PRUSolusi Sehat

Penyesuaian Premi PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro

Untuk memastikan Prudential Indonesia selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada Nasabah, maka secara berkala Prudential Indonesia melakukan peninjauan biaya perawatan medis, berdasarkan inflasi biaya medis tahunan dan pengalaman portofolio klaim medis secara kolektif.

Dari hasil peninjauan tersebut Prudential Indonesia memberikan peningkatan 10% pada Limit Tahunan dan penyesuaian pada Manfaat Biaya Pendamping. Hal ini kami lakukan untuk memastikan Nasabah terus mendapatkan perlindungan kesehatan sesuai kebutuhan di tengah kondisi peningkatan biaya medis.

Selain itu, Prudential Indonesia terus meningkatkan layanan kepada Nasabah, salah satunya dengan adanya inovasi PRUPriority Hospitals, yang memberikan pengalaman rawat inap berkualitas, mudah, dan nyaman dengan transparansi estimasi biaya medis dan percepatan proses penjaminan cashless rawat inap.  Terlepas dari upaya yang sudah dilakukan, dan setelah mempertimbangkan dengan baik semua opsi yang tersedia, Prudential Indonesia informasikan bahwa terjadi kenaikan Premi sebagaimana tercantum pada Surat Penyesuaian Premi yang akan efektif berlaku pada Tanggal Ulang Tahun Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro. Hal ini penting untuk menjaga pertanggungan Nasabah dan memenuhi komitmen untuk memberikan perlindungan kepada Nasabah.

Penyesuaian Premi untuk Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro akan diinformasikan melalui Surat Penyesuian Premi yang dikirimkan mulai 7 Juli 2024 dan akan efektif diterapkan sesuai dengan Tanggal Ulang Tahun Polis, yaitu mulai dari 1 September 2024. Selain itu, jika Nasabah  tertarik untuk mendapatkan perubahan manfaat kesehatan ke produk asuransi kesehatan terbaru, maka Nasabah dapat melakukan perubahan manfaat kesehatan ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical.

Apabila Nasabah memiliki kendala tertentu untuk melakukan penyesuaian Premi, terdapat beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan yaitu:

  1. memilih Plan yang lebih rendah, atau

  2. menambahkan fasilitas PRUSolusi Sehat Saver jika sebelumnya belum dipilih.

 

Bagi Nasabah yang belum menerima Surat Penyesuaian Premi atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait perubahan menfaat kesehatan ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, dapat menghubungi Tenaga Pemasar Nasabah atau Prudential Indonesia Customer Line 1500085 atau email customer.idn@prudential.co.id

 

Frequently Asked Question (FAQ) Penyesuaian Premi PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro?

1. Mengapa perlu dilakukan penyesuaian Premi untuk manfaat PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro?

Untuk memastikan Prudential Indonesia selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada Nasabah, maka secara berkala Prudential Indonesia melakukan peninjauan biaya perawatan medis, berdasarkan inflasi biaya medis tahunan dan pengalaman portofolio klaim medis secara kolektif.

Prudential Indonesia terus meningkatkan layanan, salah satunya dengan adanya inovasi PRUPriority Hospitals, yang memberikan pengalaman rawat inap berkualitas, mudah, dan nyaman dengan transparansi estimasi biaya medis dan percepatan proses penjaminan cashless rawat inap. Terlepas dari upaya yang sudah dilakukan, dan setelah mempertimbangkan dengan baik semua opsi yang tersedia, Prudential Indonesia informasikan bahwa terjadi kenaikan Premi sebagaimana tercantum pada Surat Penyesuaian Premi yang akan efektif berlaku pada Tanggal Ulang Tahun Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro.

2. Apa yang dimaksud dengan inflasi medis dan pengalaman portofolio klaim?

Inflasi medis yang dimaksud adalah kenaikan biaya perawatan medis atau biaya kesehatan seperti biaya kamar, biaya konsultasi dokter, biaya tindakan bedah, dan lain-lain sebagai akibat dari meningkatnya aksesibilitas, penggunaan, dan permintaan terhadap layanan kesehatan yang berkualitas serta kemajuan teknologi kesehatan. Pengalaman portofolio klaim yang dimaksud adalah total angka klaim yang dibayarkan secara keseluruhan dalam suatu periode sebagai manfaat dari kumpulan produk kesehatan yang sejenis dari satu Perusahaan. Pengalaman portofolio klaim yang naik melebihi ekspektasi selain disebabkan oleh inflasi medis dapat disebabkan juga oleh tren atau perilaku pada masyarakat seperti masyarakat yang lebih bebas bepergian untuk berobat pasca Pandemi serta peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi kesehatan.

3. Saya tidak pernah melakukan klaim, mengapa Premi saya mengalami penyesuaian?

Cara kerja dan perhitungan asuransi adalah dengan mengumpulkan dan menyebarkan risiko di antara seluruh Nasabah yang diasuransikan dalam portofolio, Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro juga demikian. Saat Anda membeli asuransi kesehatan, Anda bergabung dengan sekelompok Nasabah lain yang memiliki karakteristik risiko serupa (seperti kelompok usia, jenis Plan, jenis kelamin, dll), perusahaan asuransi menanggung risiko atas keseluruhan kelompok, bukan individu. Maka dari itu, ketika Prudential Indonesia meninjau pengalaman portofolio klaim atas asuransi kesehatan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro, peninjauan dilakukan secara menyeluruh untuk seluruh Nasabah yang diasuransikan.

4. Apa inisiatif yang dilakukan oleh Prudential Indonesia untuk menangani biaya klaim?

Prudential Indonesia terus terlibat dan bekerja sama dengan penyedia jasa kesehatan untuk menyediakan perawatan kesehatan yang berkualitas dengan biaya medis yang terjaga di tingkat wajar berdasarkan diagnosa, perawatan, dan pelayanan yang disediakan, yaitu dengan adanya inovasi PRUPriority Hospitals.

5. Apa yang harus dilakukan dengan adanya penyesuaian Premi ini?

Penyesuaian Premi pada Polis PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro akan dilakukan setiap ulang tahun Polis, maka agar Anda tetap mendapatkan perlindungan, yang harus Anda lakukan adalah memastikan untuk melakukan pembayaran Premi (dengan Premi yang sudah disesuaikan) pada ulang tahun Polis tepat waktu. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan perubahan manfaat kesehatan, maka Anda juga dapat melakukan perubahan manfaat kesehatan ke produk asuransi kesehatan terbaru, yaitu PRUWell Medical.

6. Kapan Surat Penyesuaian Premi akan dikirimkan serta kapan jadwal efektif untuk penetapan Premi yang baru?

Surat Penyesuaian Premi PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro akan dikirimkan mulai 7 Juli 2024 dan akan berlaku efektif pada masing-masing Tanggal Ulang Tahun Polis.

7. Jika Saya tidak dapat membayar Premi yang lebih tinggi, apa yang harus Saya lakukan?

Untuk memberikan perlindungan yang lebih baik, maka kami perlu melakukan penyesuaian Premi, namun jika Anda tidak dapat membayar Premi dengan jumlah yang sudah disesuaikan, Anda dapat melakukan penurunan Plan atau menambahkan PRUSolusi Sehat Saver apabila sebelumnya belum dipilih.

8. Pada Surat Penyesuaian Premi, terdapat informasi bahwa adanya peningkatan pada Limit Tahunan dan penyesuaian pada Manfaat Biaya Pendamping, bagaimana detail perubahannya?

Selain adanya penyesuaian Premi, Prudential Indonesia juga tetap memperhatikan kebutuhan Nasabah dengan melakukan peningkatan pada Limit Tahunan dan penyesuaian pada Manfaat Biaya Pendamping, yang mana perubahan manfaat ini akan efektif berlaku pada Tanggal Ulang Tahun Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro, berikut detail perubahan pada masing-masing manfaat:

 

Manfaat

Limit Tahunan

Biaya Pendamping

Plan

PSS

PSS Plus Pro

PSS, PSS Plus Pro

Sebelum (000)

Sesudah (000)

Sebelum (000)

Sesudah (000)

Sebelum

Sesudah

Cermat (hanya di PSS Plus Pro)

 

 

800,000

880,000

300,000

100,000

Bronze A

2,000,000

2,200,000

3,000,000

3,300,000

600,000

150,000

Bronze B

3,000,000

3,300,000

4,000,000

4,400,000

650,000

150,000

Silver A

2,000,000

2,200,000

3,000,000

3,300,000

600,000

150,000

Silver B

3,000,000

3,300,000

5,000,000

5,500,000

650,000

150,000

Gold A

4,000,000

4,400,000

5,000,000

5,500,000

800,000

300,000

Gold B

5,000,000

5,500,000

7,000,000

7,700,000

850,000

300,000

Platinum

10,000,000

11,000,000

15,000,000

16,500,000

1,000,000

300,000

Diamond

15,000,000

16,500,000

20,000,000

22,000,000

1,250,000

300,000

 

FAQ Penawaran Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical

1. Apa itu Asuransi Kesehatan PRUWell Medical?

Asuransi kesehatan PRUWell Medical merupakan inovasi produk kesehatan terbaru dari Prudential Indonesia dengan perlindungan komplit karena #SehatPangkalBisa dengan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical memiliki fitur PRUWell sebagai reward berupa keringanan Premi hingga 20% untuk Masa Pertanggungan yang akan datang. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, Anda dapat mengunjungi bit.ly/PRUWellMedical dan bit.ly/PRUWell.

2. Apa saja keuntungan apabila Nasabah melakukan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical?

Dengan melakukan konversi dari PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro ke PRUWell Medical, Anda akan mendapatkan Batas Manfaat Asuransi Tahunan Awal dan Biaya Kamar yang lebih tinggi serta berkesempatan mendapatkan campaign PRUWell Hemat (detail dapat dilihat pada Syarat dan Ketentuan PRUWell Hemat). Selama Masa Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical berikutnya, Anda juga berpotensi mendapatkan PRUWell. Berikut adalah perbandingan antara manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan PRUSolusi Sehat Plus Pro dan PRUSolusi Sehat:

Manfaat

PRUWell Medical

PRUSolusi Sehat Plus Pro

PRUSolusi Sehat

Batas Manfaat Asuransi Tahunan Awal

Sampai dengan 22.5 miliar

Sampai dengan 22 miliar

Sampai dengan 16.5 miliar

PRUWell

Tersedia hingga 20%

Tidak Tersedia

Tidak Tersedia

Manfaat Santunan Harian Rawat Inap

Tidak Tersedia

Tersedia

Tersedia

Biaya Pendamping

Tidak Tersedia

Tersedia

Tersedia

No Claim Bonus

Tidak Tersedia

Tersedia

Tersedia

3. Apakah yang dimaksud dengan informasi terbatas terkait perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical yang saya terima tanpa melalui proses pemeriksaan medis?

Informasi terbatas terkait perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical sesuai dengan yang telah diinformasikan pada Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, dengan melalui proses pemeriksaan medis ataupun tanpa melalui proses pemeriksaan medis. Apabila Anda mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical tanpa melalui proses pemeriksaan medis, maka Anda tidak akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kembali, sedangkan untuk Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan melalui proses pemeriksaan medis, Anda dapat diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dengan tetap mengacu pada Syarat dan Ketentuan Perubahan Manfaat Kesehatan ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical.

4. Salah satu anggota keluarga saya sama sekali tidak mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, baik dengan ataupun tanpa melalui proses pemeriksaan medis, apa yang dapat dilakukan apabila tertarik dengan perubahan manfaat?

Prudential Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan manfaat perlindungan sesuai dengan kondisi Polis Anda. Jika Anda tetap ingin melakukan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical, maka Anda tetap bisa mencoba untuk melakukan pengajuan dengan melalui proses Underwriting. Setelah dikeluarkannya keputusan Underwriting, Anda memiliki hak penuh untuk memutuskan melakukan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical ataupun tetap dengan perlindungan asuransi kesehatan yang Anda miliki sebelumnya.

5. Dengan mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan melalui proses pemeriksaan medis, apakah keputusan Underwriting akan disetujui?

Apabila Anda telah mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan melalui proses pemeriksaan medis dan mengikuti seluruh tahapan yang diminta oleh Prudential Indonesia, maka proses pengajuan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical akan disetujui sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Prudential Indonesia. Perlu diingat bahwa penawaran yang diinformasikan pada Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dapat berbeda mengikuti hasil keputusan Underwriting, kondisi Tertanggung atau polis saat pengajuan konversi.

6. Berapa lama waktu yang saya miliki untuk dapat melakukan perubahan manfaat menjadi Asuransi Kesehatan PRUWell Medical?

Waktu untuk melakukan perubahan manfaat menjadi Asuransi Kesehatan PRUWell Medical adalah sebagai berikut:

  1. Sesuai Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, maka Anda memiliki waktu mulai 1 April 2024 hingga 31 Juli 2024, sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada perubahan manfaat kesehatan ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical.
  2. Sesuai Surat Penyesuaian Premi dan Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan Tambahan PRUWell Medical, maka Anda memiliki waktu hingga tanggal Ulang Tahun Polis.
7. Pada Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical terdapat informasi mengenai PRUWell Hemat dengan Hemat 5% dan dengan Hemat Plus, apa perbedaan antara kedua jenis tersebut?

PRUWell Hemat memberikan keringanan Premi yang berlaku selama 1 (satu) tahun sejak Asuransi Kesehatan PRUWell Medical mulai berlaku. Hemat 5% memberikan keringanan sebesar 5% atas Premi, sedangkan Hemat Plus memberikan keringanan sebesar 10% atas Premi (jika tidak memilih PRUWell Saver) atau 15% atas Premi. Untuk informasi lebih lengkap, dapat mengacu pada Syarat dan Ketentuan PRUWell Hemat.

8. Apa yang membedakan antara Polis yang mendapat PRUWell Hemat dengan Hemat 5% atau Hemat Plus?

Polis yang mendapatkan PRUWell Hemat dengan Hemat Plus adalah Polis yang tidak memiliki riwayat pengajuan klaim atau pengalaman pernah berakhir karena lewat waktu (lapsed) dalam 10 (sepuluh) bulan terakhir hingga pengajuan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical. Apabila kondisi ini tidak terpenuhi, maka Anda akan mendapatkan PRUWell Hemat dengan Hemat 5%.

9. Apabila saya melakukan perubahan manfaat menjadi Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, apakah Masa Tunggu akan kembali dikenakan?

Penawaran dengan atau tanpa melalui proses pemeriksaan medis (untuk pilihan Plan yang sama), maka tidak ada penawaran ulang terkait pilihan Masa Tunggu dan Masa Tunggu akan melanjutkan sisa Masa Tunggu pada Asuransi Kesehatan sebelumnya (jika ada).

10. Apa dampak apabila saya tidak melakukan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical?

Apabila Anda tidak segera melakukan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan PRUWell Hemat (mengacu pada Syarat dan ketentuan PRUWell Hemat) yang berupa keringanan Premi hingga 15% untuk Tahun Pertanggungan Pertama dari Asuransi Kesehatan PRUWell Medical. Selain itu, Premi atas Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat dan PRUSolusi Sehat Plus Pro yang Anda miliki saat ini akan mengalami peningkatan Premi sebesar 39% (belum termasuk penyesuaian Premi atas kenaikan Usia). Hal ini akan diinformasikan lebih detail mulai Juli 2024 melalui Surat Penyesuaian Premi.

11. Apa yang dimaksud dengan PRUPriority Hospitals?

PRUPriority Hospitals adalah suatu kelompok Rumah Sakit atau Klinik yang terdaftar secara khusus pada Prudential Indonesia dari waktu ke waktu berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Prudential Indonesia. Daftar PRUPriority Hospitals akan diperbaharui secara berkala dan akan dipublikasikan pada website Prudential Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai PRUPriority Hospitals, Anda dapat mengunjungi bit.ly/PMN-RSRekanan

12. Apakah rekanan Rumah Sakit dari Prudential Indonesia semuanya termasuk PRUPriority Hospitals?

List Rumah Sakit yang termasuk PRUPriority Hospitals dapat dilihat pada link berikut: https://bit.ly/PMN-RSRekanan. PRUPriority Hospitals dikategorikan dalam beberapa bagian sebagai berikut:

  • Cashless – Tanpa Persetujuan Akhir
  • Cashless – Dengan Persetujuan Akhir
  • Reimbursement
13. Apa yang dimaksud dengan PRUWell?

PRUWell adalah reward yang diberikan oleh Penanggung yang dapat dikenakan setiap tahunnya kepada Premi Asuransi Kesehatan PRUWell Medical pada suatu Tahun Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical jika memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam Polis. PRUWell memberikan keringanan Premi sehingga Nasabah mendapatkan kesempatan untuk dikenakan Premi yang lebih rendah hingga 20% dan secara detail dijelaskan pada pertanyaan nomor 14.

14. Apakah jumlah PRUWell yang diterima akan diakumulasikan untuk Tahun Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical berikutnya?

PRUWell hanya dapat dikenakan pada periode Tahun Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan rincian pada tabel berikut:

 

Memenuhi seluruh syarat dalam (x) Periode Pengamatan secara berturut- turut

PRUWell

(x)

Tidak Memilih PRUWell Saver

Memilih PRUWell Saver

1

5%

10%

2

10%

15%

≥ 3

15%

20%

 

15. Apa yang dimaksud dengan Periode Pengamatan?

Periode Pengamatan adalah suatu periode selama 12 (dua belas) bulan, yang

  1. Dimulai dari tanggal yang sama di 2 (dua) bulan sebelumnya dari tanggal awal Tahun Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical;
  2. Hingga 1 (satu) hari kalender sebelum tanggal yang sama di 10 (sepuluh) bulan selanjutnya dari tanggal awal Tahun Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical.
16. Saya mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan campaign PRUWell Hemat berupa Hemat 5%, bagaimana dengan PRUWell yang saya dapatkan pada tahun kedua pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, apakah langsung mendapat PRUWell sebesar 10%?

Campaign PRUWell Hemat (Hemat 5% dan Hemat Plus) merupakan penawaran khusus, bukan bagian dari fitur Asuransi Kesehatan PRUWell Medical. Apabila Polis Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan PRUWell dan sudah melewati Periode Pengamatan pada tahun pertama pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, maka PRUWell yang akan Anda terima adalah sebesar 5% (tidak memilih PRUWell Saver) atau 10% (memilih PRUWell Saver).

 

 

Berikut contoh scenario:

 

  • Tanggal Surat Informasi Manfaat PRUWell Medical: 1 April 2024
    Pada surat tersebut diinformasikan bahwa berhak atas PRUWell Hemat dengan Hemat Plus sebesar 15% atas Premi (memilih PRUWell Saver)

    Tanggal perubahan manfaat ke PRUWell Medical diajukan: 15 April 2024
    Tanggal perubahan manfaat ke PRUWell Medical disetujui: 17 April 2024

 

  • Tahun Pertama Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical
    Mendapatkan Hemat Plus sebesar 15% atas Premi karena campaign
    Premi tanpa Hemat Plus: Rp 500.000

    Premi dengan Hemat Plus: Rp 425.000 (lebih hemat 15%)

 

  • Tahun Kedua Pertanggungan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical
    Tidak ada riwayat klaim selama Periode Pengamatan sehingga berhak atas PRUWell sebesar 10% atas Premi (memilih PRUWell Saver)

    Premi tanpa Hemat Plus: Rp 550.000
    Premi dengan Hemat Plus: Rp 495.000 (lebih hemat 10%)”
17. Apakah saya boleh melakukan perubahan Plan sehingga tidak sesuai dengan kondisi Polis yang diinformasikan pada Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical?

Anda boleh melakukan perubahan Plan ataupun perubahan atas kondisi Polis lainnya, namun penawaran yang diberikan pada Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical menjadi tidak berlaku serta proses perubahan manfaat Anda menjadi PRUWell Medical akan dilakukan dengan melalui proses Underwriting.

18. Saya mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan melalui proses pemeriksaan medis dan saya baru saja mengikuti pemeriksaan kesehatan karena melakukan perubahan manfaat kesehatan menjadi asuransi kesehatan yang saya miliki saat ini. Karena kondisi yang saya miliki, saya menjadi tidak berminat dengan penawaran yang diberikan dan apa yang harus saya lakukan?

Prudential Indonesia memahami bahwa Anda baru saja melakukan pemeriksaan kesehatan. Prudential Indonesia baru saja mengeluarkan produk kesehatan terbaru yang memberikan keringanan Premi dengan adanya PRUWell, oleh karena itu Prudential Indonesia tidak ingin Anda melewatkan kesempatan ini. Ketika dikeluarkannya keputusan Underwriting setelah Anda melakukan pengajuan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical, maka Anda memiliki hak penuh untuk memutuskan tetap melakukan perubahan manfaat atau tetap pada perlindungan asuransi kesehatan yang Anda miliki saat ini.

19. Saya mendapatkan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dengan melalui proses pemeriksaan medis dan apa yang akan terjadi apabila ketika melakukan pemeriksaan kesehatan ternyata terdeteksi penyakit yang dikecualikan?

Prudential Indonesia tetap berkomitmen memberikan manfaat perlindungan sesuai dengan ketentuan Polis yang Anda miliki. Ketika dikeluarkannya hasil keputusan Underwriting setelah Anda melakukan pengajuan perubahan manfaat menjadi PRUWell Medical, maka Anda memiliki hak penuh untuk tetap melakukan perubahan manfaat atau tetap pada perlindungan asuransi kesehatan yang Anda miliki saat ini. Kami informasikan bahwa penyakit yang dikecualikan di Asuransi Kesehatan PRUWell Medical tidak dapat dibayarkan baik dengan manfaat asuransi kesehatan yang baru maupun yang sudah diakhiri sebelumnya

20. Jika Saya tertarik untuk melakukan perubahan manfaat kesehatan ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, apa yang harus Saya lakukan?

Anda dapat menghubungi Tenaga Pemasar Anda untuk membantu pengajuan perubahan manfaat PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro menjadi PRUWell Medical. Informasi mengenai Asuransi Kesehatan terbaru, PRUWell Medical dapat dilihat pada bit.ly/PRUWellMedical.

Syarat & Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Perubahan Manfaat Kesehatan ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical
  1. Prudential Indonesia berhak melakukan proses Underwriting ulang, menolak pengajuan, ataupun menetapkan keputusan yang berbeda dengan Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical apabila terdapat ketidaksesuaian dengan peraturan Underwriting dari Prudential Indonesia, kebijakan Prudential Indonesia, atau peraturan pemerintah.
  2. Informasi terbatas terkait perubahan manfaat kesehatan ke PRUWell Medical tidak berlaku untuk Nasabah dengan alamat Aceh.
  3. Ketentuan berlakunya Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical yang baru adalah pada tanggal perubahan manfaat disetujui oleh Prudential Indonesia. Sampai berlakunya manfaat yang baru, manfaat yang lama masih bisa digunakan selama memenuhi ketentuan.
  4. Apabila terdapat pengajuan klaim setelah Surat Informasi Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical dikirimkan, maka informasi terbatas terkait perubahan manfaat kesehatan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical tanpa melalui proses pemeriksaan medis menjadi tidak berlaku.
  5. Apabila setelah perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical disetujui oleh Prudential Indonesia sehingga Asuransi Kesehatan sebelumnya telah berakhir dan kami menerima pengajuan klaim (jika ada) dengan perawatan yang terjadi sebelum Anda mengajukan perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical, maka Anda memahami dan menyetujui bahwa:
    1. dalam hal pengajuan klaim tersebut (jika ada) dilakukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari kalender setelah perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical disetujui oleh Prudential Indonesia, maka Anda sepakat bahwa Prudential Indonesia berhak mengakhiri dan/atau membatalkan perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak surat pemberitahuan dikirim, dan oleh karenanya akan mengembalikan manfaat kesehatan menjadi sesuai asuransi kesehatan yang telah dimiliki sebelumnya oleh Anda dan mengikuti semua ketentuan asuransi kesehatan tersebut
    2. dalam hal pengajuan klaim tersebut (jika ada) dilakukan lebih dari 60 (enam puluh) hari kalender setelah perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical disetujui oleh Prudential Indonesia, maka Anda sepakat bahwa perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical dan asuransi kesehatan yang telah dimiliki sebelumnya oleh Anda menjadi tidak berlaku dan berakhir, serta tidak terdapat pengembalian atas Premi yang telah Anda bayarkan pada PRUWell Medical maupun asuransi kesehatan yang telah dimiliki sebelumnya, kecuali ditentukan lain oleh Penanggung.

Sebelum mengajukan perubahan manfaat kesehatan menjadi PRUWell Medical, Anda telah memastikan bahwa semua klaim (jika ada) telah Anda ajukan ke Prudential Indonesia.

  1. Khusus untuk penawaran GIO, keputusan underwriting untuk Manfaat PRUWell Medical adalah sama dengan keputusan Underwriting pada Polis PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro sebelumnya. Apabila terdapat keputusan dengan kondisi pengecualian pada Manfaat Asuransi PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro sebelumnya, maka pada manfaat PRUWell Medical akan diberlakukan seluruh pengecualian yang sama.
  2. Khusus untuk penawaran GIO, apabila terdapat pengecualian dalam Manfaat Asuransi PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro sebelumnya yang secara spesifik dikenakan terhadap Anda, maka pengecualian tersebut juga akan berlaku sepenuhnya pada Manfaat Asuransi PRUWell Medical ini.
  3. Untuk Polis dengan Pemegang Polis atau Tertanggung WNA akan dimintakan dokumen paspor dan KITAS yang masih berlaku.
  4. Apabila dibutuhkan, Prudential Indonesia dapat meminta dokumen tambahan pada saat proses pengajuan perubahan manfaat kesehatan ke PRUWell Medical. Apabila Nasabah tidak melengkapi dokumen tersebut, maka Prudential Indonesia berhak menolak pengajuan perubahan manfaat kesehatan ke PRUWell Medical.
Syarat dan Ketentuan Penawaran Terbatas PRUWell Hemat

Khusus untuk konversi dari Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat atau PRUSolusi Sehat Plus Pro ke Asuransi Kesehatan PRUWell Medical, maka Pemegang Polis berhak untuk mendapatkan program PRUWell Hemat, selama memenuhi ketentuan sebagai berikut:

 

  1. PRUWell Hemat memberikan hemat Premi untuk produk Asuransi Kesehatan PRUWell Medical yang diberikan selama 1 (satu) tahun sejak Asuransi Kesehatan PRUWell Medical mulai berlaku berupa Hemat 5% atau Hemat Plus apabila Asuransi kesehatan sebelumnya memenuhi ketentuan sesuai tabel di bawah ini:

Usia Asuransi Kesehatan*

Riwayat klaim atau Polis lewat waktu (lapsed) dalam 10 bulan terakhir

Ada

Tidak Ada

Seluruh Plan

Tidak memilih PRUWell Saver

Memilih PRUWell Saver

< 10 bulan

   

Hemat 5%

Hemat 5%

≥ 10 bulan

Hemat Plus sebesar 10%

Hemat Plus sebesar 15%

*) Usia asuransi kesehatan dihitung sejak pertama kali kepemilikan asuransi kesehatan tanpa adanya jeda di antara waktu kepemilikan dua atau lebih asuransi kesehatan berbeda. Dalam hal adanya jeda di antara waktu kepemilikan dua atau lebih asuransi kesehatan yang berbeda, maka usia kepemilikan dihitung sejak kepemilikan asuransi kesehatan terakhir. Asuransi kesehatan yang dimaksud yaitu asuransi dengan fasilitas Kartu Peserta yang dimiliki sebelum mengajukan Asuransi Kesehatan PRUWell Medical.          

 

  1. Contoh perhitungan PRUWell Hemat yang akan diterima

Usia Asuransi Kesehatan

Riwayat Pengajuan Klaim

Asuransi Kesehatan PRUWell Medical

Perhitungan PRUWell Hemat

1 tahun

Ada pengajuan klaim selama 10 bulan terakhir

Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical mulai berlaku sejak tanggal 15 Mei 2024

 

Tidak Memilih PRUWell Saver

 

Premi untuk Asuransi Kesehatan PRUWell Medical yang berlaku
Rp 550.000

 

PRUWell Hemat yang akan diterima adalah Hemat 5%

 

PRUWell Hemat yang akan diterima mulai 15 Mei 2024 hingga 15 April 2025 sebesar:

5%  Rp 550.000

= Rp 27.500

 

Pemotongan Premi yang akan dilakukan untuk periode 15 Mei 2024 hingga 15 April 2025 sebesar:

Rp 550.000 – Rp 27.500

= Rp 522.500

2 tahun

Tidak ada pengajuan klaim selama 10 bulan terakhir

Manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical mulai berlaku sejak tanggal 20 Mei 2024

 

Memilih PRUWell Saver

 

Premi untuk Asuransi Kesehatan PRUWell Medical yang berlaku
Rp 450.000

PRUWell Hemat yang akan diterima adalah Hemat Plus

 

PRUWell Hemat yang akan diterima mulai 20 Mei 2024 hingga 20 April 2025 sebesar:

15%  Rp 450.000

= Rp 67.500

 

Pemotongan Premi yang akan dilakukan untuk periode 20 Mei 2024 hingga 20 April 2025 sebesar:

Rp 450.000 – Rp 67.500

= Rp 382.500

 

  1. PRUWell Hemat tidak akan diterima apabila salah satu dari poin berikut terpenuhi:
    1. Polis PRUWell Medical menjadi atau pernah lewat waktu (lapsed), atau
    2. Mengajukan Penebusan Polis (surrender), atau
    3. Polis PRUWell Medical berakhir.
    4. Pernah mendapatkan PRUWell Hemat pada manfaat Asuransi Kesehatan PRUWell Medical ataupun Asuransi Tambahan Kesehatan PRUWell Health (baik Konvensional maupun Syariah) yang pernah dimiliki sebelumnya dan telah berakhir.

 

Prudential Indonesia, berhak untuk mendiskualifikasi atau membatalkan pemberian PRUWell Hemat apabila tidak memenuhi, melanggar, dan/atau dicurigai melakukan kecurangan terhadap Syarat dan Ketentuan yang berlaku.