Prudential Indonesia Catat Kinerja Bisnis yang Solid di Kuartal III/2025 Guna Wujudkan Perlindungan Berkelanjutan, Kini dan Nanti
Jakarta, 17 Desember 2025 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mencatatkan hasil kinerja yang solid sepanjang kuartal III/2025. Kinerja bisnis yang solid ini mempertegas komitmen Perusahaan untuk terus menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan yang akan datang, melalui solusi keuangan dan kesehatan yang mudah diakses, terjangkau, serta berpusat pada kebutuhan nasabah.
Sepanjang kuartal III/2025, Prudential Indonesia mencatat total pendapatan premi sebesar Rp15,2 triliun. Kinerja yang solid juga diwujudkan dalam memberikan perlindungan optimal dengan membayarkan total klaim dan manfaat sebesar Rp11,5 triliun, yang dibayarkan kepada lebih dari 1 juta penerima manfaat.
Kinerja solid perusahaan juga ditopang dengan kondisi keuangan yang sehat, terlihat dari tingkat solvabilitas (Risk-Based Capital/RBC) yang jauh di atas ketentuan regulator, atau sebesar 395%. RBC yang diatas ketentuan regulator ini menunjukkan kemampuan Perusahaan untuk dapat membayarkan klaim secara berkelanjutan hingga jangka panjang.
Vikas Sinha, Vice President Director Prudential Indonesia mengatakan, “Tahun ini kami memasuki usia 30 tahun, yang menjadi bukti nyata dari komitmen kami untuk hadir disetiap fase kehidupan keluarga Indonesia dan melindungi masa depan mereka. Kami berterima kasih atas kepercayaan para Nasabah, tenaga pemasar, dan seluruh pihak sehingga kinerja Prudential Indonesia tetap solid hingga kuartal III/2025. RBC Perusahaan yang senantiasa kami jaga diatas ketentuan regulator, pertegas komitmen kami untuk dapat membayarkan klaim Nasabah yang sesuai ketentuan polis hingga jangka panjang, sehingga Nasabah tidak perlu khawatir selama pengajuan klaimnya sesuai dengan ketentuan polis maka akan kami bayarkan. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti.”
Guna menjaga kinerja tetap solid, Prudential Indonesia terus melakukan diversifikasi portofolio produk salah satunya dengan menawarkan ragam opsi produk tradisional, agar menjangkau segmen nasabah yang lebih luas. Prudential Indonesia yang merupakan bagian dari Prudential plc mencatat margin laba bisnis baru yang meningkat di kuartal III 2025 ini dibandingkan dengan paruh pertama tahun 2025 karena adanya pergeseran ke produk tradisional. Perusahaan mencatat pertumbuhan positif total pendapatan premi dari produk tradisional di kuartal III/2025 yang meningkat 18% dibanding periode yang sama tahun lalu.
Hal ini menunjukkan bahwa terjadi pergeseran atau peralihan customer demand yang beralih ke produk tradisional karena desain produk yang simple dan lebih mudah dipahami, khususnya bagi mereka yang baru berasuransi. Prudential Indonesia melihat peluang itu dan berhasil menggarap kebutuhan nasabah tersebut dengan meningkatnya total pendapatan premi dari produk tradisional.
Selain pertumbuhan pendapatan premi dari produk tradisional, Prudential Indonesia juga mencatat pertumbuhan dari produk asuransi kumpulan. Perusahaan mencatatkan pertumbuhan yang sangat signifikan dari total pendapatan premi asuransi kumpulan hingga 116%, atau sebesar Rp317 miliar. Pertumbuhan dari produk asuransi kumpulan ini, karena adanya peningkatan kesadaran dari pemilik usaha bahwa proteksi asuransi kesehatan menjadi penting untuk dimiliki, di mana perusahaan-perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk memberi proteksi jangka panjang kepada karyawan. Bahkan adapula beberapa perusahaan yang memperluas manfaat asuransi dengan memberikan perlindungan kesehatan kepada keluarga karyawannya.
Prudential Indonesia melihat peluang perlindungan kesehatan karyawan saat ini menjadi salah satu daya tarik bagi para pekerja, karena menjadi bentuk apresiasi perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan sekaligus bentuk komitmen perusahaan dalam melindungi kesehatan karyawannya.
Tidak hanya dari sisi produk, dari sisi layanan Prudential Indonesia juga terus berinovasi menghadirkan layanan yang optimal bagi Nasabah. Salah satunya melalui kehadiran, PRUPoints. PRUPoints adalah program loyalitas untuk Nasabah yang dirancang untuk memberikan reward atas kesetiaan dan keterlibatan mereka. Nasabah dapat mengumpulkan poin dari berbagai aktivitas (seperti memperpanjang polis atau mengikuti campaign) dan menukarkannya dengan hadiah menarik. Seluruh manfaat PRUPoints dapat diterima oleh Nasabah dengan melakukan aktivasi dan registrasi pada akun PRUPoints. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada: prupoints.prudential.co.id.
Nasabah yang dapat mengikuti program PRUPoints adalah: Nasabah yang memiliki Polis Individu di Prudential baik konvensional dan syariah, dari kanal keagenan dan bancassurance (tidak termasuk mitra korporat: PT, CV, Yayasan, dll), serta memiliki Polis yang masih aktif di Prudential baik produk asuransi jiwa dan kesehatan tradisional atau unit link. Kehadiran PRUPoints diharapkan dapat lebih memberikan nilai tambah bagi Nasabah yang akan mendorong loyalitas dan persistensi Nasabah pada Prudential Indonesia.
“Kami berkomitmen untuk melanjutkan strategi perusahaan sehingga bisa mempertahankan kinerja yang solid ini guna mewujudkan tujuan perusahaan yaitu menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang melalui solusi keuangan dan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau, serta berorientasi pada nasabah (customer-centric). Kami memiliki target untuk terus tumbuh berkelanjutan hingga ke masa depan, sehingga bisa terus mewujudkan perlindungan jangka panjang bagi Nasabah dan keluarga Indonesia, disetiap kehidupan, untuk masa depan,” tutup Vikas.
***
Tentang Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung tepercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.
Pada tahun 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan, serta 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 80.000 Agen/Mitra Bisnis Agency berlisensi.
Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
