Masih Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Ini 5 Manfaat Pohon Bagi Kesehatan! | Prudential Indonesia

Masih Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Ini 5 Manfaat Pohon Bagi Kesehatan!

Kehidupan manusia bergantung pada berbagai faktor alam, salah satunya adalah pohon. Tanpa adanya pohon, kita mungkin tidak dapat bernapas dan juga hidup secara semestinya. Hal ini dikarenakan pohon dan tanaman adalah sumber oksigen satu-satunya pada udara yang manusia hirup sehari-hari.

Ditambah lagi, pohon juga sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, baik dalam jangka panjang maupun pendek. Lantas, apa saja beberapa manfaat pohon tersebut? Simak informasi berikut ini.

Mengatur Kebersihan Udara

Pepohonan dianggap sebagai paru-paru bumi karena kemampuannya mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Namun begitu, tidak hanya itu manfaat pohon bagi kesehatan udara. Rupanya pohon juga dapat membuang partikulat dengan menyerap partikel yang ada pada udara. Hasilnya, udara akan menjadi lebih sehat untuk Anda hirup dalam jangka panjang.

Melindungi dari Sinar UV

Sinar matahari yang cukup dapat memicu produksi vitamin D alami pada tubuh. Tetapi dalam saat yang bersamaan, sinar UV justru dapat memicu masalah-masalah pada kulit, seperti jerawat dan timbulnya flek hitam, atau bahkan kanker kulit. Berada di bawah pohon dapat melindungi kulit Anda dari paparan langsung sinar matahari.

Menjaga Kesehatan Mental

Berada di dekat pohon di alam bebas disinyalir dapat memperbaiki kemampuan kognitif otak serta memberikan Anda motivasi. Kedua manfaat tersebut sangat penting, terutama untuk menjaga kondisi kesehatan mental agar tetap baik.

Menghambat Perubahan Iklim

Perubahan iklim mampu menyebabkan cuaca ekstrem, bahkan bencana alam yang berbahaya bagi jiwa. Akan tetapi, rupanya pepohonan juga dapat menghambat perubahan ini dengan cara menyerap karbondioksida dan menghalanginya sebelum sampai/terperangkap di atmosfer. Kondisi bumi yang baik dan aman dari akibat perubahan iklim adalah habitat yang ideal untuk kehidupan manusia yang sehat.

Meningkatkan Kualitas Air

Pohon dapat membantu menjernihkan air dengan berfungsi sebagai filter. Pada pegunungan sumber air mineral, misalnya, polutan dan partikel berbahaya dapat tersaring ketika air mengalir melalui pohon-pohon yang ada. Selain itu, pohon juga menjaga formasi tanah agar tidak terkikis dan mengkontaminasi sumber air tersebut.

Demikian adalah beberapa manfaat pohon untuk menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh dan jiwa. Apabila Anda memang berniat menghindari risiko penyakit, menanam pohon merupakan salah satu tindakan yang tepat, seperti yang telah diuraikan keenam poin di atas.

Agar Anda dan keluarga selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit gangguan pernapasan seperti Flu (Influenza), Asma, Bronkitis, ISPA, dan lainnya, sebaiknya Anda memilih perlindungan yang tepat. Selain itu, jika yang dibutuhkan adalah perlindungan diri dari risiko jiwa, Anda mungkin membutuhkan produk Asuransi Jiwa yang memberikan proteksi secara komprehensif, seperti PRUSafe Guard dari Prudential Indonesia.

Back to Top