Prudential Selalu Bersama Kamu Hadapi COVID-19

Program Isolasi Mandiri telah berakhir di 31 Maret 2021.

Untuk pengajuan klaim Isolasi Mandiri yang telah diterima Prudential Indonesia sampai dengan tanggal 31 Maret 2021, kelengkapan dokumen harus diterima Prudential Indonesia paling lambat tanggal 7 April 2021 untuk dapat diproses. Pengajuan klaim akan diproses sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di bawah ini.

 

Updated 21 Januari 2021 

Prudential selalu bersama Kamu hadapi COVID-19 

Nasabah dapat melakukan klaim dengan metode penggantian (reimbursement) atas biaya pemeriksaan, jasa dokter dan pengobatan selama melakukan Isolasi Mandiri (ISOMAN) atau Isolasi Mandiri di Fasilitas Non-Rumah Sakit yang dilakukan dalam masa periode program 15 Januari - 31 Maret 2021 dengan ketentuan sebagai berikut:  

 

Isolasi Mandiri (ISOMAN) 

 

Nasabah dapat melakukan klaim reimbursement atas biaya pemeriksaan, jasa dokter dan pengobatan selama melakukan isolasi mandiri.  

 

  1. Isolasi Mandiri (ISOMAN) adalah isolasi yang dilakukan sendiri di tempat sendiri (seperti rumah, apartemen, vila). 
  2. Biaya yang dapat di klaim adalah biaya pemeriksaan, biaya jasa dokter dan pengobatan.  Biaya sewa tempat isolasi mandiri tidak dibayarkan. 
  3. Biaya pemeriksaan, jasa dokter dan pengobatan tersebut akan dibayarkan pada manfaat Aneka Perawatan sesuai dengan plan yang dimiliki dan akan mengurangi limit tahunan. 
  4. Biaya pemeriksaan,  jasa dokter dan pengobatan dapat juga dilakukan melalui telemedicine dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Dilakukan melalui:
      • Mitra Prudential Indonesia pada aplikasi Pulse by Prudential, yaitu Halodoc dan
      • Rumah Sakit rekanan PRUMedical Network (PMN) yang mempunyai fasilitas telemedicine
    2. Maksimal biaya perawatan melalui telemedicine adalah Rp 3.000.000/pengajuan klaim.
    3. Transaksi telemedicine yang dilakukan (tanya -jawab saat konsultasi dokter secara online, resep dokter dan kuitansi yang tercetak setelah transaksi di aplikasi telemedicine) harus disimpan selama minimum 6 bulan sejak pengajuan Klaim, untuk diperlihatkan kepada Prudential bilamana diperlukan.
    4. Dokumen-dokumen yang harus dilampirkan untuk telemedicine:
      • Melampirkan cuplikan layar (screen capture) lengkap dari chat pada waktu berkonsultasi dengan dokter spesialis di Halodoc dan atau Rumah Sakit rekanan PMN
      • Melampirkan screen capture resep lengkap dan jelas dari dokter.
      • Melampirkan screen capture tanda bukti pembayaran (kuitansi) Halodoc dan atau Rumah Sakit rekanan PMN, serta pada kuitansi harus tercantum nama Tertanggung.
      • Klaim Departemen dapat meminta kelengkapan dokumen lain bila diperlukan

        Catatan: tidak dapat menggunakan aplikasi telemedicine baik melalui Halodoc dan atau Rumah Sakit rekanan PMN milik orang lain (bukan atas nama Tertanggung) kecuali untuk Tertanggung Utama anak dapat menggunakan aplikasi orang tua yang datanya ada di system Prudential.

    5. Biaya pemeriksaan, jasa dokter dan pengobatan yang dapat dibayarkan adalah maksimal 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal pertama kali konsultasi Dokter dan didiagnosa positif COVID-19, atau tanggal pertama kali pemeriksaan tes PCR atau Rapid Antigen positif COVID-19 dan atau/tanggal kuitansi pembelian obat di apotek yang mana yang lebih dahulu. Apabila lama waktu isolasi melebihi 14 (empat belas) hari kalender, diperlukan tambahan penjelasan dengan lampiran dokumen pendukung berupa surat rujukan dokter untuk melakukan isolasi, yang ketentuannya dijelaskan di informasi Dokumen Pendukung di bawah. 

       

 Rawat Inap di fasilitas non-rumah sakit dengan Manfaat Asuransi Kesehatan yang dimiliki 

  1. Fasilitas non-rumah sakit adalah fasilitas yang bekerja sama dengan Rumah Sakit dimana Nasabah perlu perawatan namun fasilitas Rumah Sakit penuh. 
  2. Selama perawatan dilakukan, Rumah Sakit melakukan monitoring terhadap pasien seperti halnya perawatan yang dilakukan di Rumah Sakit. 
  3. Biaya perawatan beserta perinciannya dikeluarkan oleh Rumah Sakit yang bersangkutan. 
  4. Biaya Kamar di fasilitas non-Rumah Sakit: 
    1. Bagi Nasabah yang memiliki manfaat PRUHospital&Surgical dan variannya, biaya kamar akan dibayarkan sesuai Plan yang dimiliiki. Jika menempati kamar lebih tinggi dari Plan yang dimiliki maka kelebihan biaya kamar tetap ditanggung oleh Nasabah. 
    2. Bagi Nasabah yang memiliki manfaat PRUPrime Healthcare, PRUPrime Healthcare Plus dan PRUSolusi Sehat beserta variannya, jika menempati kamar lebih tinggi dari Plan yang dimiliki maka biaya perawatan tidak akan dikenakan prorata, namun kelebihan biaya kamar tetap ditanggung oleh Nasabah. 
    3. Bagi nasabah yang memiliki manfaat PRUPrime Saver, ketentuan klaim atas PRUPrime Saver tetap berlaku. 

  5. Biaya pemeriksaan, biaya jasa dokter dan pengobatan COVID-19 akan dibayarkan pada manfaat Aneka Perawatan sesuai dengan plan yang dimiliki dan akan mengurangi limit tahunan. 
  6. Biaya pemeriksaan, biaya jasa dokter dan pengobatan untuk perawatan di fasilitas non-rumah sakit yang bekerja sama dengan Rumah Sakit  yang dapat dibayarkan adalah maksimal 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal pertama kali konsultasi Dokter dan didiagnosa positif COVID-19, atau tanggal pertama kali pemeriksaan tes PCR atau Rapid Antigen dengan hasil positif COVID-19 dan atau/tanggal kuitansi pembelian obat di apotek yang mana yang lebih dahulu. Apabila lama waktu perawatan melebihi 14 (empat belas) hari kalender, diperlukan tambahan penjelasan dengan lampiran dokumen pendukung berupa surat rujukan dokter untuk melakukan isolasi, yang ketentuannya dijelaskan di informasi Dokumen Pendukung di bawah. 

Seluruh kebijakan di atas tidak berlaku untuk manfaat Polis lainnya: 

  1. PRUMed
  2. Manfaat sebelum dan sesudah rawat inap
  3. Santunan harian PRUPrime Healthcare Plus dan PRUSolusi Sehat  

 

Dokumen Pendukung Klaim 

 

Dokumen Pendukung yang perlu dilampirkan saat pengajuan klaim reimbursement atas ISOMAN dan perawatan di non-rumah sakit adalah sebagai berikut: 

  1. Formulir klaim rawat inap 
  2. Surat Keterangan Dokter yang menjelaskan gejala, hasil pemeriksaan fisik, hasil tes PCR atau Rapid Antigen yang positif COVID-19. 
  3. Surat rujukan Dokter untuk melakukan isolasi dan perkiraan lama isolasi dibutuhkan. Apabila lama waktu isolasi melebihi instruksi/perkiraan dokter sebelumnya, maka Nasabah harus memberikan surat pengantar tambahan dari Dokter yang menjelaskan alasan diperlukan perpanjangan waktu isolasi disertai dokumen penunjang pernyataan Dokter tersebut.  
  4. Hasil pemeriksaan tes PCR atau Rapid Antigen serta hasil pemeriksaan laboratorium lainnya berupa print out (baik berupa salinan maupun asli) yang dikeluarkan oleh instansi resmi (baik Rumah Sakit, Laboratorium maupun fasilitas kesehatan lainnya) yang mencantumkan nama Tertanggung. 
  5. Kuitansi asli (untuk biaya Dokter) dan resep Dokter dari Rumah Sakit.  
  6. Kuitansi resmi dari apotek dengan obat-obatan yang berkaitan dengan pengobatan COVID-19 (bukti pembayaran berupa struk, kuitansi pasar dengan tulisan tangan dengan tanda tangan diatas materai tidak dapat diproses) 
  7. Jika konsultasi dengan Dokter serta pembelian obat dilakukan dengan telemedicine maka kelengkapan dokumen yang harus dilampirkan mengikuti informasi di atas mengenai dokumen yang harus dilampirkan untuk telemedicine 

 

Ketentuan Lain 

 

  1. Seluruh kebijakan di atas tidak berlaku untuk manfaat Polis lainnya:
    • PRUMed
    • Manfaat sebelum dan sesudah rawat inap
    • Santunan harian PRUPrime Healthcare Plus dan PRUSolusi Sehat
  2. Rawat inap di fasilitas non-rumah sakit yang sudah dibiayai oleh Pemerintah dan institusi lain (seperti asuransi lain, kantor dan BPJS), tidak dapat dibayarkan lagi oleh Prudential.  
  3. Untuk selisih biaya rawat inap yang belum dibayarkan oleh Pemerintah dan institusi lain (seperti asuransi lain, kantor dan BPJS), berlaku Claim Coordination of Benefit seperti biasa. 
  4. Kebijakan ini berlaku untuk Isoman dan rawat inap di dalam dan luar negeri. 
  5. Penggantian biaya kamar tidak berlaku untuk Isoman di luar negeri. 
  6. Biaya tes PCR atau Rapid Antigen yang dapat dibayarkan selama melakukan isolasi mandiri maksimal 2 kali termasuk biaya pemeriksaan tes PCR atau Rapid Antigen pertama kali yang menyatakan positif COVID-19
  7. Kebijakan atas penggantian biaya isolasi mandiri atau rawat inap di fasilitas non – rumah sakit hanya berlaku 1 kali perawatan selama periode program. Apabila diperlukan isolasi mandiri ulang, nasabah harus melampirkan surat keterangan dokter disertai pemeriksaan pendukung. 
  8. Pengajuan klaim dengan dokumen lengkap harus diterima oleh Prudential maksimal 30 hari sejak tanggal terakhir ISOMAN atau rawat inap di fasilitas non – rumah sakit. Pengajuan klaim yang diterima lebih dari 30 hari sejak tanggal terakhir ISOMAN atau rawat inap di fasilitas non – rumah sakit tidak dapat diproses .  

Ketentuan klaim lainnya sesuai Ketentuan Polis yang berlaku, termasuk ketentuan bahwa perawatan yang dilakukan harus diperlukan secara medis dengan biaya yang wajar.  

Kebijakan ini berlaku untuk isolasi mandiri atau rawat inap di fasilitas non – rumah sakit yang dilakukan selama periode program 15 Januari - 31 Maret 2021.

Kebijakan Isolasi Mandiri ini berlaku ketentuan maksimal untuk seluruh pembayaran klaim isolasi mandiri & rawat inap di fasilitas non-rumah sakit sebesar Rp5 miliar selama periode program berlangsung. Bila pembayaran klaim isolasi mandiri & rawat inap di fasilitas non-rumah sakit telah mencapai Rp5 miliar sebelum program berakhir di 31 Maret 2021, maka Kebijakan Isolasi Mandiri otomatis berakhir.  

Syarat dan Ketentuan di atas dapat diperbarui di masa yang akan datang sesuai situasi dan kondisi yang ada berdasarkan pertimbangan dan menjadi hak sepenuhnya bagi Prudential Indonesia untuk menentukan pembaruan Syarat dan Ketentuan. 

 

Flyer Kebijakan Isoman klik di sini

 

PT Prudential Life Assurance berhak untuk mengubah, memutuskan, menghentikan Program sewaktu-waktu dengan pemberitahuan sebelumnya.