Namun gejalanya masih cenderung ringan daripada flu dan corona. Bukan hanya itu saja, pilek bisa menimbulkan gejala seperti batuk ringan, bersin, keluar cairan dari hidung, atau hidung tersumbat, kelelahan (terkadang), mata berair, radang tenggorokan, dan terkadang sakit kepala.

Baca juga: 6 Persiapan yang Perlu Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit Selama Musim Hujan di Indonesia

Gejala Virus Corona (COVID-19)

Virus corona atau COVID-19 menjadi salah satu jenis virus baru yang sebelumnya belum pernah menyerang manusia dan menyebar cepat di seluruh dunia. Virus corona  bisa menimbulkan masalah kesehatan serius pada sebagian orang, seperti orang yang sudah memiliki penyakit lain atau penyakit bawaan misalnya penyakit asma, diabetes, jantung, paru, atau wanita hamil dan orang yang sudah lanjut usia. Gejala virus corona meliputi batuk kering, demam lebih dari 38°C, menggigil, tubuh terasa lelah, nyeri, radang tenggorokan, sakit kepala, dan sulit bernapas.

Semoga informasi terkait gejala flu, pilek, dan virus corona di atas bisa membantu Anda membedakan ketiganya, ya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, tambah juga perlindungan kesehatan Anda dengan Asuransi Kesehatan seperti PRUPrime Healthcare Plus. Ini merupakan produk Asuransi Tambahan yang memberikan jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia dan bisa memberikan fleksibilitas pada pilihan perlindungan kesehatan Anda.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan yang Perlu Dilakukan

Back to Top