Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Bekali Anak Muda Jadi Pengusaha Masa Depan Melalui Ajang NextGen Fest 2025
Jakarta, 5 November 2025 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) kembali menghadirkan NextGen Fest 2025, sebuah inisiatif untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan dan pengembangan diri di kalangan anak muda Indonesia.
Setelah sukses diselenggarakan tahun lalu di Jakarta dan mendapatkan antusiasme luar biasa, tahun ini NextGen Fest diselenggarakan di tiga kota besar, yakni Bandung, Surabaya, juga Jakarta, dengan puncak acara di Balai Sarbini dan telah dihadiri oleh total hampir 3.000 peserta dari ketiga kota. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Prudential untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045, dengan membekali generasi muda agar lebih siap menghadapi tantangan masa depan melalui pengembangan potensi diri, karier, dan kewirausahaan.
Tahun ini, NextGen Fest 2025 menghadirkan sederet narasumber inspiratif dari berbagai bidang, mulai dari para entrepreneur muda sukses, content creator, hingga sosok muda inspiratif lainnya. Melalui rangkaian seminar, talkshow, dan sesi interaktif, peserta memperoleh wawasan seputar kewirausahaan, tren industri, serta strategi pengembangan diri untuk memotivasi para generasi muda menjadi insan mandiri dan gemilang di masa depan. Lebih dari sekadar ajang berbagi inspirasi tentang bagaimana kita bisa menghadapi tantangan hidup untuk bisa bertahan di segala situasi, acara ini juga menjadi wadah kolaborasi dan jejaring bagi generasi muda untuk bertukar ide, memperluas koneksi, dan menemukan motivasi dalam memulai langkah mereka sebagai calon pengusaha masa depan yang inspiratif.
“Anak muda merupakan generasi kunci untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Mereka adalah generasi yang kreatif, adaptif, berjiwa wirausaha, dan memiliki kepedulian sosial tinggi yang siap menjadi sosok inspiratif dan siap berkontribusi besar untuk kemajuan bangsa. Melalui NextGen Fest 2025, Prudential menyediakan wadah bagi generasi ini untuk mengasah potensi dan membentuk karakter sebagai pengusaha muda yang cerdas secara finansial, visioner, dan berdaya saing global,” ujar Rusli Chan, Chief Agency Officer Prudential Indonesia.
Senada dengan hal tersebut, Nazrul Namizan, Chief Sharia Agency Officer Prudential Syariah, menambahkan, “Antusiasme anak muda di NextGen Fest 2025 sungguh luar biasa. Mereka datang dengan semangat untuk belajar, berkembang, dan menemukan jati diri sebagai calon pengusaha muda, sekaligus menerapkan nilai syariah dalam meraih peluang income tanpa batas. Dalam kesempatan ini, generasi muda juga dapat memperluas networking yang akan membantu mereka meraih tujuan dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan. Kami percaya semangat ini, dipadukan dengan nilai dan integritas yang kuat, akan menjadi bekal penting untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.”
Momentum NextGen Fest 2025 juga menjadi refleksi atas pentingnya mengembangkan ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2025 mencatat terdapat 53,38 juta pelaku usaha rintisan (startup entrepreneur) dan 5,13 juta pelaku usaha mapan (established entrepreneur) di Indonesia. Meski jumlahnya besar, rasio kewirausahaan nasional masih berkisar antara 3,35%–3,47%, lebih rendah dibandingkan Singapura (8,76%), Malaysia (4,74%), dan Thailand (4,26%). Laporan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) 2024/2025 bahkan mencatat aktivitas wirausaha tahap awal (Total Early-stage Entrepreneurial Activity/TEA) di Thailand mencapai 19,7% dari populasi usia produktif. Data ini menegaskan pentingnya dukungan berkelanjutan untuk memperkuat daya saing dan semangat wirausaha di Indonesia.
Di sisi lain, Indonesia memiliki peluang demografis yang luar biasa, dengan sekitar 74,93 juta Generasi Z (27,94%)dan 69,38 juta Generasi Milenial (25,87%) dari total penduduk. Lebih dari separuh populasi Indonesia merupakan generasi muda yang siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Agar potensi besar ini dapat dimanfaatkan secara optimal, pemberdayaan anak muda melalui jalur kewirausahaan menjadi kunci dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
Sebagai langkah nyata, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah memperkenalkan komunitas wirausaha muda “GenPRU” dalam rangkaian NextGen Fest 2025. Komunitas ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan keterampilan manajemen keuangan, bisnis, dan kepemimpinan bertaraf internasional, serta membuka peluang untuk menjadi Mitra Bisnis Agency Prudential. Melalui berbagai pelatihan dan kesempatan berjejaring, para anggota GenPRU diharapkan dapat tumbuh sebagai pengusaha muda profesional yang mampu mewujudkan impian, meningkatkan kualitas hidup, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran sebagai Mitra Bisnis Agency Prudential, kunjungi www.prudential.co.id/id/genpru. Sementara bagi calon Mitra Bisnis Agency Syariah, dapat mendaftar melalui bit.ly/DaftarGenPRUSyariah.
***
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi:
Prudential Indonesia (PT Prudential Life Assurance)
Corporate Communications
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia
Prudential Syariah (PT Prudential Sharia Life Assurance)
Corporate Communications
Email: communications@prudentialsyariah.co.id
Tentang Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung tepercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.
Pada tahun 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan, serta 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 80.000 Agen/Mitra Bisnis Agency berlisensi.
Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Tentang Prudential Syariah
PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mulai beroperasi sejak 2022 sebagai hasil dari proses pemekaran usaha melalui pemisahan Unit Usaha Syariah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menjadi entitas yang terpisah. Prudential Syariah menawarkan rangkaian solusi perlindungan jiwa, Kesehatan dan finansial berbasis Syariah yang berdasarkan transparansi, gotong royong dan keadilan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.
Sejak pertama kali didirikan sebagai Unit Usaha Syariah pada tahun 2007, hingga kini akhirnya menjadi entitas yang terpisah, Prudential Syariah senantiasa berkomitmen untuk memberikan solusi perlindungan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan mengusung nilai-nilai yang universal dan inklusif, sesuai dengan prinsip 'Syariah untuk Semua'.
Didukung oleh nilai-nilai utama kami yaitu membahagiakan peserta (delighting customers), inovasi produk dan layanan serta digitalisasi yang terus dikembangkan, Prudential Syariah berkomitmen memperkuat posisinya untuk mewujudkan aspirasi menjadi salah satu kontributor ekonomi Syariah terkemuka di Indonesia dan membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera.
PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
