5 Keuntungan Investasi Syariah yang Bisa Anda Ketahui

Investasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan target finansial. Terlebih, saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan investasi sebagai solusi tambahan pemasukan secara pasif. Namun, sebagian umat muslim ragu apakah bisa berinvestasi secara halal atau tidak. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak investasi halal yang bernama Investasi Syariah.

Investasi Syariah merupakan investasi yang menggunakan hadist dan Al-Quran dalam pembuatan aturan serta keputusan. Lebih lanjut, Anda sebagai investor juga memiliki risiko kerugian sama dengan investasi pada umumnya, namun, risiko yang didapatkan akan jauh lebih minim dan lebih aman. Selain aman, Investasi Syariah juga memiliki banyak keuntungan, lho. Simak beberapa keuntungan Investasi Syariah yang bisa Anda ketahui berikut ini:

Sesuai Syariat Islam

Keuntungan investasi Syariah yang pertama yaitu investasi Syariah berjalan sesuai syariat agama islam. Investasi Syariah mengacu pada hukum agama islam pada Al-Quran dan hadits. Hal ini tentu saja merangkum beberapa ketentuan islam seperti memiliki barang halal, dikerjakan dengan cara halal, dan digunakan dengan cara yang halal juga.

Bebas Riba

Salah satu keuntungan Investasi Syariah yang paling dicari Nasabah yakni bebas riba. Sebagian besar umat muslim takut melakukan investasi karena terdapat riba di dalamnya. Nah, Investasi Syariah menjadi solusi bagi umat islam untuk melakukan investasi yang bebas riba karena riba merupakan dosa dalam agama islam.

Lebih Aman

Selain bebas riba dan sesuai dengan syariat Islam, investasi Syariah juga jauh lebih aman. Pasalnya, setiap jenis investasi Syariah harus menjauhi gharar atau pemberian informasi yang kurang lengkap. Gharar kerap dilakukan perusahaan penyedia investasi dengan tujuan untuk menyesatkan para calon investor yang baru pertama kali melakukan investasi.

Lebih lanjut, Investasi Syariah juga menjauhi hal-hal yang bersifat maysir. Pengertian maysir adalah segala bentuk transaksi yang mengandung unsur taruhan dan akadnya belum jelas. Dalam transaksi yang mengandung maysir, salah satu pihak ada yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan.

Memiliki Aturan Perundangan

Keuntungan investasi Syariah terbaik yakni didukung oleh peraturan perundangan. Investasi Syariah memiliki dasar hukum yang jelas yaitu tercantum dalam UU nomor 21 tahun 2008 mengenai perbankan Syariah. Dalam praktiknya, penyelenggaraan investasi mendapatkan pengawasan secara langsung oleh suatu badan yang bernama Dewan Syariah Nasional MUI.

Memiliki Manfaat Sosial

Selain 4 keuntungan di atas, keuntungan Investasi Syariah yang bisa Anda dapatkan adalah memiliki manfaat sosial. Investasi Syariah dapat membantu pengusaha untuk memperluas usahanya. Selain itu, investasi juga memiliki peran dalam mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat. Hasilnya, selain keuntungan finansial, Anda juga akan mendapatkan pahala.

Itulah 5 keuntungan dari menggunakan Investasi Syariah yang wajib Anda ketahui. Jika Anda ingin mencari asuransi sekaligus Investasi Syariah yang memiliki banyak manfaat, Anda bisa memilih produk PRULink Syariah Assurance Account (PAA Syariah).

PRULink Syariah Assurance Account (PAA Syariah) adalah produk Asuransi Jiwa terkait investasi berdasarkan prinsip syariah dengan pembayaran kontribusi secara berkala yang memberikan fleksibilitas tak terbatas yang memungkinkan Anda untuk sewaktu-waktu mengubah jumlah pertanggungan, kontribusi serta cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bahkan Anda juga bisa menambah asuransi tambahan seperti rawat inap, kecelakaan atau kondisi kritis. Anda juga bisa memilih satu atau kombinasi dari 3 dana investasi syariah yang tersedia, dan dapat mengubah kombinasi Dana Investasi Syariah sewaktu-waktu.

Back to Top