Prudential Indonesia Perkuat Pemberdayaan Finansial dan Komitmen Inklusivitas Bagi Seluruh Masyarakat Indonesia

Jakarta, 6 December 2025 – Dalam rangka memperingati Pekan Disabilitas Internasional, kita diingatkan bahwa inklusi keuangan yang sesungguhnya berarti memastikan setiap individu, tanpa memandang kemampuan, memiliki pengetahuan, alat, dan kepercayaan diri untuk meraih masa depan finansial yang lebih aman. Literasi keuangan yang inklusif memberdayakan penyandang disabilitas untuk mengambil keputusan yang tepat, membangun ketahanan, serta mengakses berbagai peluang yang mendukung kemandirian dan kesejahteraan mereka.

Sejak tahun 2024, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bangga dapat mengambil peran aktif dengan menghadirkan edukasi keuangan yang mudah diakses, merancang sumber daya yang ramah disabilitas, dan bekerja sama dengan komunitas untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Salah satunya, melalui program edukasi finansial bertajuk “Cerdas Kelola Keuangan Bagi UMKM Disabilitas”, yang bekerja sama dengan komunitas Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) pada 4 Desember, di Jakarta. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya bekerja sama dengan KONEKIN dan menjadi bentuk komitmen Prudential Indonesia dalam memperluas akses literasi finansial bagi berbagai kelompok masyarakat dan mendukung program GENCARKAN yang diprakarsai oleh OJK.

Pada kesempatan kali ini, lebih dari 1.000 peserta hadir secara fisik maupun daring untuk mendapatkan teori, praktik dan berdiskusi langsung bersama fasilitator, serta simulasi pengelolaan keuangan harian. Dengan pendekatan personal, aplikatif, serta dikemas dengan bahasa dan metode yang sederhana, sesi ini diharapkan dapat dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk yang belum pernah mengenal konsep keuangan maupun asuransi sekalipun.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia mengatakan, “Prudential Indonesia sangat senang dapat berkontribusi secara langsung dalam meningkatkan pemahaman terhadap perencanaan keuangan dan asuransi bagi berbagai kelompok masyarakat termasuk penyandang disabilitas sehingga mereka mampu mengelola keuangan sehari-hari dengan lancar, memiliki ketahanan untuk menghadapi kejadian tak terduga dan merencanakan masa depan untuk mencapai tujuan jangka panjang.”

Komitmen Prudential Indonesia dalam menjungjung tinggi inklusivitas dan menghargai keberagaman turut tercermin melalui penyediaan produk dan layanan yang dapat diakses oleh komunitas difabel atau vulnerable customer yaitu nasabah dengan kebutuhan khusus yang membutuhkan dukungan dan perhatian lebih dalam membeli produk dan/atau layanan asuransi.

“Prudential Indonesia turut mengajak komunitas difabel untuk memiliki proteksi melalui asuransi. Perusahaan memastikan layanan yang inklusif, tidak diskriminatif dan bertanggung jawab bagi seluruh nasabah sesuai dengan 5  Janji Prudential kepada Nasabah yaitu Kami Peduli kepada Anda, Kami Memberikan Kejelasan kepada Anda, Kami Memudahkan Anda, Kami Sigap untuk Anda, dan Kami Memperlakukan Anda dengan Adil sejalan dengan pemenuhan terhadap POJK 22/2023 mengenai Perlindungan Konsumen,” tambah Karin.

Prudential Indonesia turut menerapkan prinsip Diversity, Equity and Inclusion (DEI) di lingkungan kerja dengan diterimanya anggota magang yang merupakan penyandang disabilitas tuli. Komitmen inklusi juga terlihat dalam aspek kesetaraan gender di mana per Oktober 2025, 56% karyawan Prudential Indonesia merupakan perempuan.

Sepanjang tahun 2025, Prudential Indonesia telah menjangkau lebih dari 300 ribu peserta dan lebih dari 34,4 juta awareness di sosial media melalui beragam sesi edukasi finansial agar setiap orang memiliki kemampuan untuk memahami dan mengelola keuangan sehari-hari dengan percaya diri dan kendali penuh. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi mitra tepercaya bagi masyarakat Indonesia di setiap langkah kehidupan, untuk masa depan.

***

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung tepercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

Pada tahun 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan, serta 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 80.000 Agen/Mitra Bisnis Agency berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia